Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia

Ismail Sabri menggantikan Muhyiddin Yassin

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden UMNO, Ismail Sabri Yaakob, dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia pada Sabtu (21/8/2021) pukul 14.29 waktu setempat. Prosesi pelantikan dihadiri langsung oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah di Istana Negara.

Acara ini disiarkan langsung melalui saluran televisi pemerintah serta halaman Facebook Kantor Perdana Menteri. Ismail sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Malaysia. 

Baca Juga: Ismail Sabri Yaakob, Perdana Menteri Baru Malaysia yang Kontroversial

1. Pelantikan dihadiri oleh Raja Malaysia

Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 MalaysiaIsmail Sabri Yakoob, Perdana Menteri Malaysia. (ANTARA/REUTERS/Lim Huey Teng)

Dikutip dari kantor berita ANTARA, acara yang berlangsung di Majelis Singgasana Istana Negara tersebut terdiri dari pelantikan, pengangkatan dan penandatanganan sumpah jabatan.

Ismail mengucapkan sumpah dihadapan Sultan Abdullah. Setelah itu, Ismail menandatangani beberapa dokumen penting pada pukul 14:31 waktu setempat.

Kemudian, dokumen-dokumen itu diserahkan kepada Ketua Hakim negara Tun Tengku Maimun dan disaksikan pula oleh Kepala Sekretariat Negara M Zuki bin Ali.

2. Mantan PM Muhyiddin dan Najib Razak ikut hadir

Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 MalaysiaIsmail Sabri Yaakob (Facebook.com/Ismail Sabri Yaakob)

Rangkaian acara pelantikan ditutup oleh doa yang dipimipn oleh Mufti Wilayah Luqman Haji Abdullah. Usai berdoa, Sultan Abdullah segera meninggalkan Majelis Singgasana dan diikuti oleh PM Ismail Sabri dan istrinya.

Terlihat hadir saat pelantikan Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi, mantan Perdana Menteri Najib Razak dan mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Baca Juga: Resmi! Ismail Sabri Yakoob Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru Malaysia

3. Muhyiddin berharap bisa berkuasa di masa depan

Ismail Sabri Yaakob Dilantik sebagai Perdana Menteri ke-9 MalaysiaPerdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (dok. ANTARA/pri)

Pada Jumat (20/8/2021), Muhyiddin menyampaikan harapannya untuk bisa kembali berkuasa di masa depan. Muhyiddin tercatat sebagai perdana menteri terpendek dalam sejarah dengan masa kuasa 18 bulan.

"Apa yang naik sekarang, mungkin juga akan turun. Tapi apa yang turun sekarang, insya Allah saya akan kembali," kata Muhyiddin dikutip dari The Straits Times.

Muhyiddin juga menepis isu yang menuduh pemerintah tidak berbuat apa-apa untuk mengelola krisis. Muhyiddin berdalih, selama dia menjabat, belum pernah dia temui warga Malaysia yang kesulitan setelah serangkaian kebijakan penguncian (lockdown).  

“Jadi hanya sekitar satu tahun kami berjuang, dan dalam satu tahun, kami juga mencapainya. Ada semacam catatan. Saya perlu sedikit berdebar karena tidak ada orang lain yang ingin memuji saya dan saya tidak memintanya. mereka memuji saya," kata Muhyiddin, mengacu pada tingkat vaksinasi yang tinggi di Malaysia.

Baca Juga: Lengser dari Perdana Menteri, Muhyiddin: Insyaallah Saya Akan Kembali

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya