Comscore Tracker

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chan

Apa latar belakang penamaannya?

Belum lama ini, sejumlah ilmuwan telah menemukan spesies tokek baru yang diberi nama 'Tokek Jackie's day (Cnemaspis jackieii)'. Nama ini sendiri terinspirasi oleh tokoh bela diri sekaligus aktor yang dikenal dunia, Jackie Chan.

Mengapa ilmuwan memberikan nama Jackie Chan untuk hewan ini? Untuk mengetahui jawabannya, simak fakta-faktanya!

1. Ditemukan di Pegunungan Ghats Barat

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie ChanPegunungan Ghats Barat (india.wcs.org)

Laman Science News melaporkan bahwa spesies tokek dengan nama Jackie's day ini pertama kali ditemukan oleh herpetolog di Pegunungan Ghats Barat, India. Herpetologi sendiri adalah cabang zoologi yang mempelajari reptil dan amfibi.

Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Zoological Research, Pegunungan Ghats Barat merupakan tempat yang kaya akan keanekaragaman hayati. Sayangnya, pegunungan yang mencakup area seluas 160 ribu kilometer persegi ini menghadapi berbagai ancaman seperti penebangan hutan.

Penemuan sejumlah spesies baru termasuk tokek Jackie's day memiliki arti bahwa pegunungan India tersebut bisa saja menaungi hewan dan tumbuhan baru lainnya. Potensi ini tentunya membuat ilmuwan sangat girang. Di saat yang sama, ancaman yang dihadapi Pegunungan Ghats Barat dapat menjadi akhir dari kehidupan fauna dan flora baru yang belum ditemukan.

2. Punya ukuran tubuh yang kecil

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chantokek Jackie's day (nerdist.com)

Melihat dari ciri-ciri fisiknya, ukuran tokek Jackie's day cukup kecil, dengan ukuran tubuh kurang lebih 3-4 sentimeter, sebagaimana dicatat Reptiles Magazine dan MongabaySebagai makhluk yang diurnal, mereka memiliki sepasang mata dengan pupil sirkular, berbeda dengan tokek nokturnal yang memiliki pupil irisan.

Tokek Jackie's day termasuk genus Cnemaspis yang umumnya tidak pandai dalam memanjat secara vertikal. Meskipun beberapa Cnemaspis dapat ditemukan di pohon, kebanyakan tokek ini akan tinggal di gua atau lantai hutan.

Baca Juga: 5 Fakta Port Jackson Shark, Hiu Unik yang Suka Musik Jazz

3. Mengambil nama Jackie Chan

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chanpotret Jackie Chan (commons.wikimedia.org/Firdaus Latif)

Nama legenda seni bela diri Jackie Chan yang diberikan kepada tokek Jackie's day memiliki alasannya sendiri. Mengutip Science News, penamaan tokek ini disebabkan oleh karena kelincahannya yang membuat para ilmuwan kewalahan.

"Setiap kali kami mencoba menangkapnya, ia akan melompat dari satu batu ke batu lainnya, kemudian merangkak ke celah terkecil untuk melarikan diri dari kami," ujar Saunak Pal dari Bombay Natural History Society di Mumbai.

Kelincahan tokek kecil tersebut membuat para ilmuwan teringat pada Jackie Chan, sosok yang gesit. Itulah yang menjadi dorongan penamaan tokek dengan nama ilmiah Cnemaspis jackieii. 

Selain kelincahannya, terdapat alasan lain yang berujung pada penamaan tokek tersebut. Zeeshan Mirza dari National Centre for Biological Sciences di Bangalore berkata,

"Memberi nama spesies dengan cara ini membantu orang untuk lebih terhubung dengan spesies tersebut, terutama bagi kelas hewan yang kurang populer seperti reptil."

Zeeshan juga berharap supaya nama unik ini dapat menarik perhatian orang untuk membantu melestarikan spesies ini dan habitatnya. Sangat kreatif, ya!

4. Ditemukan bersama sebelas spesies baru lainnya

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chanspesies tokek baru di Pegunungan Ghat Barat (dok. Zoological Research)

Studi dalam jurnal Zoological Research tidak hanya membahas tokek dengan nama Jackie Chan saja. Faktanya, para ilmuwan menemukan sebelas spesies lainnya di Pegunungan Ghats Barat. Berikut daftar spesies tokek yang ditemukan termasuk tokek Jackie's day.

  • A. Cnemaspis balerion
  • B. Cnemaspis lithophilis
  • C. Cnemaspis rubraoculus
  • D. Cnemaspis nimbus
  • E. Cnemaspis wallaceii
  • F. Cnemaspis smaug
  • G. Cnemaspis regalis
  • H. Cnemaspis galaxia
  • I. Cnemaspis nigriventris
  • J. Cnemaspis flavigularis
  • K. Cnemaspis palanica
  • L. Cnemaspis jackieii

Menariknya, beberapa spesies tersebut juga memiliki nama yang tidak kalah unik dibandingkan tokek Jackie's day. Dilansir The Hindu, nama Cnemaspis balerion diambil dari naga Game of Thrones. Selanjutnya, nama Cnemaspis smaug terinspirasi dari naga Lord of the Rings. Ada juga Cnemaspis galaxia yang mendapatkan namanya karena warna tubuhnya yang mirip dengan galaksi dan bintang-bintangnya.

5. Bukan satu-satunya spesies yang namanya diambil dari orang terkenal

Fakta Jackie's Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chanpikat Scaptia Beyonceae (commons.wikimedia.org/Bryan D. Lessard)

Sebenarnya penggunaan nama tokoh populer untuk penamaan spesies sudah pernah terjadi sebelumnya. Situs BBC memberikan berbagai contoh, mulai dari pikat yang mengambil nama Beyonce (Scaptia beyonceae), sampai kumbang dengan nama Adolf Hitler (Anophthalmus hitleri)Contoh dari laman ZME Science mencakup tawon Shakira (Aleiodes shakirae) dan laba-laba Angelina Jolie (Aptostichus angelinajolieae).

Bukan hanya orang terkenal saja, penamaan spesies juga bisa mengambil inspirasi dari tokoh fiktif, contohnya tokek Balerion dan Smaug. Bahkan, Salazar Slytherin dari seri Harry Potter menjadi inspirasi bagi penamaan ular beludak Salazar (Trimeresurus salazar).

Itulah sederet fakta mengenai tokek Jackie's day, hewan yang namanya terinspirasi dari Jackie Chan. Semoga penamaan unik ini benar-benar mendorong orang untuk membantu melestarikan spesies baru ini beserta tempat tinggalnya. Kamu setuju?

Baca Juga: Sempat Dikira Punah, Ini 6 Fakta Bunglon Kerdil Chapman

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya