Comscore Tracker

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orang

Biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak percaya monogami

Orang mengekspresikan cinta dengan cara yang berbeda-beda. Begitu pula dengan hubungan percintaan, setiap pasangan memiliki cara masing-masing untuk menjalaninya. Ada yang memutuskan untuk mencintai satu orang hingga mati, ada pula yang mencintai lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan. Itulah kenapa istilah poliamori kini mulai berkembang di masyarakat.

Banyak orang yang memperdebatkan hal ini. Tidak hanya karena berbenturan dengan budaya, poliamori juga dianggap tabu karena kita terbiasa melihat hubungan cinta yang hanya melibatkan dua orang. Bukan tiga atau bahkan lebih. Untuk lebih mengenal poliamori, berikut ini fakta-fakta yang perlu kamu ketahui!

1. Poliamori bukan poligami ataupun open relationship

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangeverydayfeminism.com

Tanpa kita sadari, ada banyak macam hubungan romantisme di dunia. Poliamori adalah salah satunya. Banyak orang yang salah paham mengenai hubungan ini dan mengira bahwa poliamori sama dengan poligami dan open relationship.

Poliamori adalah relasi nonmonogami yang melibatkan koneksi emosional antara beberapa orang. Keputusan tersebut dilakukan dengan kesepakatan semua pihak yang terlibat. Berbeda dengan poligami yang hanya terpusat pada satu orang. Poliamori juga berbeda dengan open relationship di mana pasangan utama sama-sama memiliki kekasih lain dengan kesepakatan.

2. Bagaimana cara kerja hubungan poliamori?

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangcare2.com

Misalnya terdapat tiga orang yang terlibat dalam hubungan. Poliamori akan terjadi jika masing-masing memiliki ketertarikan dengan satu sama lain, tidak hanya terhadap satu orang.

Setiap orang harus terbuka dan jujur mengenai perasaan. Tidak hanya itu, waktu dan perasaan yang dicurahkan untuk setiap orang juga harus seimbang.

3. Rasa cemburu masih bisa muncul dalam hubungan

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangindependent.co.uk

Walaupun dilakukan dengan kesepakatan semua pihak, rasa cemburu juga akan muncul secara natural. Menjaga hubungan dengan satu orang saja sudah cukup sulit, apalagi dengan dua orang atau lebih. Oleh karena itu, dalam hubungan tersebut tidak boleh ada rahasia ataupun menjalin hubungan lebih hanya dengan satu orang saja.

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Hubungan Seks pada Hewan, Benar-benar Aneh! 

4. Ada sejumlah alasan kenapa orang memilih poliamori

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangteenvogue.com

Dilansir dari Huffington Post, terdapat sejumlah alasan orang lebih memilih untuk menjalani hubungan poliamori. Beberapa di antaranya mengaku bahwa rasa cinta yang mereka miliki tidak cukup untuk dicurahkan ke satu orang saja.

Selain itu, ada pasangan poliamori yang awalnya dimulai dari sebatas hubungan seksual tetapi akhirnya tumbuh perasaan di antara mereka. Pemberontakan terhadap nilai religius, budaya, dan ekspektasi keluarga juga menjadi alasan sejumlah orang memilih poliamori.

5. Poliamori dinilai lebih sehat daripada monogami

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Oranglotusblooms.com

Dilansir dari BBC, ada beberapa alasan yang membuat poliamori dianggap sebagai hubungan yang lebih sehat. Pertama, riset menunjukkan bahwa pasangan poliamori menjaga persahabatan yang lebih kuat di luar hubungan cinta mereka dibandingkan pasangan monogami. Dilansir dari The Cut, pasangan poliamori juga menunjukkan kepuasan, komitmen, dan rasa percaya yang lebih tinggi daripada pasangan monogami.

6. Kepuasan yang tinggi disebabkan karena komunikasi yang baik

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangexploringyourmind.com

Carrie Jenkins, penulis buku What Love Is and What It Could Be menjelaskan bahwa ada beberapa penjelasan yang relevan mengenai tingkat kepuasan yang tinggi dalam hubungan poliamori. Ini karena mereka pada umumnya memiliki perhatian lebih pada hubungan yang dijalani.

“Mereka suka memikirkan dan membicarakan hubungannya. Itu adalah hal yang baik di dalam monogami, tetapi menjadi kebutuhan dalam poliamori,” kata Jenkins dilansir dari The Cut.

7. Poliamori tidak lebih mudah daripada monogami

Ini 7 Fakta Poliamori, Hubungan Cinta Melibatkan Lebih dari Dua Orangsquarespace.com

Jika kamu mengira poliamori lebih mudah daripada monogami, kamu salah. Pada kenyataannya, banyak tantangan yang akan kamu hadapi jika memutuskan untuk menjalaninya. Mulai dari melawan norma, nilai agama, budaya, hingga mendapatkan pandangan aneh dari orang lain.

Tidak hanya berasal dari luar, tantangan juga muncul dari internal hubungan. Pertama, setiap orang dalam hubungan memiliki ekspektasi masing-masing sehingga semakin banyak orang yang harus dipuaskan. Dilansir dari Psychology Today, semakin banyak orang yang terlibat dalam poliamori, semakin besar pula kemungkinan untuk bergonta-ganti pasangan. Ini membuat adaptasi semakin sulit.

Belum lagi masalah kecemburuan yang sering kali muncul di antara pasangan. Sama seperti hubungan pada umumnya yang memiliki banyak naik dan turun, menjalani poliamori bukan berarti kamu terhindari dari masalah. Pikirkan matang-matang sebelum memutuskan ya!

Baca Juga: Mengenal Desa Unik di Bali, Pria Poligami Diasingkan di Pekarangan

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya