Comscore Tracker

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknya

Kamu akan mengira mereka beda spesies

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut sering digunakan untuk menggambarkan bahwa sifat anak tidak akan jauh berbeda dari orangtuanya. Namun nampaknya, pepatah tersebut tak berlaku untuk sejumlah hewan.

Bayi-bayi hewan yang akan disebutkan berikut ini memiliki penampilan yang sangat berbeda dari induknya. Bahkan kamu akan mengira bahwa mereka adalah spesies lain. Padahal sebagian besar dari mereka tidak mengalami tahap metamorfosis lho. Kira-kira hewan apa saja yang dimaksud? Simak berikut ini!

1. Babi hutan, saat kecil mereka terlihat memiliki motif garis-garis di tubuhnya, warna rambutnya pun jauh lebih terang daripada sang induk

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyapinimg.com

Menurut laman The Dodo, perbedaan warna dan motif tubuh tersebut berguna agar sang induk mengenali anaknya. Sebab, babi hutan biasanya dilahirkan di tanah yang berwarna gelap dan sekali melahirkan, ada sekitar 12 bayi yang harus dirawat. Jika warna mereka gelap, ibu babi akan kesulitan membedakannya dengan tanah.

2. Bayi angsa yang baru saja menetas lebih mirip dengan bebek karena warnanya keabu-abuan dan lehernya pendek

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyadailymail.co.uk

Kurang lebih kisah mereka mirip dengan yang digambarkan dongeng The Ugly Duckling. Memang mereka terlihat tak cantik saat kecil. Melansir Insider, setelah berusia dua tahun, bayi angsa akan tumbuh seperti induknya.

3. Kepik, wujud larva serangga ini lebih terlihat seperti ulat karena memiliki tanduk-tanduk kecil

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyathoughtco.com

Bahkan mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang daripada versi dewasanya lho. Jika kamu tak pernah melihatnya, kamu akan mengira bahwa larva tersebut adalah serangga jenis lain.

4. Flamingo yang terkenal dengan bulu pinknya yang indah ternyata saat kecil berwarna putih keabu-abuan

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyasabcnews.com

Menurut laman Animals Zone, mereka menjalani fase tersebut selama dua tahun setelah kelahirannya. Setelah itu, kaki, bulu, dan paruhnya berubah menjadi pink.

5. Bayi tapir memiliki corak yang menarik, yaitu kombinasi antara garis dan titik yang tersebar menyelimuti tubuhnya

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyapinimg.com

Karakteristik tersebut membuat mereka terlihat mirip dengan zebra. Ternyata hal ini berguna untuk membantu tapir bersembunyi di balik semak-semak. 

Baca Juga: Relationship Goals, 10 Hewan Ini Terkenal Setia dengan Pasangannya 

6. Lutung kelabu, primata yang satu ini memiliki anak yang berwarna kuning keemasan, sangat berbeda dari versi dewasanya

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyamongabay.com

Tak hanya rambutnya saja yang berbeda, kulit di bagian telinga, wajah, dan tangannya pun terlihat lebih terang. Penampilan tersebut dapat bertahan hingga lima bulan. Menurut Wildlife Conservation Society, karakteristik tersebut ternyata berfungsi untuk menarik perhatian monyet betina agar mau membantu sang induk membesarkan si bayi.

7. Kangguru, saat baru dilahirkan, mereka terlihat sangat lemah, berwarna pink, dan hampir tak berbentuk

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyathrillist.com

Ini karena kangguru melanjutkan proses pertumbuhannya sebagai janin di dalam kantung sang ibu. Dilansir dari Discover Wildlife, setelah enam bulan, bayi tersebut baru mendapatkan wujud aslinya dan bisa keluar untuk mencari makan. Namun mereka masih harus keluar masuk kantung untuk mendapatkan perlindungan sampai berumur 18 bulan.

8. Burung kasuari, alih-alih berwarna hitam, unggas asal Papua ini memiliki bulu berwarna cokelat terang saat masih kecil

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyazooborns.com

Beberapa di antaranya pun memiliki corak yang mirip dengan tapir muda, yaitu bergaris-garis. Karakteristik tersebut dapat membantu mereka untuk berkamuflase di antara semak-semak hutan.

9. Penguin, hewan kutub yang satu ini memiliki badan berbulu, putih, dan sangat pendek jika dibandingkan dengan induknya

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyadailymail.co.uk

Menurut laman Critter Babies, karakteristik tersebut berguna untuk melindungi tubuh penguin yang masih lemah dari udara dingin. Baru setelah mereka bisa beradaptasi, bulu akan digantikan dengan kulit seperti penguin dewasa.

10. Bayi panda yang baru dilahirkan buta, memiliki kulit berwarna pink, dan nyaris tak berbulu

Kamu Anak Siapa? Ini 10 Bayi Hewan yang Terlihat Berbeda dari Induknyainsider.com

Dilansir dari Insider, tubuhnya juga sangat kecil, yaitu 1/900 dari berat sang induk. Setelah mendapatkan susu dari ibu yang mengandung protein dan antibodi, mereka akan tumbuh dengan perlahan.

Itu tadi sejumlah spesies yang memiliki penampilan berbeda dari versi dewasanya. Ternyata ada beragam maksud dan fungsi di balik penampilan mereka yang berbeda ya! 

Baca Juga: Seperti Tarzan, Ini 8 Anak yang Nyata Tumbuh Besar Bersama Hewan Liar

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya