Comscore Tracker

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!

Konon, cuma 1 dari 10.000 orang yang punya kemampuan ini

Kemampuan luar biasa ini bukan mitos. Komposer musik klasik terkenal seperti Mozart dan Beethoven dipercaya memiliki kemampuan ini, bahkan penyanyi kondang Mariah Carey pun diduga punya kemampuan ini. Penasaran dengan kemampuan spesial ini? Berikut adalah ulasannya!

1. Kemampuan ini disebut dengan absolute pitch

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!Pexels/rawpixel.com

Absolute pitch atau perfect pitch adalah kemampuan unik yang bisa mengindentifikasi nada spesifik tanpa bantuan referensi nada. Misal, ada orang yang memainkan nada C-E-G# di piano, maka orang yang memiliki absolute pitch bisa tahu C-E-G# tanpa terlebih dahulu mencoba-coba untuk menemukan ketiga nada tersebut di piano. Kemampuan ini sangat menguntungkan pemiliknya, terutama bagi musisi. Mereka bisa memainkan atau menulis komposisi nada hanya dengan mendengarnya tanpa harus melihat partitur.

2. Absolute pitch termasuk kemampuan langka, lho

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!Pexels/Juan Pablo Arenas

Hanya 1 dari 10.000 orang yang memiliki absolute pitch. Berdasarkan penelitian, ras Asia lebih banyak memiliki kemampuan ini dibandingkan dengan ras Kaukasia. Kemampuan ini pun sebagian besar dimiliki oleh orang yang memiliki gen tertentu dan sudah berlatih musik sejak kecil (umur di bawah 4 tahun). Oleh karena itu, jangan heran jika yang memiliki kemampuan ini kebanyakan adalah musisi profesional.

3. Gak cuma manusia yang punya kemampuan ini

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!Pexels/Brent Keane

Burung penyanyi (songbird) dan burung beo juga punya absolute pitch. Tikus juga punya kemampuan ini, namun kemampuannya kurang lebih sama dengan manusia. Selain itu, kemampuan ini juga ternyata tidak terbatas pada musik, tapi bisa juga dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang punya absolute pitch dapat mengetahui nada suara knalpot, gelas pecah, dan suara-suara lainnya.

Baca Juga: Menilik Pameran Indonesia Bermusik di House of Sampoerna, ke Sini Yuk!

4. Absolute pitch juga menguntungkan pemiliknya di bidang linguistik

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!Pexels/Brett Sayles

Menurut sebuah penelitian, musisi dengan absolute pitch memiliki akurasi yang lebih baik dan waktu reaksi yang lebih cepat saat mengucapkan bahasa yang bernada (contohnya bahasa Thailand, Mandarin, Vietnam), sedangkan orang yang buta nada (tone deaf) memiliki kesulitan dalam melakukan hal itu. Musisi tanpa absolute pitch juga memiliki akurasi yang lebih baik dari yang buta nada, namun tidak sebaik pemilik absolute pitch. Hal ini juga berlaku sebaliknya; native speaker ketiga bahasa bernada tersebut dapat mengetahui nada lebih baik dari native speaker bahasa Inggris.

5. Ternyata absolute pitch bisa dilatih walaupun kamu sudah dewasa!

Sering Tepat Menebak Nada? Mungkin Kamu Punya Kemampuan Ini!Pixabay/albertoadan

Berdasarkan suatu penelitian, pelatihan identifikasi nada (pitch naming) yang dilakukan 4 jam tiap minggu selama 8 minggu dapat membuat 6 dari 43 orang dewasa (rata-rata umur 23 tahun) memiliki absolute pitch. Pelatihan tersebut dilakukan dengan mendengar nada kemudian menebaknya. Nah, apakah kamu tertarik melakukannya agar punya absolute pitch seperti Mozart dan Beethoven?

Baca Juga: Tak Hanya Menghibur, Ternyata Musik Memiliki 5 Manfaat untuk Kesehatan

Arifa H. Photo Verified Writer Arifa H.

Dreaming with eyes open

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya