Comscore Tracker

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!

Mereka berhasil membawa Ruangguru digunakan 9 juta anak lho!

Menjadi seorang pembisnis terbilang pekerjaan yang susah-susah gampang. Mengapa demikian? Potensi keberhasilan dengan memiliki usaha sendiri tentu sangat besar, sebab selain digerakkan oleh keinginan pencapaian materi juga dipengaruhi oleh passion. Sehingga rasa lelah terkadang gak berasa.

Namun ternyata, gak selamanya usaha yang dirintis berdasarkan passion dapat berjalan mulus lho. Ada beberapa faktor yang berpengaruh besar, salah satunya mitra alias rekan yang mau diajak susah payah dari nol. Yups, bikin usaha sama sohibmu aka sahabat bisa jadi sesuatu yang sangat menguntungkan.

Contoh sukses yang ada di depan mata dan bisa ditiru adalah Ruangguru. Dirintis sejak empat tahun silam, perusahaan yang dimotori Iman Usman dan Belva Devara ini masuk dalam daftar startup terbaik di Indonesia di usia yang masih kurang dari setengah dekade. Lalu bagaimana rahasia dapur bisnis bareng sahabat ala CEO Ruangguru? Penasaran, kan? Simak deh ulasannya berikut ini.

1. Punya visi misi yang sama sejak awal

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!instagram.com/belvadevara

Pasti sudah tahu dengan jelas dong ya kalau pondasi utama sebuah usaha adalah visi dan misi. Beruntungnya, jika kamu dan sahabat ternyata memiliki tujuan hidup yang sama, maka akan mudah menemukan dan menjalankan ide bisnis. Menetapkan visi misi sejak awal juga bisa jadi cara kalian untuk saling memotivasi jika menghadapi kendala di masa yang akan datang.

"Sebelum pada berangkat ke US, gue sama Iman sudah sempat mendisikusikan ide ini (Ruangguru) sekitar tahun 2013-an deh dan kita punya pandangan yang sama untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan cara kita, gak melulu ngandelin pemerintah," jelas Belva yang ditemui di XXI Epicentrum beberapa waktu yang lalu dalam peluncuran program "Hidup sehat, yuk!" yang digagas bersama Indofood dan PDRC FKM UI.

2. Saling mengenal pola kerjaan masing-masing

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!instagram.com/belvadevara

Mungkin terlihat sepele sih, namun mengenal pola kerja sahabatmu jadi sesuatu yang penting. Dengan memahami bagaimana orang lain dapat bekerja maksimal, maka kamu bisa mengantisipasi ego manusiawi yang terkadang ingin memaksakan sesuatu yang justru dapat membuat orang lain bekerja gak nyaman.

Seperti yang dijelaskan Belva nih "saling ngelengkapin sih, gue tahu ada kerjaan yang bisa gue lakukan dengan baik dan ada kerjaan yang akan lebih excellent jika dipegang Iman." Jadi kamu sudah tahu sejak awal gimana hal yang tepat agar bisa bertumbuh bersama dengan baik dalam bisnis bersama sahabat.

BACA JUGA: Awali Tahun 2018, Ruangguru Gandeng Iqbaal Ramadhan Jadi New Brand Ambassador

3. Profesional untuk goals yang ingin dicapai

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!instagram.com/belvadevara

Meski sama orang yang telah dekat lama denganmu, namun perlu diingat bahwa kerjaan tetaplah kerjaan yang harus dilakukan secara profesional. Kamu tentu telah memahami kemampuan yang dimiliki sahabatmu, dengan demikian kalian bisa saling bersinergi mempetakan pekerjaan dengan tetap fokus akan tujuan akhir yang jadi target utama.

"Ya sistemnya teman ya teman, tapi kalau ngomongin kerjaan porsinya kita rekan bisnis," pungkas lulusan dual degree Standford dan Harvard ini.

4. Sudah saling mengenal sejak lama

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!IDN Times/Rosita A

" Gue sama Iman jarang berantem sih sejak kenal 2010-2011-an gitu, dia juga salah satu orang yang gue percaya dan kenapa gak untuk mulai sesuatu yang positif bareng kan, awalnya cuma sampingan lho eh ternyata ke sini-sini gak nyangka jadi gede," tutur Belva sembari throwback awal mula terbentuknya Ruangguru.

Keuntungan membangun bisnis bareng dengan orang yang telah kenal lama denganmu yaitu kamu sudah mengenal karakternya dengan baik dan mampu memahami ego masing-masing. Bahkan insting menyelesaikan masalah sudah terbentuk secara alami jauh sebelum kalian memulai usaha.

5. Menjaga kepercayaan satu sama lain

5 Rahasia Dapur Bisnis Bareng Sahabat ala Belva & Iman, Duo CEO muda!instagram.com/belvadevara

Trust! jadi kunci penting teman-teman millennials. Dan kepercayaan gak mudah datang begitu saja, pastinya butuh proses dan waktu yang gak singkat. Selain itu, kepercayaan juga akan membuat setiap orang dapat bekerja dengan penuh tanggungjawab dan terhindar dari "drama" kerjaan yang terkadang gak perlu.

"Yang penting itu sebenarnya kita harus bisa percaya banget sama partner kita sendiri, kayak misalnya gue ngerjain ini kek hidup gue untuk ini jadi ibarat gue juga mempercayakan hidup gue ke orang ini (Iman), gue justru gak menyarankan untuk memulai bisnis sama orang yang baru dikenal," tutup Belva.

Mereka aja bisa, jadi kamu dan sahabat kapan nih? Jangan ditunda, kata Jack Ma, sukses itu milik mereka yang gak tergantung adanya hari esok.

BACA JUGA: 7 Rahasia Sukses Ruangguru, Alternatif Millennials Bisa Belajar Asyik

Topic:

  • Rosita A.
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya