Comscore Tracker

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagum

Tidak semua dinosaurus seganas T-Rex lho!

Berbadan besar, dan buas menjadi dua hal yang selalu diidentikkan dengan dinosaurus. Tidak dapat disangkal, jika beberapa jenis dinosaurus memang sangat buas dan memiliki ukuran yang sangat besar. Namun penggambaran mereka sebagai hewan buas raksasa juga tidak selalu benar lho!

Menurut laman thoughtco.com, meski berbahaya tapi tidak semua dinosaurus buas. Beberapa dari mereka bahkan hanya memakan tumbuhan. Tidak percaya? Berikut ini enam fakta tantang dinosaurus!

1. Dinosaurus bukanlah hewan pertama yang hidup di Bumi

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagumpalaeos.com

Dinosaurus berevolusi sekitar 230 juta tahun yang lalu di sebuah benua tua bernama Pangaea. Tapi ketika dinosaurus datang Bumi tidak dalam keadaan kosong. Pasalnya sebelum dinosaurus, Bumi dihuni oleh reptil seperti archosauria yang merupakan binatang sejenis kadal, therapsid, dan beberapa jenis reptil lainnya.

Namun keberadaan reptil itu tidak berlangsung lama, karena 20 juta tahun setelahnya reptil-reptil ini mulai punah dan hanya menyisakan buaya prasejarah.

2. Mayoritas dinosaurus ternyata vegetarian

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagumsciencing.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan orang berpikir bahwa semua dinosaurus itu pemakan daging. Tapi faktanya, mayoritas dinosaurus justru adalah vegetarian. Memang dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex dan Giganotosaurus adalah pemakan daging.

Meski begitu, populasinya tidak sebanding dengan para pemakan tumbuhan. Salah satu cirinya adalah, para pemakan tumbuhan berkaki empat sementara pemakan daging seperti T-Rex berkaki dua.

Baca Juga: Selain Triceratops, Ini 5 Dinosaurus Herbivora Bertanduk yang Unik

3. Beberapa dinosaurus juga berbulu

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagumtheconversation.com

Film-film dengan tema dinosaurus selalu menggambarkan hewan purba ini memiliki kulit keras dan bersisik seperti kadal. Padahal sebenarnya banyak juga dinosaurus yang tubuhnya dilapisi dengan bulu. Selain itu, tidak semua dinosaurus juga berbadan besar.

Memang ada beberapa jenis seperti Brachiosaurus memiliki berat 80 ton, namun mayoritas dinosaurus justru memiliki ukuran sebesar manusia atau lebih kecil dari itu.

4. Tidak semua dinosaurus bodoh

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagumnypost.com

Memiliki tubuh besar, nyatanya tidak menjamin seekor dinosaurus pintar. Stegosaurus contohnya yang memiliki ukuran otak tidak lebih besar dari dua kacang kenari dengan berat sekitar lima ons. Namun tidak berarti semua jenis dinosaurus sama bodohnya dengan Stegosaurus.

Dinosaurus pemakan daging seperti T-Rex bukan hanya dianugrahi badan besar dengan gigi tajam, tapi juga otak yang besar. Selain itu, T-Rex juga memiliki  penglihatan, penciuman, ketangkasan, dan koordinasi yang sangat baik untuk berburu mangsa.

5. Terakhir, mereka tidak punah dalam waktu yang bersamaan

5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagumseeker.com

Cerita yang beredar adalah, dinosaurus punah oleh hujan meteor yang terjadi pada 65 juta tahun yang lalu. Memang benar bahwa banyak dinosaurus mati karena hujan meteor, tapi bencana itu nyatanya tidak membuat semua dinosaurus punah.

Faktanya butuh ribuan tahun bagi Bumi untuk membuat planet ini aman dari hewan purba seperti dinosaurus. Dan alih-alih serangan meteor, berubahnya iklim, kurangnya sinar matahari, dan tanaman yang membuat dinosaurus benar-benar punah.

Nah, fakta mana yang baru kamu ketahui tentang dinosaurus? Bikin kaget tidak?

Baca Juga: 5 Hewan Purba Ini Jadi Inspirasi Karakter  Unik di Film Ice Age

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya