Comscore Tracker

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ular

Sebenarnya dia sosok wanita cantik yang dikutuk

Nama Medusa bukanlah nama yang asing. Monster berwujud wanita berkepala ular ini sering dijadikan sebagai karakter antagonis film yang membahas tentang mitologi.

Tapi apakah kamu tahu jika Medusa sendiri dulunya bukanlah monster, melainkan manusia biasa? Berikut ini adalah kisah di balik monster bernama Medusa tersebut.

1. Medusa adalah satu dari tiga bersaudara Gorgon

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut UlarYoutube.com/Mythology & Fiction Explained

Dituliskan dalam Theogony karangan Hesiod, Medusa adalah anak dari Keto dan Phorkys, dewa laut purba. Dia merupakan satu-satunya anak dari kedua dewa tersebut yang merupakan makhluk fana. Dua saudari lainnya, Stheno dan Euryale, adalah makhluk abadi. Ketiganya disebut sebagai tiga bersaudara Gorgon.

2. Dikatakan Medusa sangat cantik sampai menarik perhatian dewa lainnya

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularancient-code.com

Dalam cerita yang berbeda, yaitu dari kisah Metamorphoses karangan Ovid, asal muasal Medusa digambarkan sebagai wanita yang cantik. Saking cantiknya, paras Medusa mengundang perhatian Poseidon, sang dewa laut, saudara dari Hades dan Zeus. Menginginkannya, Poseidon mengajak Medusa ke kuil Athena dan memperkosanya di sana.

3. Athena adalah yang mengutuk Medusa menjadi monster

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularancient-origins.net

Athena mengetahui ulah dewa laut tersebut. Dia pun murka atas tindakan tidak senonoh yang terjadi dan dilakukan di kuilnya. Atas dasar balas dendam, Athena pun mengubah sosok Medusa untuk memiliki rambut ular agar tidak ada lagi pria yang bisa mendekatinya. Barang siapa yang menatap langsung Medusa, dirinya akan langsung berubah menjadi batu.

4. Medusa menjadi misi Perseus

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularancientworldmagazine.com

Kisah paling terkenal tentang Medusa datang dari perjalanan Perseus, si setengah dewa. Anak dari Zeus dan Danae, putri Acrisius, raja Argos tersebut mendapatkan misi untuk mendapatkan kepala monster ular tersebut.

Mendatangi kediaman Gorgon bersaudara, Perseus mengendap-endap dan menyerang Medusa selagi dia tertidur. Perseus merefleksikan pandangan Medusa lewat perisai yang diberikan Athena dan berhasil memenggal medusa. Perseus pun membawa pulang kepala Medusa tersebut.

Baca Juga: Disakralkan, 10 Makhluk Mitologi Bali yang Wajib Kamu Tahu

5. Akibat ulah Perseus, Medusa melahirkan dua anak

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularen.artsdot.com

Diceritakan setelah Perseus memenggal Medusa, lahirlah makhluk mitologi lain dari leher Medusa, yaitu Pegasus. Kuda bersayap tersebut menjadi tunggangan Perseus untuk terbang dan menghantarkan kepala Medusa tersebut. Satu makhluk lagi juga keluar dari Medusa. Bernama Chrysaor, seorang raksasa yang terlahir dengan memegang pedang emas di tangannya.

6. Begitu kuatnya kepala Medusa sampai Perseus harus mengasingkan kepala itu

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularthoughtco.com

Dipenggalnya kepala Medusa tidak mengindikasikan kekuatannya hilang. Siapa pun yang menatap kepala tersebut akan tetap menjadi batu. Bahkan dari darahnya yang tercecer pun akan menjadi ular. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Perseus harus memasukkannya ke dalam sebuah karung spesial bernama kybisis.

7. Kekuatannya tersebut membuat Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularancient-origins.net

Dalam cerita lanjutan Perseus, karakter setengah dewa tersebut menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Sebagai contoh adalah kisah Perseus yang menyelamatkan Andromeda. Perseus membatukan Cetus, monster bawaan Poseidon yang akan melahap Andromeda.

8. Walaupun kisahnya tragis, Medusa dianggap sebagai lambang amarah sekaligus perlindungan

Cerita Tragis di Balik Sosok Medusa, si Wanita Monster Berambut Ularnewcastlebeach.org

Kamu bisa menemukan banyak barang yang memasang gambar kepala Medusa. Faktanya, nama Medusa sendiri merupakan kata kerja dalam bahasa Yunani kuno yang berarti “untuk menjaga atau melindungi.” Di sisi lain, Medusa juga sering menjadi perlambangan perlawanan terhadap patriarki mengingat kisahnya tersebut yang, walaupun telah mati, kekuatannya masih dapat terasa.

Memang sejauh ini Medusa yang kita kenal hanya sebagai sosok monster menakutkan. Tapi di sisi lain, ada hal positif yang bisa dipelajari dari kisah tragisnya tersebut. Jadi jangan langsung ketakutan jika melihat gambar Medusa, karena bisa jadi gambar tersebut memiliki makna lain.

Baca Juga: 12 Dewa Dewi Olimpus, Mitologi Yunani yang Menjadi Legenda

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya