Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaan

Kambing ini tidak dipelihara sebagai hewan ternak

Selama ini, kambing dikenal sebagai hewan ternak yang dipelihara untuk dikonsumsi. Tapi, ada juga kambing yang dirawat untuk dijadikan peliharaan dan bukan dikonsumsi, yaitu kambing pygmy.

Baiklah, pada dasarnya kambing pygmy memang bisa dimakan, tetapi ini bukan hal yang umum. Bahkan, karena memiliki ukuran yang mungil dan kepribadian yang ramah, kambing pygmy lebih banyak dirawat sebagai hewan peliharaan.

Jika kamu tertarik untuk memelihara kambing pygmy, cari tahu lebih banyak seputar kambing ini di penjelasan berikut, yuk, yang sudah dirangkum dari laman Thought Co dan Facts Legend.

1. Habitat asal

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaanilustrasi kambing pygmy (unsplash.com/Patrick Fore)

Pygmy atau kambing kerdil berasal dari wilayah Kamerun di Afrika Barat. Sebagai hewan domestik, pygmy hidup di lahan pertanian, tetapi di alam liar mereka hidup di lereng bukit dan dataran.

Di Afrika Barat dan Tengah, pygmy adalah ternak paling umum dan paling berharga. Kambing imut ini telah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan asalnya. Mereka juga secara genetik tahan terhadap infeksi nematoda yang cenderung memusnahkan keturunan kambing lainnya.

2. Makanan dan kebiasaan

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaanilustrasi kambing pygmy (pexels.com/Turgay Yıldız)

Pygmy adalah ternak yang digembalakan yang biasanya makan daun, tanaman, ranting, semak, dan tanaman merambat daripada rumput. Kadang-kadang, kambing menggemaskan ini juga mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan jerami.

Karena memiliki sistem pencernaan yang tangguh, kambing ini juga bisa makan kulit pohon hingga sampah. Kambing pygmy rentan terhadap predator saat makan, sehingga kambing ini dapat memakan makanan dalam jumlah besar dengan cepat di area terbuka.

Kambing pygmy adalah hewan sosial yang lebih suka berkelompok. Di alam liar, ukuran kelompok biasanya berkisar antara 5 hingga 20 anggota.

Baca Juga: Ini 5 Hewan Peliharaan Terkaya di Dunia 

3. Reproduksi

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaanilustrasi kambing pygmy (pexels.com/Kat Jayne)

Sementara beberapa peranakan kambing tropis bereproduksi sepanjang tahun, kambing pygmy betina memulai siklusnya pada akhir musim gugur atau musim dingin setelah mereka mencapai usia satu tahun, ketika mereka sudah mencapai kematangan seksual.

Masa kehamilan pygmy betina kira-kira 150 hari, sehingga anak-anak akan lahir di musim semi atau musim panas. Sedangkan pygmy jantan mencapai kematangan seksual pada usia 5 bulan. Pada saat itu, mereka akan menghasilkan bau yang kuat dari kelenjar aroma di atas kepala untuk menarik perhatian betina selama musim kawin.

Sekali melahirkan, pygmy betina akan melahirkan satu hingga dua anak dengan berat 0,9 hingga 2 kg. Satu jam setelah kelahiran, anak-anak pygmy dapat berdiri, mengikuti induk mereka, dan menyusu. Anak-anak pygmy akan disapih pada usia 10 bulan, saat mereka sudah mulai bisa merumput secara mandiri.

4. Lincah dan suka bermain

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaanilustrasi kambing pygmy (pexels.com/Kat Jayne)

Meskipun merupakan kambing, tapi perilaku pygmy tidak seperti kambing pada umumnya. Kambing kerdil ini cukup lincah dan bisa melompat, sehingga bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat lucu.

Jika kamu merasa bosan, kamu bisa mengajak pygmy berlari-lari dan bahkan melompat bersama mereka di halaman belakang rumah. Mereka adalah pelompat yang sangat cakap, sehingga kamu butuh tempat yang memadai jika ingin memelihara kambing ini. 

5. Menyukai kontak dengan manusia dan kasih sayang

5 Fakta Menarik Pygmy, Kambing Mungil yang Banyak Dijadikan Peliharaanilustrasi kambing pygmy (abc.net.au)

Kambing pygmy bisa ikut dalam kawanan domba. Mereka juga menyukai kasih sayang dan sentuhan dari kontak manusia. Jadi, jika kamu memilikinya, pastikan kamu menunjukkan kasih sayang pada hewan imut ini.

Kambing pygmy juga lebih baik jika dipelihara dengan satu atau lebih kambing pygmy lain. Alasannya, kambing imut ini merupakan hewan kawanan yang artinya lebih suka berkelompok daripada hidup sendiri.

 

Duh, lucu sekali ya kambing yang satu ini. Kamu sendiri, apakah kamu tertarik untuk memelihara kambing pygmy di rumahmu?

Baca Juga: 10 Potret Ajak Hewan Peliharaan Jalan-jalan yang Nyeleneh Abis

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya