Comscore Tracker

13 Agustus Hari Kidal Internasional: Ini Sejarahnya

Biasa disebut juga pengguna tangan kiri

Hari Kidal Internasional atau International Lefthanders Day diperingati setiap tanggal 13 Agustus. Perayaan tahunan ini merupakan sebuah momen saat orang kidal dapat merayakan keunikan tangan mereka.

Perayaan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keuntungan dan kerugian menjadi seorang yang kidal. Pertama kali dirayakan pada tahun 1992, berikut ini pengertian kidal, sejarah Hari Kidal Internasional dan cara memperingatinya.

Baca Juga: 6 Kelebihan Orang Kidal dari Sisi Kesehatan, Siapa Sangka?

1. Apa itu kidal?

13 Agustus Hari Kidal Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi kidal (Pexels.com/Cup of Couple)

Kidal merupakan seseorang yang cenderung beraktivitas menggunakan tangan kiri. Orang kidal akan menulis dan melakukan beberapa aktivitas menggunakan tangan kirinya.

Aktivitas ini meliputi melambai atau menangkap sesuatu. Dilansir IFL Science, orang yang kidal lebih dominan menggunakan otak kanan. Penggunaan dominan pada otak kanan ini dapat membantu orang tersebut untuk memahami ruang dan representasi dari ruang, visual, dan angka lebih cepat.

Orang kidal juga memiliki corpus callosum yang lebih besar. Corpus callosum merupakan sel saraf yang menghubungkan dua belahan otak, sehingga dapat memproses informasi lebih cepat.

2. Sejarah Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional

13 Agustus Hari Kidal Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi kidal (Pexels.com/Yan Krukov)

Sejarah Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional diawali dari dibentuknya The Left-Handers Club atau Klub Kidal pada tahun 1990. Klub tersebut berdiri untuk menjaga anggota kidal tetap berkoneksi untuk mempromosikan penelitian kidal atau pengembangan barang-barang yang mendukung kidal.

Selain itu, klub tersebut juga akan memberikan bantuan, saran, dan memberikan pandangan yang berbeda tentang tangan kidal. Hari Kidal Internasional ini pertama kali dikenalkan oleh Klub Kidal saat meluncurkan International Lefhanders Day pada 13 Agustus 1992.

Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan frustasi atau kesulitan yang dialami oleh orang kidal setiap harinya. Perayaan ini mendukung perkembangan produk yang besar untuk kebutuhan orang kidal.

3. Cara merayakan Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional

13 Agustus Hari Kidal Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi kidal (Pexels.com/RODNAE Productions)

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Kidal Internasional. Kamu bisa mengajak teman, keluarga, atau sanak saudara yang tidak kidal pada hari perayaan tersebut.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, meliputi, menuang air ke gelas, membuka kaleng, mengupas sayuran, mengaduk makanan, menggunting, meletakkan mous sebelah kiri, dan berbagai aktivitas lainnya dengan tangan kiri.

Yuk, ikut rayakan Hari Kidal Internasional untuk bersenang-senang sembari meningkatkan latihan kemampuan otak kanan. Pasti sangat menyenangkan!

Baca Juga: 21 Juni Hari Musik Dunia: Ini Sejarah dan Cara Merayakannya

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya