Survei: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Muda

Prabowo-Gibran unggul di pemilih Gen Z dan milenial

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin menjadi pilihan utama anak muda seperti Gen Z dan milenial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu terlihat dalam survei Poltracking Indonesia periode 29 November-5 Desember 2023.

Survei tersebut menunjukkan dukungan kalangan Gen Z kepada Prabowo-Gibran melesat tajam menjadi 55,7 persen, dari sebelumnya hanya berkisar di angka 45,9 persen.

Raihan itu mengalahkan pasangan PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memperoleh 23 persen dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 18 persen.

“Ada peningkatan segmentasi Gen Z pada Prabowo-Gibran yang cukup signifikan,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dikutip dari kanal YouTube Poltracking Indonesia, Senin (11/12/2023).

1. Prabowo-Gibran juga unggul di kalanagan milenial

Survei: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Mudailustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Kemudian, kelompok milenial juga mayoritas memilih Prabowo-Gibran sebesar 49,4 persen. Raihan itu mengalahkan Anies-Muhaimin yang mengantongi 23,9 persen dukungan, sementara Ganjar-Mahfud memperoleh 23 persen.

“Di pemilih milenial juga sama, kenaikan cukup signifikan pada pasangan Prabowo-Gibran,” ucap Hanta.

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Akan Berlangsung 120 Menit, Terbagi Enam Segmen

2. Elektabilitas Prabowo - Gibran unggul

Survei: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih MudaPrabowo-Gibran diarak jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Masifnya dukungan dari anak muda selaras dengan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran secara nasional. Survei Poltracking menemukan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 45,2 persen.

Paslon nomor dua itu unggul jauh sebesar 17,9 persen atas posisi kedua yakni duet Ganjar-Mahfud yang memperoleh 27,3 persen. Sementara di posisi terakhir terdapat Anies-Muhaimin sebesar 23,1 persen.

“Kalau berpasangan angkanya adalah elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 45,2 persen,” imbuh Hanta.

Baca Juga: TKN: Prabowo itu Miskin Gimik, Paslon Lain Justru Banyak!

3. Gibran minta elektabilitasnya dilaporkan hanya saat anjlok

Survei: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih MudaCalon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menggelar blusukan ke Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Gibran meminta agar dirinya dilaporkan saat elektabilitasnya turun. Sebaliknya, dirinya tak perlu dilaporkan saat Elektabilitasnya naik.

Hal tersebut disampaikan Gibran menanggapi tren positif elektabilitas Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dalam survei terbaru Litbang Kompas.

"Kalau (elektabilitasnya) turun, laporin. Kalau naik, gak usah dilaporin," kata Gibran di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023).

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya