Comscore Tracker

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Soviet

Perang Dingin merupakan salah satu perang terlama di dunia

Perang Dingin merupakan perang terkenal yang dilakukan oleh Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Perang Dingin merupakan salah satu perang terlama yang pernah tercatat dalam sejarah dunia.

Berbeda dengan perang pada umumnya yang terdapat aksi tembak-tembakan, Perang Dingin lebih menonjolkan adu strategi. Perang Dingin memiliki akibat yang sangat berdampak bagi dunia, mulai dari peperangan antarsekutu masing-masing negara besar hingga membuat negara-negara di dunia menjadi terpecah belah.

Memang Perang Dingin membuat masyarakat di seluruh dunia mengalami ketakutan. Namun, bersyukurlah Perang Dingin saat ini sudah berakhir. Ada beberapa faktor berakhirnya Perang Dingin yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Penasaran seperti apa faktor berakhirnya Perang Dingin? Mari simak ulasannya sebagai berikut.

1. Adanya perjanjian mengenai nuklir

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Sovietyorkshirecnd.org.uk

Perjanjian mengenai nuklir atau Non-Proliferation Treaty merupakan perjanjian yang dibuat pada tahun 1968. Ada tiga negara besar yang menyetujui perjanjian ini, yaitu Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Soviet.

Perjanjian ini berisi tentang peraturan mengenai nuklir. Mulai dari larangan membicarakan nuklir, mengembangkan nuklir, dan menjual nuklir ke negara yang tidak mempunyai nuklir. Dengan adanya perjanjian ini, diharapkan terciptanya perdamaian dunia.

2. Adanya perjanjian mengenai pembatasan persenjataan strategis

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Sovietmedium.com/FSI Stanford

Tidak hanya perjanjian mengenai nuklir saja yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Terdapat juga perjanjian mengenai pembatasan persenjataan strategis atau dikenal sebagai Strategic Arms Limitation Talks (SALT).

Perjanjian ini membahas tentang pembatasan senjata rudal. Perjanjian ini terdapat dua kali penandatanganan. Pertama, dilakukan di kota Helskinki, Finlandia. Kedua, dilakukan di dua kota, yaitu Jenewa, Swiss dan Wina, Austria.

Baca Juga: Perang Komentar soal Hong Kong, Inggris Panggil Duta Besar Tiongkok

3. Adanya perjanjian mengenai pembatasan persenjataan perang

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Sovietmedium.com/@jamesgramwilson

Setelah terciptanya perjanjian SALT, terdapat perjanjian mengenai pembatasan persenjataan perang atau dikenal sebagai Strategic Arms Reduction Treaty (START). Isi dari perjanjian ini adalah mengurangi jumlah nuklir yang memiliki daya ledak menengah.

Tujuannya ialah untuk mengurangi potensi digunakannya senjata ini di masa depan. Selain itu, perjanjian ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi ancaman yang dapat membuat negara lain menjadi takut.

4. Tentara Uni Soviet ditarik mundur

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Sovietsputniknews.com

Berakhirnya Perang Dingin tidak hanya karena terciptanya beberapa perjanjian perdamaian saja. Faktor seperti tentara Uni Soviet yang ditarik mundur merupakan salah satu penyebab berakhirnya Perang Dingin.

Penyebab Uni Soviet menarik mundur tentaranya karena Uni Soviet mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi persenjataannya. Kebijakan ini dibuat karena Uni Soviet mengalami permasalahan pada sumber pendapatan sehingga Uni Soviet tidak mampu untuk memperkukuh persenjataannya.

5. Runtuhnya Uni Soviet

5 Penyebab Berakhirnya Perang Dingin Amerika Serikat versus Uni Sovietwww.thetrumpet.com

Setelah Uni Soviet menarik seluruh tentaranya, pada akhirnya Uni Soviet mengalami keruntuhan. Uni Soviet runtuh akibat terjadi permasalahan pada internal negaranya.

Akhirnya pada 1991, negara naungan Uni Soviet bubar dan resmi merdeka masing-masing. Dengan begitu, Perang Dingin yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet akhirnya berakhir.

Itulah faktor berakhirnya Perang Dingin yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Memang beberapa perjanjian perdamaian merupakan faktor pendukung berakhirnya Perang Dingin.

Selain itu, runtuhnya Uni Soviet merupakan faktor terbesar yang menyebabkan Perang Dingin bisa berakhir. Dengan begitu, Amerika Serikat keluar sebagai pemenang dalam Perang Dingin yang sangat panjang. Bagaimana pendapat kalian mengenai berakhirnya Perang Dingin?

Baca Juga: 5 Penyebab Mengapa Nazi Kalah Pada Perang Dunia II

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You