Comscore Tracker

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!

Smartphone fotografi dengan harga terjangkau

Di awal tahun 2020, beberapa produsen smartphone terkemuka dunia telah merilis produk terbarunya dengan menawarkan spesifikasi mumpuni di sektor kamera. Untuk perusahaan Samsung, baru-baru ini mereka telah meluncurkan produk Samsung Galaxy A51 yang merupakan generasi terbaru dari seri pendahulunya yakni Samsung Galaxy A50. Nantinya, Samsung Galaxy A51 akan bersaing ketat dengan Realme XT yang juga ditujukan bagi konsumen yang hobi fotografi.

Sama-sama mengusung Quad kamera belakang dengan fitur-fitur yang lengkap. Inilah perbandingan spesifikasi di antara Samsung Galaxy A51 dan Realme XT, sebagai berikut :

1. Layar Samsung Galaxy A51 lebih luas

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!techradar.com

Samsung Galaxy A51 dan Realme XT sama-sama menggunakan layar premium tipe Super Amoled dengan resolusi FHD. Namun layar dari Samsung Galaxy A51 lebih unggul karena memiliki layar yang lebih luas yakni berukuran 6.5 inchi dengan resolusi 1080 x 2400 pixels serta kerapatan pixel yang mencapai 405 ppi yang membuat smartphone ini dapat menampilkan kualitas gambar yang super jernih.

Sedangkan Realme XT dibekali layar berukuran 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 pixels serta kerapatan pixel sebesar 403 ppi. Untuk keamanan layar, kedua smartphone ini telah dibekali Corning Gorillla Glass.

2. Samsung Galaxy A51 memiliki desain yang tipis

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!engnews24h.com

Meskipun dibekali layar berukuran luas namun dari segi dimensi, Samsung Galaxy A51 memiliki bodi yang lebih compact serta desain yang tipis dibandingkan dengan Realme XT. Samsung Galaxy A51 hanya memiliki ketebalan bodi 7.9 mm dengan total keselurahan dimensi 158.5 x 73.6 x 7.9 mm yang membuat smartphone ini terasa sangat nyaman saat digunakan.

Sementara itu, Realme XT memiliki bodi yang lebih tebal yakni 8.6 mm dengan total keseluruhan dimensi sebesar 158.7 x 75.2 x 8.6 mm.

3. Realme XT dibekali kapasitas Ram lebih besar

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!gsmarena.com

Di sektor dapur pacu aplikasi, kedua smartphone ini telah dipersenjatai chipset kelas atas yakni exynos 9611 untuk Samsung Galaxy A51 dan Snapdragon 710 untuk Realme XT. Namun, yang membedakan di antara keduanya adalah Realme XT mempunyai media penyimpanan aplikasi lebih besar yakni 8/128 GB yang mampu menginstal lebih banyak aplikasi dan game-game android.

Sedangkan Samsung Galaxy A51 memiliki kapasitas ram yang lebih kecil yakni sebesar 6/128GB. Untuk energi baterai, kedua smartphone ini telah dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh.

Baca Juga: Adu Spesifikasi Samsung Galaxy M40 Vs Samsung Galaxy A50, Pilih Mana?

4. Kinerja kamera depan Samsung Galaxy A51 lebih tangguh

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!deccanherald.com

Memiliki predikat sebagai smartphone kamera, performa dari kamera belakang Samsung Galaxy A51 dan Realme XT dapat dikatakan hampir seimbang. Samsung Galaxy A51 dibekali Quad kamera belakang beresolusi 48 MP PDAF + 12 MP Ultrawide + 5 MP Telephoto + 5 MP Depth Sensor. Sementara itu, Realme XT juga memiliki Quad kamera belakang 64 MP PDAF + 8 MP Ultrawide + 2 MP Macro + 2 MP Depth Sensor.

Namun untuk kamera depan, kinerja kamera dari Samsung Galaxy A51 jauh lebih unggul dengan adanya lensa beresolusi 32 MP yang dapat menghasilkan kualitas foto yang tajam. Sedangkan Realme XT hanya dibekali single kamera depan beresolusi 16 MP.

5. Kesimpulan dan harga

5 Perbandingan Fitur Realme XT VS Samsung A51, Smartphone Quad Camera!smartprix.com

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa Samsung Galaxy A51 lebih memberikan spesifikasi yang lebih baik di sektor layar, desain serta kinerja kamera depan yang handal. Akan tetapi, jika kamu menginginkan smartphone dengan media penyimpanan aplikasi yang besar, Realme XT dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Untuk harga resmi, Samsung Galaxy A51 versi 6/128 GB dijual seharga Rp 3.999.000. Sedangkan Realme XT versi 8/128 GB dibanderol dengan harga lebih murah yakni Rp 3.849.000.

Nah, itulah perbandingan spesifikasi di antara Samsung Galaxy A51 dan Realme XT yang masuk dalam jajaran smartphone kategori Mid-end yang layak kamu jadikan rekomendasi sebagai smartphone kamera di tahun 2020.


Sumber Samsung Galaxy A51 : https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_a51-9963.php

Sumber Realme XT : https://www.gsmarena.com/realme_xt-9813.php

Baca Juga: Gak Kalah Gahar! 7 HP Terbaik "Pengganti" Samsung Galaxy S20 Series

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya