Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI 

Harus menjalani isolasi selama 10 hari

Jakarta, IDN Times - Seorang delegasi Indonesia untuk pertemuan G20 di Catania, Italia dinyatakan positif COVID-19. Berdasarkan pemeriksaan dokter setempat, delegasi tersebut dilaporkan dalam kondisi baik dan stabil.

“Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan, yang bersangkutan dalam kondisi baik. Yang bersangkutan tetap diminta melakukan isolasi mandiri di hotel tempat tinggal selama 10 hari,” demikian keterangan tertulis dari KBRI Roma, yang diunggah melalui laman Kementerian Luar Negeri Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Waspada! 6 Provinsi Ini Penyumbang Kasus COVID Terbanyak, Pertama DKI

1. Hasil rapid test di Indonesia berbeda dengan di Italia

Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Keterangan lebih lanjut, sejumlah delegasi Indonesia terbang ke Italia untuk menghadiri pertemuan G20 Education Ministers Meeting, G20 Employment Ministers’ Meeting, dan G20 Joint Meeting of Minister Education and Minister of Labour and Employment. Agenda itu berlangsung pada 22-23 Juni 2021 di Catania, Provinsi Sicilia, Italia.

Hasil rapid test di Indonesia menujukkan bahwa keduanya negatif corona sebelum berangkat. Kemudian, setibanya di Italia, hasil tes seorang delegasi menunjukkan positif corona, sementara delegasi lainnya negatif.  

“Telah dilakukan tes molecular (swab test) pada Senin (21/6/2021) kepada satu orang delegasi Indonesia termaksud. Hasil swab test yang diterima pada Senin malam mengkonfirmasi yang bersangkutan positif COVID-19,” tulis KBRI.  

2. Enam orang yang kontak dekat negatif corona

Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Berdasarkan hasil penelusuran (tracing), didapati enam orang yang termasuk dalam kontak dekat. Mereka segera menjalani tes swab apakah ikut terpapar corona atau tidak.

“Dinas Kesehatan Provinsi Catania telah melakukan tes molecular kepada enam delegasi, tiga delegasi dari Jakarta dan tiga delegasi KBRI Roma, yang termasuk dalam kontak dekat. Hasil swab test keenam orang tersebut adalah negatif COVID-19,” tambah KBRI.

3. Tes swab kedua akan dilakukan pada hari ke-11

Delegasi RI Pertemuan G20 di Italia Positif COVID, Ini Tanggapan KBRI Ilustrasi petugas uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Setelah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan setempat, delegasi yang positif corona akan menjalani isolasi mandiri di hotel selama 10 hari dan melakukan tes swab kedua pada hari ke-11.

“KBRI Roma akan memberikan bantuan serta pendampingan dan tetap memantau perkembangan yang ada,” tulis KBRI.

Sebagai catatan, Catania terletak sekitar 800 km dari Roma, berada di Pulau Sicilia (Regio Sicilia) yang terpisah laut dari pulau lainnya. Roma- Catania ditempuh selama 1 jam 15 menit perjalanan udara atau sekitar 11 jam perjalanan darat menggunakan penyeberangan ferri dari pelabuhan Calabria ke pelabuhan Messina (di Pulau Sicilia).

Baca Juga: [LINIMASA-7] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya