Comscore Tracker

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!

Mayoritas dari Amerika Selatan

Burung merupakan salah satu binatang yang banyak ditemui di berbagai tempat baik di perkotaan maupun di alam liar. Selain itu, binatang ini unik karena mempunyai bentuk yang beragam dan juga warna bulu yang cantik, tak jarang juga memiliki suara yang merdu. Namun, apakah kalian tahu jika terdapat negara dengan spesies burung terbanyak di dunia. 

Nah, buat kalian yang ingin tahu apa saja negaranya, maka langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Bolivia

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!alchetron.com

Bolivia merupakan negara terkunci di Amerika Selatan yang letaknya berada di tengah benua ini. Namun, negara yang dilalui oleh Pegunungan Andes dan dataran Amazon ini memiliki berbagai macam jenis burung yang sangat beragam.

Tercatat negara ini memiliki lebih dari 1,438 spesies burung yang berdiam pada teritorinya, serta terhitung terdapat 55 spesies burung yang masuk dalam bahaya. Salah satu burung endemik Bolivia yang langka dan jarang ditemui adalah Black-breasted Puffleg

2. Ekuador

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!neotropical.birds.cornell.edu

Beralih ke sebelah barat Benua Amerika Selatan, terdapat negara Ekuador yang masuk dalam negara dengan spesies burung terbanyak di dunia. Negara ini memiliki sejumlah 1,622 spesies burung yang mendiami areanya, yang mana tak mengherankan karena terdapatnya Pulau Galapagos dan Hutan Amazon yang menjadi teritori Ekuador.

Terdapat sejumlah 106 dari total spesies burung di Ekuador termasuk terancam punah. Jenis burung langka yang terkenal dari Ekuador adalah Black-breasted puffleg, Esmeraldas woodstar

Baca Juga: Ini 8 Spesies Burung Paling Cerdas dan Cerdik di Dunia, Apa Buktinya?

3. Indonesia

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!ebird.org

Kali ini ada negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia yang jadi salah satu negara dengan keanekaragaman hayati besar di dunia, terutama jenis burungnya. Indonesia menjadi rumah bagi 1,711 spesies burung yang menghuni di seluruh pulau pada area nusantara.

Tak kurang terdapat 160 spesies burung di Indonesia masuk dalam daftar terancam punah, seperti Helmeted hornbill, Yellow-crested cockatoo, Javan hawk-eagle dan lainnya. Di samping itu, Indonesia jadi negara dengan burung langka terbanyak kedua di dunia. 

4. Brasil

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!news.mb.com.ph

Kembali ke Benua Amerika Selatan, terdapat negara Brasil yang ada di posisi ke tiga dengan spesies burung terbanyak, di mana selain burung negara ini juga terkenal memiliki berbagai keanekaragaman hayati yang sangat melimpah dan unik.

Sebanyak 1.813 spesies burung mendiami negara terbesar di Amerika Selatan ini, di mana banyak di antaranya tinggal di Hutan Amazon. Selain itu, Brasil juga jadi negara dengan jumlah burung langka terbanyak di dunia, hingga sebanyak 175 spesies. Salah satu spesies burung langka di Brasil, adalah Alagoas antwren, Stresemann's bristlefront dan Spix's macaw

5. Peru

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!theguardian.com

Peru jadi negara dengan jumlah spesies burung terbanyak kedua di dunia mengalahkan Brasil, di mana negara ini juga memiliki sebagian wilayah Hutan Hujan Amazon. Tak hanya itu saja, negeri di pesisir barat Amerika Selatan ini dilintasi oleh Pegunungan Andes yang juga menjadi rumah bagi spesies burung di negara ini. 

Sebanyak 1,858 spesies burung berhabitat di area negara Peru, yang mana 119 di antara diketahui sebagai burung yang terancam punah dan dilindungi, seperti Spatuletail Hummingbird dan masih banyak lainnya.

6. Kolombia

6 Negara yang Punya Spesies Burung Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia!focusingonwildlife.com

Terakhir ada negara Kolombia yang menjadi negara dengan jumlah burung terbanyak di dunia, mengungguli Brasil dan Peru. Jumlah spesies burung di negara ini ada sebanyak 1.878, yang hanya unggul 20 spesies saja dibandingkan Peru. Selain itu, negara ini juga memiliki 128 spesies burung langka dan terancam punah, di mana jadi negara ketiga dengan burung langka terbanyak di dunia. 

Banyaknya spesies burung endemik di Kolombia dikarenakan letaknya yang dilalui Pegunungan Andes dan memiliki sebagian area Hutan Amazon yang jadi habitat alami spesies burung di sana. Salah satu burung langka asal Kolombia yang unik adalah Blue-bearded helmetcrest, yang sangat langka dan berada di ujung kepunahan.

Itu tadi keenam negara dengan jumlah spesies burung terbanyak di dunia yang bisa menambah pengetahuan kalian. Mari kita jaga ya kelestarian burung-burung langka tersebut. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bellbird Putih, Burung Paling Berisik di Dunia!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya