Comscore Tracker

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!

Pembuluh darah kita lebih panjang daripada keliling bumi!

Alam semesta selalu bisa membuat kita kagum. Saat belajar ilmu pengetahuan alam, seringkali kita dibuat takjub akan fakta-fakta hebat dari berbagai hal yang ada di alam. Misalnya tentang tata surya kita, hewan, tumbuhan, maupun tubuh manusia sendiri.

Nah, terkadang, fakta-fakta yang kita pelajari gak hanya bisa membuat kita takjub, tapi juga terkejut. Mau contohnya? Berikut ini 10 fakta tentang perbandingan hal-hal di alam yang kemungkinan besar akan membuatmu terkejut karena sama sekali gak disangka.

1. Luas wilayah Rusia lebih besar daripada luas permukaan planet Pluto

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!onedio.com

Saat ini, Rusia adalah negara dengan luas wilayah terbesar di bumi. Dilansir Britannica, luas wilayah Rusia secara keseluruhan adalah 17,1 juta km persegi. Sementara itu, laman NASA menyebut bahwa luas permukaan planet Pluto adalah 16,6 juta km persegi. Artinya, luas wilayah Rusia lebih besar daripada luas permukaan Pluto!

2. Jumlah ayam di bumi lebih banyak daripada jumlah manusia 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!npr.org

Saat ini, jumlah manusia di muka bumi diperkirakan sekitar 7,8 miliar orang. Tahukah kamu bahwa jumlah itu jauh lebih sedikit dari jumlah ayam di bumi? Yap, menurut BBC, ada sekitar 23 miliar ayam di bumi, alias sekitar 3 kali lipat jumlah manusia. Hal itu bisa dipahami karena ayam memang adalah salah satu hewan ternak yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

3. Pembuluh darah manusia lebih panjang daripada keliling bumi 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!yale.edu

Pembuluh darah di dalam tubuh kita memang berukuran kecil, tapi jaringan yang terbentuk luar biasa panjang. Laman Everyday Health menyebut bahwa jika seluruh pembuluh darah manusia dibentangkan dalam satu garis lurus, maka panjangnya akan mencapai 60 ribu mil alias sekitar 96.500 km.

Nah, karena menurut NASA panjang keliling bumi adalah sekitar 40 ribu km, maka pembuluh darah di tubuh kita bisa mengitari keliling bumi lebih dari dua kali!

4. DNA manusia lebih panjang daripada diameter tata surya 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!newscientist.com

Sementara panjang DNA manusia malah lebih menakjubkan lagi. Laman Science Focus menyebut bahwa DNA di dalam sel-sel tubuh kita yang tergulung-gulung sehingga bisa muat ke dalam ruang yang sangat kecil.

Tapi jika gulungan DNA kita dibuka dan dibentangkan, maka panjangnya mencapai 2 meter. Itu baru satu sel saja, sementara jika seluruh DNA di tubuh kita dibentangkan, maka panjangnya kira-kira sama dengan dua kali diameter tata surya kita!

5. Jumlah pohon di bumi lebih banyak daripada jumlah bintang di galaksi Bima Sakti 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!euronews.com

Menurut laman Treehuggers, para ilmuwan memperkirakan bahwa jumlah pohon di bumi adalah kira-kira 3 triliun pohon. Semantara perkiraan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti berkisar antara 100 hingga 700 miliar bintang. Maka jelas, jumlah pohon di bumi lebih banyak daripada jumlah bintang di galaksi Bima Sakti!

Baca Juga: 7 Fakta Ilmiah Perempuan Cepat Dewasa Dibandingkan Laki-laki

6. Sapi dan kuda membunuh lebih banyak orang daripada hiu

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!smithsonianmag.com

Hiu punya reputasi buruk sebagai ikan ganas yang sering membunuh manusia. Tapi ternyata reputasi itu sama sekali tidak benar. Laman Discovery menyebut bahwa hiu hanya membunuh sekitar 5 orang per tahun. Jumlah itu kalah dari hewan-hewan yang tampak lebih bersahabat, yaitu kuda yang membunuh 20 orang per tahun dan sapi di angka 22 orang per tahun.

7. Cacing tali sepatu lebih panjang daripada paus biru

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!aphotomarine.com

Paus biru adalah hewan terbesar di dunia, dengan panjang mencapai lebih dari 33 meter dan berat 190 ton. Namun ternyata ada hewan yang berukuran lebih panjang dari mereka, yaitu cacing tali sepatu (Lineus longissimus). Guinness World Records menobatkan cacing yang hidup di laut ini sebagai hewan terpanjang di dunia karena bisa mencapai panjang 55 meter!

8. Jumlah spesies serangga lebih banyak daripada semua spesies hewan lain 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!reason.com

Serangga adalah kelompok hewan dengan jumlah spesies terbanyak di bumi. Laman Smithsonian menyebut bahwa jumlah spesies yang sudah dikenali saat ini adalah 900 ribu spesies. Bahkan diperkirakan bahwa jumlah aslinya bisa lebih banyak lagi, yaitu sekitar 2 juta spesies. Itu jauh lebih banyak daripada jumlah seluruh spesies hewan lain jika digabungkan!

9. Kumbang kotoran lebih kuat daripada gajah  

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!theconversation.com

Laman One Kind Planet menyebut bahwa seekor gajah afrika bisa mengangkat beban seberat 9 ton. Namun jika dibanding berat tubuhnya yang mencapai 6,3 ton, sebenarnya kekuatan gajah masih kalah dari banyak hewan lain, termasuk harimau, elang, gorila, dan semut pemotong daun.

Maka gelar hewan terkuat di dunia justru lebih pantas diberikan pada kumbang kotoran. Serangga pemakan kotoran ini bisa menarik kotoran seberat 1.141 kali berat tubuhnya sendiri. Itu setara dengan orang dewasa dengan berat rata-rata yang bisa menarik 6 bus tingkat berisi penuh penumpang!

10. Otak manusia mengirim lebih banyak pesan daripada seluruh telepon di dunia 

10 Fakta Ilmiah Perbandingan Hal-hal di Alam Semesta, Gak Nyangka!slate.com

Otak manusia memang sangat luar biasa. National Geographic menyebut bahwa otak kita mengandung sekitar 100 miliar neuron alias sel saraf. Aktivitas di otak kita tak pernah berhenti, termasuk saat kita tidur. Neuron di otak kita membuat dan mengirimkan lebih banyak pesan daripada pesan yang dikirimkan seluruh telepon di dunia!

Itulah 10 fakta menakjubkan tentang perbandingan berbagai hal yang ada di alam semesta. Gimana, kamu nyangka gak? Kalau menurutmu, fakta mana yang paling bikin takjub?

Baca Juga: Alami, 7 Fakta Ilmiah Kamu Spontan Menilai Sesuatu Cantik atau Jelek

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya