Comscore Tracker

Kucing Lemas Tidak Mau Makan, Ini Penyebab dan Perawatannya

Jangan tunda untuk ke dokter, ya!

Bagi pawrent, kucing lemas tidak mau makan tentu bikin pusing. Meski memiliki kantung primodial sebagai penyimpanan cadangan makanan, kurangnya asupan nutrisi tetap berbahaya bagi kucing.

Ketika tidak mendapatkan makanan yang cukup, kucing akan mengandalkan lemak sebagai sumber energi. Supaya bisa digunakan, lemak harus diolah terlebih dahulu oleh hati yang membutuhkan asupan protein tinggi. Saat anabul tidak makan, jumlah protein juga tak tercukupi dengan baik.

Akibatnya, organ hati harus bekerja ekstra untuk mengubah lemak agar bisa digunakan sebagai energi. Perlu diketahui, membebankan pekerjaan pada hati secara terus-menerus berpotensi menyebabkan lipidosis alias gagal hati, melansir PetMD.

Penyebab kucing lemas tidak mau makan

Kucing Lemas Tidak Mau Makan, Ini Penyebab dan Perawatannyailustrasi penyebab kucing muntah (unsplash.com/ Ludemeula Fernandes)

Kucing merupakan hewan yang sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Perubahan sedikit saja, bisa bikin anabul bereaksi lebih, seperti mendesis, buang air sembarangan, bahkan mogok makan. Selain itu, masalah dalam diri anabul juga dapat menjadi penyebab kucing tidak mau menjamah makanannya. 

Kucing tidak mau makan saja menandakan kondisi kurang baik, apalagi sampai menunjukkan gejala lemas. Kamu perlu segera mengobservasi gejala yang menyertai dan sebisa mungkin membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan. Bisa jadi, penyebab kucing lemas tidak mau makan adalah sebagai berikut:

  • Gangguan pencernaan

Pencernaan Felis silvestris catus alias kucing rumahan bisa sangat sensitif. Salah makan sedikit saja bisa menimbulkan muntah dan diare. Terkesan sepele, tetapi jika tidak segera mendapatkan perawatan, ini bisa membuat kucing lemas tidak mau makan. Bahkan memicu dehidrasi yang membahayakan kucing.

  • Infeksi virus dan bakteri

Kucing dengan bawaan penyakit di saluran pernapasan atau jantungnya, umumnya terlalu sibuk 'berkonsentrasi' pada pernapasan. Hal ini lantas membuatnya tidak ingin makan. Dalam jangka panjang, kesehatan anabul pun makin menurun dan menyebabkan lemas. Pengobatan dan perawatan yang tepat diperlukan untuk melawan infeksi. 

  • Gangguan gigi dan mulut

Kamu pun perlu mengecek bagian mulut kucing. Gigi patah, luka mulut, karang gigi sangat mungkin jadi penyebab hilangnya nafsu makan anabul. Apabila kamu mendapati bintik merah berdaging pada gigi kucing, bisa jadi itu adalah lesi resorptif odontoklastik kucing (FORLs). Kondisi ini menimbulkan rasa sakit yang menyebabkan kucing enggan makan dan lemas. 

  • Diabetes, hipertiroidisme, gangguan ginjal 

Pada kasus lebih parah, kucing tidak mau makan mungkin disebabkan oleh gangguan kesehatan serius. Pada diabetes, ditandai dengan nafsu makan berlebih, tetapi tetap kurus sebelum akhirnya tidak makan sama sekali. Gangguan ginjal juga memungkikan anabul menolak makan. Namun, anabul bisa jadi minum lebih banyak daripada biasanya.

  • Gangguan gerak kucing

Penyebab kucing lemas tidak mau makan bisa jadi karena ia merasakan sakit secara fisik. Adanya luka, abses, atau pincang menyebabkan anabul kesulitan bergerak dan memilih  berdiam diri. Kucing pun biasanya akan meringkuk jauh dari keramaian untuk melindungi dirinya.

  • Vaksinasi, obat-obatan

Vaksinasi dan beberapa jenis obat dapat menimbulkan efek samping yang membuat kucing lemas tidak mau makan. Namun,kondisi ini biasanya hanya sementara. 

  • Keracunan

Kalau tiba-tiba kucing lemas tidak mau makan, bisa jadi ia menunjukkan gejala keracunan. Tanda-tanda keracunan akan muncul sesaat setelah kucing makan bahan beracun, termasuk muntah, kejang, dan sebagainya. 

Baca Juga: 18 Istilah dalam Dunia Kucing yang Perlu Kamu Tahu

Pengobatan dan perawatan kucing lemas tidak mau makan

Kucing Lemas Tidak Mau Makan, Ini Penyebab dan Perawatannyailustrasi kucing lemas (pexels.com/almighty shilref)

Ketika kucing lemas tidak mau makan, usahakan untuk tetap memaksakan asupan nutrisinya. Cobalah, berikan kucing wet food beraroma tajam agar kucing mau makan. Jika masih tidak mau, kamu bisa menyuapinya menggunakan spuit atau suntikan tanpa jarum. Campurkan sedikit air agar lebih mudah ditelan oleh anabul. 

Saat kamu mendapati kucing lemas tidak mau makan, hindari memberikan diagnosis sepihak hanya dari gejala penyakitnya. Langkah tepat setelah mengetahui kucing tidak mau makan adalah dengan membawanya ke dokter.

Vet akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui dan menentukan pengobatan yang tepat. Terlebih pada kasus keracunan, sebaiknya bawa kucing ke dokter secepat mungkin untuk mengeluarkan racunnya. 

Jika perlu, anabul juga akan diminta menjalani serangkaian tes untuk mencari tahu penyebab kucing lemas tidak mau makan. Dilansir VCAHospitals, tes yang mungkin dilakukan di antaranya:

  • Complete blood count (CDC) test dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai tiga jenis sel dalam darah dan fungsinya. Lebih lengkapnya, sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan dan sel darah putih untuk melawan infeksi. Lalu, ada pula trombosit yang memegang peran penggumpalan darah
  • Tes profil biokimia meliputi pengujian seperti enzim, protein, lipid (lemak), glukosa (gula), hormon, elektrolit, dan produk limbah metabolik. Tujuannya, mengetahui kesehatan organ dan jaringan dalam tubuh, termasuk metabolisme kucing
  • Urinalisis. Merupakan analisis komposisi urine guna menilai kinerja ginjal, mengidentifikasi peradangan dan infeksi dalam saluran kemih, serta menemukan kemungkinan diabetes dan gangguan metabolisme lainnya.

Setelah mendapat diagnosis dokter, kamu perlu melakukan serangkaian pengobatan rawat jalan. Termasuk memberikan obat secara rutin sesuai dosis yang diberikan dokter. Jika perlu, dokter akan menyarankan rawat inap untuk perawatan lebih maksimal. 

Kucing lemas tidak mau makan merupakan tanda serius pada anabul. Jadi, jangan tunda membawa anak bulu kesayangan untuk berobat ke dokter, ya. Semoga anabul sehat selalu!

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Efektif dan Anti Ribet

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya