Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FC

Memilih bermain di timnas Indonesia ketimbang Thailand

Elkan Baggott adalah pemain muda timnas Indonesia yang bermain di Gillingham FC, klub Liga 2 Inggris atau kasta keempat di sepak bola Inggris dengan status pinjaman. Tak heran jika profil Elkan Baggott dan fakta-fakta tentangnya cukup menarik untuk diulas.

Elkan dipinjamkan oleh Ipswich Town hingga akhir musim 2022-2023. Kariernya di timnas Indonesia, Ipswich Town, maupun Gillingham FC juga tidak bisa dibilang buruk.

Penasaran seperti apa sosok pesepak bola kelahiran 2002 ini? Simak fakta-faktanya melalui rangkuman profil Elkan Baggott di bawah ini, yuk!

1. Profil Elkan Baggott

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCElkan Baggott, pemain Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Berikut profil dan biodata Elkan Baggott, pesepak bola muda yang berpotensi bersinar, baik di timnas Indonesia maupun klub Inggrisnya saat ini, Gllingham FC dan Ipswich Town.

  • Nama lengkap: Elkan William Tio Baggott
  • Nama panggung: Elkan Baggott
  • Tempat, tanggal lahir: Bangkok, Thailand, 23 Oktober 2002
  • Umur: 20 tahun
  • Profesi: Pemain sepak bola
  • Posisi: Bek tengah

Pemain timnas Indonesia dengan nama lengkap Elkan William Tio Baggott ini sebenarnya merupakan kelahiran Thailand. Namun, ayah kandungnya memiliki darah Inggris, sedangkan ibunya berdarah Indonesia.

Elkan pernah bersekolah di British School of Jakarta tahun 2008. Saat itu, ia tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan. Namun, sejak 2011, ia beserta keluarganya pindah ke Inggris untuk fokus meniti kariernya sebagai pemain sepak bola profesional.

2. Lebih memilih bermain di Timnas Indonesia ketimbang Thailand

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCProfil Elkan Baggott (Instagram/elkanbaggott)

Menariknya, Elkan Baggott sebenarnya bisa saja bermain untuk timnas Thailand karena merupakan tanah kelahirannya. Selain itu, ia akan lebih mudah dalam pengurusan berkas kependudukannya.

Namun, Elkan Baggott lebih memilih untuk bermain membawa nama timnas Indonesia. Sebab, ia merasa lebih memiliki kedekatan emosional dengan Indonesia, darah dari ibunya.

Nah, yang unik adalah status Elkan Baggott di timnas bukanlah naturalisasi, seperti Cristian Gonzales atau Marc Klok. Elkan memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia sejak 9 November 2021. Tentu Elkan juga sudah memiliki e-KTP Indonesia.

3. Perjalanan karier di timnas Indonesia

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Elkan Baggott mulanya dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada bulan Juli 2020. Elkan juga dipanggil lagi untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Elkan memulai debut bermain untuk timnas Indonesia U-19 pada 11 Oktober 2020. Saat itu, timnas Indonesia menjalani pertandingan persahabatan dengan Makedonia Utara U-19.

Selanjutnya, Elkan dipercaya lagi oleh sang pelatih untuk mengikuti ajang Piala AFF 2020 di Singapura. Elkan Baggott berhasil mencetak gol pertamanya untuk Indonesia ketika mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1.

4. Bermain untuk Ipswich Town

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCInstagram.com/elkanbaggott

Profil Elkan Baggott juga dilihat dari awal mula karier sepak bolanya. Ia memulai karier sepak bola profesionalnya di Ipswich Town FC. Pada tahun 2017, Elkan mendapatkan beasiswa Professional Development Phase Scholarship dari klub asal Inggris tersebut.

Ipswich Town U-18 memberi kontrak untuk Elkan pada Juli 2019. Setelah itu, Ipswich Town U-18 sukses menjuarai Hospital Cup 2019 dengan mengalahkan Norwich City U-18 di partai final.

Seiring berjalannya waktu, pada Januari 2021, Elkan Baggott resmi menerima kontrak dari Ipswich Town selama 2,5 tahun. Sebagai pemain yang masih belia, Elkan dipinjamkan ke beberapa klub lainnya, seperti King's Lynn Town dan Gillingham FC.

5. Dipinjamkan ke Gillingham FC dan menjadi top skor

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCElkan Baggott bersama Gillingham. (instagram.com/gfcofficial)

Pada awal musim 2022-2023, Elkan Baggott dipinjamkan lagi ke klub Liga Dua Inggris atau setara dengan liga kasta keempat di Inggris, yaitu Gillingham FC. Pemain ini bermain cukup cemerlang meskipun Gillingham FC terseok-seok di posisi bawah klasemen Liga Dua Inggris musim 2022-2023.

Menariknya, meskipun Elkan Baggott berposisi sebagai bek tengah, tetapi ia menjadi top skor di Gillingham dengan mencetak 2 gol. Elkan juga menjadi kepercayaan pelatih Gillingham, Neil Harris untuk mengisi garis pertahanan. Ia selalu hampir dipasang sebagai starter dalam gelaran Liga Dua Inggris.

Kontrak Elkan di Gillingham akan berakhir pada musim 2022-2023. Selanjutnya, ia akan kembali ke Ipswich Town dengan membawa segudang pengalaman bermain yang lebih banyak. Ipswich Town juga diketahui sudah menyiapkan kontrak baru untuk Elkan Baggott.

Baca Juga: Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!

6. Pemain Indonesia pertama yang bermain di 16 besar Piala Liga Inggris

Profil Elkan Baggott, Bersinar di Timnas dan Gillingham FCGillingham. (talksport.com)

Elkan Baggott bersama Gillingham FC sukses menyingkirkan Brentford FC yang merupakan klub liga primer Inggris di babak ketiga Carabao Cup 2022-2023 lewat adu penalti dengan skor 6-5. Dengan begitu, Gillingham FC lolos ke babak 16 besar.

Padahal, Brentford FC memiliki materi skuad yang lebih solid, seperti Ivan Toney dan Mikkel Damsgaard. Namun, Brentford hanya mampu menahan imbang Gillingham dengan skor 1-1 dan kalah di babak penalti.

Elkan Baggott yang bermain penuh pada pertandingan tersebut mendapat pujian dari warganet di Indonesia. Dengan hasil pertandingan tersebut, Elkan mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di 16 besar Piala Liga Inggris.

Sebelumnya, Elkan juga menjadi pemain Indonesia yang bermain di FA Cup. Tepatnya saat Gillingham bertemu Flyde.

Demikianlah profil Elkan Baggott lengkap dengan fakta-fakta menarik seputar perjalanan karier pesepak bola muda Indonesia. Semoga kariernya makin cemerlang!

Baca Juga: Elkan Baggott Luar Biasa, Bungkam Striker Premier League

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya