Comscore Tracker

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Serangga

Kalau yang ukurannya besar bisa makan tikus dan katak

Wangi, enak dipandang, bisa dijadikan hadiah atau wewangi-wangian. Umumnya sifat-sifat ini adalah yang dicari dari suatu tumbuhan mengingat sifat-sifat itu membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, ternyata tidak semua tumbuhan di dunia ini dirancang seperti itu. Beberapa malah didesain khusus untuk menjadi penjebak makhluk hidup lainnya.

Apa artinya? Artinya adalah beberapa tumbuhan merupakan karnivora yang membutuhkan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup sebagai mangsanya. Umumnya yang menjadi makanan tumbuhan ini adalah serangga, tapi beberapa ada yang lebih dari itu. Kalau kamu berani, coba saja pelihara delapan tumbuhan karnivora ini di rumahmu.

1. Kantong semar

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggapixy.org

Bentuk kantong semar terbilang unik karena mereka seakan berdiri dan punya lubang di dalam bunganya. Ternyata semua itu bertujuan agar hewan kecil yang berdiri di dekat lubang itu terpeleset dan terjebak di dalamnya untuk menjadi makanan kantong semar. Katanya kalau di hutan sana, katak jadi salah satu mangsanya dan satu-satunya bagian tubuh yang tidak dicerna tumbuhan ini adalah kulit kakinya.

2. Penangkap lalat venus

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggapixabay.com

Sudah jelas bukan dari namanya kalau tumbuhan ini akan memakan lalat? Sering dijadikan inspirasi film-film dan cerita-cerita horor, tumbuhan ini punya ciri khas bentuk bunga yang seperti taring dan mulut . Saat serangga menjejakkan kaki di bagian dalam bunga itu, secara otomatis penangkap lalat venus akan tertutup dan menjebak serangga itu.

3. Kantong semar kuning

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggapxhere.com

Varian dari kantong semar. Bagian dalam lubang tumbuhan ini dipenuhi dengan air hujan. Sekalinya ada serangga terbang yang masuk ke dalamnya, mereka tidak akan pernah lagi bisa terbang keluar.

4. Bunga bakung kobra

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggacoastexplorermagazine.com

Namanya saja sudah garang begini. Tidak mengagetkan kalau mereka punya sifat menakutkan pula. Dikatakan bunga bakung kobra ibarat seperti labirin di mata serangga.

Saat masuk ke dalamnya, bunga ini akan menunjukkan dinding tembus cahaya seakan arah yang dituju serangga itu merupakan pintu keluar. Padahal sebenarnya arah serangga itu semakin ke dalam.

Baca Juga: 10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinya

5. Butterwort

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggaid.pinterest.com

Tidak seperti tumbuhan lainnya yang dari nama atau bentuknya sudah tampak berbahaya. Butterwort tampak seperti tumbuhan pada umumnya. Padahal mereka punya kemampuan seperti lem super yang membuat serangga hinggap dan tak bisa ke mana-mana lagi. Perlahan-lahan nantinya tumbuhan ini akan menyerap nutrisi dari tubuh serangga yang tertangkap.

6. Nepenthes

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggapixabay.com

Atau dikenal juga sebagai cangkir monyet karena beberapa jenis monyet tampak menjadikan tumbuhan sebagai tempat minum. Seperti jenis kantong semar lainnya, tumbuhan ini menjebak serangga dengan cairan yang menggoda mereka. Beberapa Nepenthes berukuran cukup besar sampai bisa menjebak tikus dan kadal.

7. Sundew Australia

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggaanimals.sandiegozoo.org

Sekilas dilihat tumbuhan ini selalu tampak berair. Nyatanya butir-butir air itu hanyalah kamuflase untuk menarik serangga yang kehausan. Saat mencoba mengisapnya, ternyata “butir air” itu malah mengikat seperti lem dan menjebak si serangga.

8. Bladderwort terapung besar

8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Seranggakids.nationalgeographic.com

Untuk tumbuhan satu ini, dirinya hidup di air, namun mangsanya tetaplah serangga. Hanya saja serangga-serangganya adalah yang jenis mengapung di atas air. Sebagai tumbuhan yang sering ada di Amerika, penampilannya terbilang indah karena berwarna kuning. Jadi tak hanya cocok sebagai penghias rumah, bladderwort bisa kamu pakai sebagai pembasmi serangga.

Mungkin kalau kamu menanam tumbuhan-tumbuhan ini di pekarangan rumahmu, ketimbang tampak seperti taman rumahmu malah kelihatan seperti hutan belantara. Tinggal ditambahi monyet dan burung, lengkap sudah suasana hutan hujan tropis.

Baca Juga: 6 Tumbuhan yang Dinamakan Berdasarkan Nama Hewan, Ada Anggrek Monyet

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya