Comscore Tracker

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani Carvajal

Ia tertutupi kebintangan skuad mewah Real Madrid

Meski namanya tak sepopuler Karim Benzema, Vinicius Jr, ataupun Luka Modric, Dani Carvajal tetap memiliki kontribusi besar untuk Real Madrid. Bek jebolan La Fabrica ini punya kualitas hebat untuk mengawal sisi kanan pertahanan Real Madrid.

Jika dibandingkan dengan beberapa pemain Real Madrid yang pernah menggunakan nomor punggung 2, Dani Carvajal nampaknya sudah unggul dari segi prestasi dan kontribusi. Siapa sajakah para pendahulu Dani Carvajal dalam hal ini? Berikut ini ulasannya.

1. Christian Panucci

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani CarvajalChristian Panucci (asroma.com)

Christian Panucci merupakan salah satu bek sayap terbaik dalam sejarah sepak bola Italia. Dari sekian klub yang pernah ia bela, Panucci pernah berseragam Real Madrid selama 2,5 musim (1996—1999).

Saat pertama kali berseragam Los Blancos, Panucci terlebih dahulu memakai nomor 17. Nomor punggung 2 baru ia gunakan pada musim terakhirnya, yakni 1998/1999. Panucci bermain cukup impresif bersama Real Madrid dengan mencetak 6 gol dan 2 assists dari 96 laga.

2. Michel Salgado

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani CarvajalMichel Salgado (skysports.com)

Dalam daftar ini, Michel Salgado menjadi pemilik nomor punggung 2 terlama di Real Madrid. Momen tersebut terjadi sejak awal musim 1999/2000 saat ia pindah dari Celta Vigo hingga akhir musim 2008/2009 ketika ia memutuskan untuk hengkang ke Blackburn Rovers.

Tak jauh berbeda dengan Dani Carvajal, kiprah Michel Salgado juga kerap tertutupi oleh kebintangan skuad Los Galacticos. Padahal, Salgado bermain sangat apik ketika berseragam Real Madrid dengan torehan 5 gol dan 25 assists dari 371 laga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 22 Real Madrid sebelum Antonio Rudiger

3. Alvaro Arbeloa

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani CarvajalAlvaro Arbeloa (realmadrid.com)

Nomor punggung 2 di Real Madrid cukup identik dengan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Selain Dani Carvajal, Michel Salgado, dan Christian Panucci, sosok Alvaro Arbeloa juga pernah menggunakan nomor punggung ini.

Arbeloa menggunakannya pada musim 2009/2010 saja. Secara keseluruhan, Arbeloa pernah bermain selama sembilan musim untuk Real Madrid. Sebab, ia merupakan produk La Fabrica. Untuk tim masa kecilnya ini, Arbeloa sukses mengemas 238 laga dengan sumbangan 6 gol dan 15 assists.

4. Ricardo Carvalho

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani CarvajalRicardo Carvalho (twitter.com/chelseafc)

Ricardo Carvalho merupakan pemain kepercayaan Jose Mourinho. Saat melatih Real Madrid, Jose Mourinho juga membawa Ricardo Carvalho pada awal musim 2010/2011. Bek Portugal ini menggunakan nomor punggung 2 pada dua musim pertamanya.

Sedangkan pada musim 2012/2013, Carvalho justru mengganti nomornya menjadi 11. Secara garis besar, Carvalho hanya aktif bermain pada musim pertamanya. Sedangkan dua lainnya, ia menjalani peran sebagai pemain pelapis.

5. Raphael Varane

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani CarvajalRaphael Varane (realmadrid.com)

Raphael Varane cukup akrab dengan nomor punggung 5 ketika berseragam Real Madrid. Namun faktanya, ia pernah menggunakan nomor punggung 2 selama empat musim (2012—2016) pertamanya.

Bukan lagi menjadai rahasia umum bila Raphael Varane punya kiprah hebat di Real Madrid. Duetnya dengan Sergio Ramos sangatlah sulit untuk dilewati. Selama 9 musim membela Real Madrid, bek asal Prancis ini sukses mencetak 17 gol dan 7 assists dari 360 laga.

 

Memasuki musim kesembilannya bersama Real Madrid, Dani Carvajal telah mengoleksi 341 laga dengan catatan 7 gol dan 57 assists. Angka tersebut nampaknya akan bertambah dan menyusul perolehan Michel Salgado dan Raphael Varane jika ia tak mengalami kendala pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Gantikan Peran Dani Carvajal di Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya