Comscore Tracker

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!

Jangan sampai terlewat, ya

Pembaca IDN Times tercinta, kita sudah memasuki bulan Juli, nih. Tanpa terasa, dalam 5 bulan ke depan, kita akan menyambut tahun 2023. Tetap semangat, ya!

Agar makin semangat, langit malam bulan Juli telah menyediakan berbagai fenomena yang memanjakan mata. Tetap tengok atas dan siapkan alarm, inilah beberapa fenomena langit bulan Juli 2022.

1. Bulan jadi supermoon pada 14 Juli

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!ilustrasi supermoon (pixabay.com/Michael_Luenen)

Pada 14 Juli mendatang, Bulan yang sedang dalam tahap purnama akan mencapai titik terdekat dengan Bumi, fenomena yang disebut dengan perige. Dalam tahap ini, Info Astronomy melansir jarak Bulan ke Bumi hanya 357.418 km.

Tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya, kamu sedang menengok fenomena Supermoon. Menurut In the Sky, Bulan saat itu akan berada di langit konstelasi Sagittarius. Karena bedanya tidak begitu signifikan, bagi yang tak terbiasa melihat Bulan, ukuran Bulan akan terlihat biasa saja.

2. Bulan bertemu dengan Saturnus pada 15 Juli

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!konjungsi Bulan dan Saturnus (space.com)

Pertemuan Bulan dengan berbagai planet dimulai keesokan harinya. Pada 15 Juli, Bulan dijadwalkan bertemu dengan planet Saturnus. Saat berkonjungsi, Bulan dan Planet Bercincin ini akan terpisah hanya 4 derajat.

Terlihat di langit malam pada pukul 08.30 malam waktu setempat, konjungsi ini akan terlihat di langit timur, tepatnya di konstelasi Capricornus. Jika kamu ingin melihat Saturnus dengan kemegahan cincinnya, maka siapkan teleskop, ya!

Baca Juga: Pergi ke Planet Jupiter? Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Mungkin Selamat

3. Jupiter menyapa Bulan pada 18 Juli

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!ilustrasi konjungsi Jupiter dan Bulan (hyperborea.org)

Setelah Saturnus puas bertemu dengan Bulan, saatnya giliran Planet Raksasa. Iya, pada 18 Juli mendatang, Jupiter akan menyapa Bulan. Menurut Info Astronomy, Jupiter akan berada di sebelah utara Bulan dan terpisah hanya sekitar 4 derajat satu sama lain.

Terlihat di langit Timur konstelasi Cetus, konstelasi Bulan dan Jupiter sudah bisa disaksikan sejak pukul 11.00 malam waktu setempat. Meski planet terbesar di Tata Surya, Jupiter hanya akan terlihat bak bintang kuning di langit. Untuk melihatnya secara detail berikut dengan satelitnya, gunakan teleskop.

4. Bulan bertemu dengan Mars pada 22 Juli

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!ilustrasi konjungsi Bulan dan Mars (space.com)

Pada 22 Juli mendatang, Bulan akan terlihat dalam fase sabit. Jika dilihat lebih dekat, kamu akan menemukan Mars. Meski bisa terlihat sebelum terbitnya Mentari selama Juli 2022, sang Planet Merah akan terlihat jelas saat berkonjungsi dengan Bulan.

Terpisah hanya 2 derajat, In the Sky meramalkan Bulan dan Mars akan terlihat di langit timur konstelasi Aries. Fenomena ini dapat terlihat pada pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Agar Mars bisa terlihat lebih detail di sisi barat Bulan, seperti biasa, gunakan teleskop!

5. Puncak hujan meteor Delta Aquarid Selatan pada 30 Juli

5 Fenomena Langit Juli 2022, Manjakan Mata di Malam Hari!ilustrasi hujan meteor (unsplash.com/Austin Schmid)

Menjelang akhir Juli 2022, hujan meteor Delta (δ) Aquariid Selatan yang aktif dari 12 Juli sampai 23 Agustus akan mencapai puncaknya pada 30 Juli. Seperti namanya, hujan meteor ini akan terlihat di langit timur konstelasi AquariusIn the Sky mengklaim bahwa hujan meteor ini berasal dari komet P/2008 Y12 (SOHO).

Saat sedang mencapai puncaknya, hujan meteor δ-Aquariid Selatan akan bermula pada pukul 09.30 malam waktu setempat. Turun dengan intensitas 25 meteor per jam, pastikan bidang pandangmu luas, langit bebas polusi cahaya (terutama di kota besar), dan tak ada halangan untuk memandang langit.

Itulah berbagai fenomena langit yang siap menghiasi langit malam Juli 2022. Kalau terlewat, jangan berkecil hati, masih ada fenomena langit bulan-bulan berikutnya. Stay tune di IDN Times, ya!

Baca Juga: Percaya atau Tidak, Ini 15 Galaksi Paling Aneh tapi Nyata

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya