Mengenal 'Super Earth' Planet K2-18B, Apakah Layak Dihuni Manusia?

Pindah kesini gak ya...

Pencarian planet baru untuk dihuni oleh manusia di masa depan masih berlanjut. Setelah mencari-cari tanda kehidupan di planet Mars, kini peneliti dibuat antusias dengan planet yang bernama K2-18B. Di planet ini, terdeteksi ada uap air di bagian atmosfer dan berpotensi layak ditinggali oleh manusia.

Unsur apa saja yang ada di dalam planet K2-18B yang membuatnya layak dihuni oleh manusia? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Penemuan ini pertama kali dipublikasikan pada 10 September 2019

Mengenal 'Super Earth' Planet K2-18B, Apakah Layak Dihuni Manusia?earthsky.org

Peneliti sudah lama memantau planet K2-18B dan akhirnya baru mempublikasikan temuannya pada 10 September 2019 di arXiv dan di jurnal peer-review Nature Astronomy di tanggal 11 September 2019, ungkap laman Earth Sky. Diperkirakan, ada uap air di atmosfer planet K2-18B dan membuatnya menjadi layak huni.

2. Letaknya di luar tata surya

Mengenal 'Super Earth' Planet K2-18B, Apakah Layak Dihuni Manusia?simplyraw.in

Jangan senang dulu, sebab planet K2-18B termasuk exoplanet alias planet yang letaknya di luar tata surya. Jaraknya diperkirakan 124 tahun cahaya dari bumi dan planet ini mengitari bintang katai merah K2-18. FYI, katai merah adalah jenis bintang dengan ukuran paling kecil dan suhu paling sejuk di antara jenis bintang yang lain.

3. Ukurannya lebih besar dari bumi

Mengenal 'Super Earth' Planet K2-18B, Apakah Layak Dihuni Manusia?futuretimeline.net

Rupanya, planet K2-18B berukuran lebih besar dari bumi! Menurut laman Earth Sky, K2-18B memiliki radius 2,7 kali lebih besar dari bumi. Bukan hanya itu, massa planet ini sembilan kali lebih besar!

Peneliti menyebut K2-18B sebagai mini-Neptunus. Bumi memiliki radius 6.371 kilometer, sementara K2-18B memiliki radius 14.271 kilometer.

4. Waktu orbit hanya 33 hari saja

Mengenal 'Super Earth' Planet K2-18B, Apakah Layak Dihuni Manusia?scitecheuropa.eu

Kita semua tahu kalau bumi mengorbit matahari selama 365 hari dan 366 hari di tahun kabisat. Namun, planet K2-18B mengorbit bintang katai merah dengan waktu 33 hari saja!

Ini karena jarak dengan bintangnya dekat, hanya 21,38 juta kilometer saja. Sementara, jarak orbit bumi dengan matahari adalah 149,60 juta kilometer.