Comscore Tracker

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di Dunia

Jangan macam-macam dengan hewan ini, ya!

Ratel atau yang biasa disebut musang madu merupakan sejenis hewan dengan fisik yang mirip dengan musang. Namun demikian hewan ini tidak termasuk ke dalam keluarga yang sama dengan musang. Uniknya, hewan bernama latin Mellivora capensis ini sempat dijuluki sebagai hewan yang paling berani di seluruh dunia. Apa yang membuat ratel ini dijuluki hewan paling pemberani se-dunia? Yuk, simak info berikut ini.

1. Mempunyai hubungan dekat dengan serigala

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaPixabay/papafox

Sekilas mungkin kalian akan berpikir bahwa ratel ini punya hubungan dengan musang, mengingat fisik ratel yang mirip dengan musang hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Namun, faktanya bukanlah demikian. Hewan ini sama sekali tidak mempunyai hubungan kekerabatan dengan musang dan sejenisnya.

Malahan, ratel mempunyai hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan serigala. Dalam ilmu taksonomi, keduanya tergabung dalam subfamili Mustelinae. Mungkin ini juga bisa menjadi alasan ratel memiliki sifat ganas, sama halnya dengan serigala.
Bagaimana menurut kalian?

2. Sistem pertahanan ratel

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaDevianart.com

Semua hewan memiliki cara tersendiri untuk berburu makanan ataupun berlindung dari predator. Begitu pula ratel. Sebagai senjata andalannya, ia mempunyai kuku panjang dan tajam. Kuku ini digunakannya untuk membantu saat berburu makanan, kemudian mengoyak daging si mangsa.

Selain itu, ratel juga memiliki sistem pertahanan berupa kulit yang tebal dan elastis seperti
karet. Tebal kulitnya ini diketahui bisa mencapai 5 milimeter, lebih tebal darí hewan manapun di dunia.

Dengan kulit itu, ratel kebal dengan hampir semua serangan, baik itu gigitan singa ataupun lemparan tombak manusia. Selain itu, karena kulitnya juga ratel dapat dengan mudah melarikan diri dari cengkeraman predator, yaitu hanya dengan memelintir tubuhnya. Oh iya, sebagai pertahanan terakhir, ia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari anusnya seperti sigung sebelum akhirnya ia melarikan diri.

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

3. Senang merebut sarang hewan lain

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaPixabay/Beeki

Selain ganas, ratel juga punya sifat buruk. Alih-alih membuat sarangnya sendiri, ia lebih senang merebut rumah hewan lain, seperti musang dan tikus, lalu menganggapnya sebagai tempat tidur pribadi. la juga termasuk hewan yang jorok dan tidak peduli dengan kebersihan sarangnya sendiri.

Namun, sebelum ratel memiliki sarang sendiri, ia akan tinggal bersama dengan ibunya, semenjak lahir hingga usia yang menurutnya sudah cukup untuk memiliki sarang sendiri. Eits, ternyata ada juga yang tetap tinggal di sarang ia dilahirkan hingga ibunya mati. Waduh, dasar hewan pemalas, ya.

4. Hewan yang rakus

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaWikimedia.org

Ratel termasuk hewan omnivora yang cukup rakus. Layaknya hyena, ia akan memakan apa saja yang ia dapatkan saat berburu, entah itu buah, tikus, bahkan ular yang berbisa pun ia makan. Ia akan terus berburu hingga perutnya terisi penuh. Namun, dari semua makanan yang ia santap, ada satu makanan yang paling ia sukai, yaítu madu.

Nah, saat perburuannya menemukan madu, ratel seringkali membuntuti burung yang juga suka memakan madu secara diam-diam. Ketika burung itu menemukan madu, ia langsung menyergap semua madu tersebut tanpa membagikannya dengan burung yang telah ia buntuti tadi.

5. Tidak punya rasa takut

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaTwitter.com=Jurassik_Cedrik/Twitter.com=IDN Times

Jangan remehkan hewan yang satu ini. Meskipun kecil, ia akan menjadi ganas dan berbahaya ketika dalam keadaan bahaya. Ia tak segan-segan untuk menyerang balik pembura yang telah berani mengganggunya, baik itu manusia maupun hewan lainnya.

Sekalipun yang memburunya lebih besar dan kuat, ia tidak akan gentar untuk menyerang balik sang pemburu. So, jangan coba-coba mengganggu si ratel, ya. Namun demikian, ratel lebih memilih untuk menghindari kontak dengan manusia, sehingga ia lebih banyak aktif di malam hari ketimbang saat siang hari.

6. Ternyata ratel bisa romantis juga, lho

6 Fakta Unik Ratel, Hewan Paling Pemberani di DuniaPixabay/wileydoc

Di balik semua keburukannya, ratel ternyata juga hewan yang romantis, terutama saat berburu. Umumnya, ratel berburu mangsanya hanya sendirian saja. Namun, saat musim kawin tiba, ia akan lebih banyak menghabiskan harinya dengan pasangannya, terutama saat berburu. Wow, so sweet sekali!

Nah, itulah 6 fakta ratel, hewan paling pemberani se-dunia. So, kalian berani menantangnya? Aku harap sih jangan ya!

Baca Juga: 6 Hewan Endemik Pulau Sumatra Ini Terancam Punah, Miris dan Sedih

Hadid Ramadhan Photo Writer Hadid Ramadhan

Halo, perkenalkan saya Hadid Ramadhan. Saya adalah pelajar. Saya senang membaca. Selain itu, hobi saya yang lain adalah menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya