Comscore Tracker

Pengertian Range dan Cell dalam Microsoft Excel, Penting Diketahui

Jangan sampai keliru, ya

Penggunaan Microsoft Excel sudah lumrah sekarang. Kita sering menggunakannya saat bekerja, sekolah, ataupun kuliah untuk mengolah dan menghitung data numerik.

Pengguna aktif Microsoft Excel juga pasti gak asing dengan istilah range dan cell. Akan tetapi, gak sedikit orang yang masih susah membedakan pengertian range dan cell dalam Microsoft Excel, lho.

Bukan hal yang aneh, mengingat keduanya hampir sama. Namun, bila dicermati lagi, keduanya cukup berbeda. Jika keliru memahami perbedaan keduanya, kita bisa salah dalam memasukkan data atau memberikan perintah pada Microsoft Excel.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk perhatikan perbedaan pengertian range dan cell dalam Microsoft Excel berikut ini.

1. Pengertian cell

Pengertian Range dan Cell dalam Microsoft Excel, Penting DiketahuiIlustrasi cell dalam Microsoft Excel (IDN Times/Ana Widiawati)

Pengertian range dan cell dalam Microsoft Excel tentu berbeda. Namun, keduanya adalah bagian penting dalam aplikasi perangkat lunak tersebut. 

Cell atau sel adalah kotak persegi panjang yang ada dalam lembar kerja (workbook) yang disatukan dalam garis horizontal dan vertikal. Cell juga dikenal sebagai unit terkecil dalam lembar kerja.

Sederhananya, cell adalah objek penyusun lembar kerja Excel. Bukan hanya satu, jumlah cell yang ada dalam lembar kerja bisa mencapai miliaran. Terhitung, ada sekitar 17 miliar cell di lembar kerja.

Kamu bisa mengisi data ke dalam cell sampai akhirnya menjadi kumpulan data yang siap diolah dan dihitung. Supaya gak membuat penggunanya bingung atau pusing, Microsoft Excel telah memberikan tanda pada setiap cell.

Meski gak terlalu terlihat, tapi setiap cell memiliki nama sendiri, lho. Coba perhatikan sisi kiri dan bagian atas cell. Kamu pasti menemukan deretan angka dan huruf bukan? Itulah nama cell, misalnya sel A1, A2, A3, B1, B2, B3, dan seterusnya.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Workbook pada Excel dengan Cepat dan Mudah

2. Pengertian range

Pengertian Range dan Cell dalam Microsoft Excel, Penting Diketahuiilustrasi range dalam Microsoft Excel (IDN Times/Ana Widiawati)

Selama ini, beberapa pengguna masih bingung dengan pengertian range dan cell dalam Microsoft Excel. Bahkan, ada pengguna yang masih menyamakan keduanya. Padahal, range dan cell berbeda.

Range atau rentang adalah kumpulan cell. Bila cell adalah kotak persegi panjang, maka kumpulan cell tersebut disebut range. Cell yang lebih dari satu sudah bisa disebut range.

Contoh range, yakni A5:A25 atau B10:B50.

Jadi, mulai sekarang jangan salah ketika menyebutkan data di cell dan range, ya. Selain itu, bentuk range pun bermacam-macam. Ada range dengan bentuk vertikal, horizontal, ganda, dan campuran.

Itulah perbedaan mendasar antara cell dan range. Mulai sekarang, ingat-ingat pengertian range dan cell dalam Microsoft Excel, ya.

Jangan sampai kamu keliru menyebutkannya. Sebelum memahami fitur-fitur lain, kamu harus memahami format dasar yang ada di Microsoft Excel.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menampilkan .00 di Microsoft Excel, Data Jadi Lebih Jelas

Topic:

  • Ana Widiawati
  • Addina Zulfa Fa'izah

Berita Terkini Lainnya