Comscore Tracker

Cara Menanam Sirsak Madu, Buahnya Lebih Manis dan Lembut

Bisa langsung dari biji buah segar

Sirsak madu adalah dikenal memiliki daging buah dengan yang lebih manis dan lembut dibandingkan jenis lainnya. Karena ciri khasnya tersebut, jenis ini banyak disukai sebagai buah meja yang dimakan langsung atau diolah menjadi jus atau campuran es. 

Selain unggul dalam rasa, sirsak madu juga kaya akan nutrisi, terutama serat dan vitamin C. Tak heran banyak orang menyukai buah dengan tekstur duri yang lembut ini. 

Dalam hal budi daya, sirsak madu adalah jenis tanaman tropis yang mudah sekali dibudidayakan. Ia biasanya ditanam dengan menyebarkan biji yang diperoleh dari buah segarnya. Nah, penasaran bagaimana cara menanam sirsak madu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Cara Menanam Buah Bit dari Bibit hingga Panen, Lengkap!

Cara menanam sirsak madu

Cara Menanam Sirsak Madu, Buahnya Lebih Manis dan Lembutilustrasi tanaman sirsak (pixabay.com/najibzamri)

Sirsak madu merupakan tanaman buah yang dapat tumbuh hingga ketinggian 9 meter. Ia menyukai lingkungan tumbuh yang lembap, subur, dan mendapatkan banyak paparan sinar matahari, yakni sekitar 6 hingga 8 jam per hari. Untuk menanamnya, inilah langkah-langkah mudah yang bisa diterapkan:

  1. Siapkan biji buah sirsak madu. Kamu bisa mendapatkannya dari toko benih atau langsung mengambil dari buah segarnya.
  2. Rendam biji semalaman dengan air panas untuk mempermudah perkecambahan biji.
  3. Siapkan media penyemaian dari campuran tanah dan pupuk organik dalam wadah atau polybag.
  4. Tanam biji sedalam 1 cm ke dalam media. Kemudian siram media untuk memberi kelembapan.
  5. Simpan bibit di tempat yang hangat dan lembap.
  6. Bibit akan berkecambah setelah 15 hingga 30 hari.
  7. Setelah terbentuk tanaman yang kuat, pindahkan bibit ke lahan tanam permanen. Lahan tanam harus memiliki tanah yang dikeringkan dengan baik dan mendapatkan sinar matahari penuh.
  8. Buatlah lubang tanam yang dangkal dengan lebar dua kali lebar bola akar tanaman.
  9. Masukkan bibit tanaman dengan posisi tegak ke lubang tanam hingga bola akar tertutup tanah. Lalu, siram media tanam dengan hati-hati.
  10. Lakukan penyiraman rutin sekitar 2 kali seminggu selama masa tanam. Tambahkan mulsa untuk menjaga kelembapan tanaman.
  11. Untuk pemupukan, tambahkan pupuk sekitar satu tahun sekali selama musim semi. Pemangkasan tanaman mungkin diperlukan jika ada cabang tanaman yang mati atau sakit.

Pohon sirsak madu biasanya akan berbuah setelah 3 hingga 5 tahun setelah tanam. Buah yang dapat dipanen yaitu buah yang keras dan berwarna hijau kekuningan. Nah, itulah beberapa cara menanam sirsak madu. Ayo coba sendiri di rumah!

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Krokot yang Indah, Simak Juga Perawatannya!

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya