Comscore Tracker

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!

Berat tubuhnya bisa mencapai 1,5 ton!

Manatee merupakan salah satu jenis mamalia laut yang populasinya banyak ditemukan di wilayah perairan di benua Amerika. Manatee mempunyai beberapa spesies dan yang paling populer adalah west indian manatee. Selain itu, mereka dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar serta memiliki sistem reproduksi yang sangat lama saat berkembang biak.

Masuk dalam hewan yang dilindungi dikarenakan populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun. Inilah lima fakta menarik seputar west Indian manatee dilansir laman Animalia.bio dan Animaldiversity.

1. Habitat asli west indian manatee

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!West indian manatee (fws.gov)

Populasi west indian manatee dapat ditemukan di wilayah samudra Atlantik yang meliputi laut Karibia, pesisir Amerika, teluk Meksiko, hingga laut timur Brasil. Dilansir laman Animalia, mereka juga hidup di perairan air tawar seperti sungai dan muara yang memiliki kedalaman lebih dari dua meter. Pada saat musim dingin, west indian manatee akan mencari perairan dengan suhu lebih hangat.

West indian manatee merupakan hewan herbivora yang mengonsumsi berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Mamalia ini menemukan makanannya di dasar laut seperti lamun dan tanaman air lainnya.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!West indian manatee (thoughtco.com)

West indian manatee memiliki sifat soliter di mana mereka lebih suka hidup menyendiri ketimbang berkelompok. Hewan ini mampu menyelam di dalam air selama 15 menit lalu kembali muncul ke permukaan untuk menghirup udara.

Saat berenang, west indian manatee dikenal akan pergerakannya tubuhnya yang lincah serta sering melakukan gaya berenang bermanuver. Mereka akan mengeluarkan suara seperti jeritan ketika berkomunikasi dengan sesamanya.

Baca Juga: 6 Hewan Berkantung Pipi, Gak Cuma Hamster!

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!West indian manatee (ecowatch.com)

West indian manatee termasuk hewan mamalia yang memiliki tubuh besar. Dilansir dari laman Animaldiversity, panjang badan west indian manatee dewasa bisa mencapai 4,5 meter dengan berat maksimal 1,5 ton. Bahkan, seekor bayi west indian manatee yang baru lahir memiliki berat sekitar 30 kilogram dengan panjang 1,2 meter.

Tubuh hewan ini ditutupi oleh kulit berwarna abu-abu dan memiliki sirip yang juga berfungsi sebagai tangan. Sekilas, penampilan dari west indian manatee hampir mirip dengan anjing laut.

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!West indian manatee (marinebio.org)

Suka bergonta-ganti pasangan ketika berkembang biak membuat west indian manatee masuk ke dalam tipe hewan poligini. Mereka tidak memiliki musim kawin yang artinya mamalia ini dapat kawin sepanjang tahun.

Sedangkan kehamilan betina berlangsung lama yakni satu tahun dimana dalam satu kali masa persalinan hanya mampu melahirkan satu ekor anak. Bayi yang baru lahir akan terus bersama sang induk untuk disusui hingga berusia 2 tahun. West indian manatee mencapai tingkat kematangan seksual saat berusia 9 tahun.

5. Populasi yang semakin menipis

5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!West indian manatee (lovethesepics.com)

Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Konservasi Alam Dunia, jumlah populasi west indian manatee di alam liar saat ini berkisar kurang lebih 10.000 ekor. Faktor inilah yang membuat mereka saat ini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi.

Ancaman terbesar dari west indian manatee adalah polusi air dan hewan ini sering terjerat pada perangkap yang dipasang oleh nelayan di dalam air. Di habitat aslinya, west indian manatee dapat bertahan hidup hingga usia 60 tahun.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar west indian manatee yang memiliki ukuran tubuh yang besar. Salah satu keunikan dari hewan ini adalah bentuk siripnya yang mirip tangan.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya