Comscore Tracker

Jika Dinominalkan Udara yang Kita Hirup Per Hari Senilai Rp91 Juta Lho

#SainSeru Bersyukurlah kita bisa bebas bernafas

Pernahkah terbayang olehmu jika dunia yang kita huni ini tiba-tiba kehilangan kandungan udara alias hampa udara? Pasti keadaannya akan sangat mengerikan. Hal ini memang dikarenakan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini juga berkaitan dengan sebuah substansi yang bernama udara.

Kendati udara merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi kita, kita sering mengabaikan dan lupa mensyukuri keberadaannya. Padahal, mengutip dari Bloomberg, jika dikonversi ke dalam bentuk rupiah, maka nominal dari udara yang kita hirup perharinya bisa mencapai angka yang sangat tinggi, yakni sekitar Rp 91 juta, luar biasa bukan? Berikuti ini penjelasannya. 

1. Manusia rata-rata menghirup udara 11.000 liter dalam sehari

Jika Dinominalkan Udara yang Kita Hirup Per Hari Senilai Rp91 Juta Lho360training.com

Dalam satu menit, rata-rata manusia dewasa menghirup udara sebanyak 7-8 liter udara. Jika dikalkulasi dalam satu hari, maka kurang lebih seorang manusia rata-rata menghirup udara sebanyak 11.000 liter.

Hitungan tadi terjadi dalam suatu aktifitas normal. Jika pada hari itu seseorang melakukan aktivitas yang lebih banyak dan aktif, maka udara yang dihirup akan semakin banyak pula, bisa mencapai 12.000 liter udara perhari.

2. Rata-rata 2.200 liter dalam bentuk Oksigen dihirup oleh manusia setiap harinya

Jika Dinominalkan Udara yang Kita Hirup Per Hari Senilai Rp91 Juta Lhocheatsheet.com

Dari total sekitar 11.000 liter udara per hari yang kita hirup, sekitar 20%-nya merupakan Oksigen. Artinya, perhari seorang manusia menghirup sekitar 2.200 liter oksigen.  Angka ini, jika dihitung berdasarkan harga oksigen yang beredar di pasaran, yakni Rp 25.000 per liter, maka jika dinominalkan dalam bentuk rupiah nilai oksigen yang kita hirup perharinya adalah Rp 5.500.000,-.

3. Selain itu, manusia juga rata-rata menghirup sebanyak 8.700 liter Nitrogen perhari

Jika Dinominalkan Udara yang Kita Hirup Per Hari Senilai Rp91 Juta Lhoonditions.healthguru.com

Sementara itu, 80% dari kandungan udara yang kita hirup merupakan zat Nitrogen. Artinya, seorang manusia per hari rata-rata menghirup sebanyak 8.700 liter Nitrogen. Jumlah ini jika dinominalkan dengan harga Nitrogen yang berdar di pasaran pada kisaran harga Rp 9.950,- per liter, maka jumlah tersebut setara dengan Rp 86.465.500,-.

Berdasarkan data di atas, maka jumlah antara kandungan Oksigen dan Nitrogen yang kita hirup per harinya setara dengan Rp 91.965.500,-. Jumlah ini kurang lebih setara dengan jumlah akumulasi 2 tahun gaji seorang PNS golongan 3A lho. Jadi, sesungguhnya tidak alasan bagi kita untuk tidak bersyukur kan?

Eka Supriyadi Photo Verified Writer Eka Supriyadi

Calon teman baik kamu :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya