Comscore Tracker

Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online

Sadari teknologi digital jadi penyelamat di tengah pandemik

Jakarta, IDN Times - Tren berwirausaha di masa pandemik COVID-19 mau tidak mau berubah dan mengandalkan dukungan teknologi. Berbagai riset membuktikan teknologi digital membantu UMKM berkembang terutama dalam hal pemasaran. 

Digital & Growth Consultant, Jonathan End kunci sukses bagi para pelaku UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemik adalah kemampuan merespons perubahan tren. Di masa pembatasan aktivitas karena alasan keselamatan dan kesehatan seperti saat ini, masyarakat mengganti kebiasaan berbelanja dari offline ke online.

"Untuk itu, agar tetap dapat menjangkau konsumennya, UMKM perlu melakukan transformasi ke bisnis digital," kata Jonathan dalam webinar bertema 'Perempuan Pelaku UMKM: Berkembang dengan Memanfaatkan Teknologi Digital'.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan agar sukses mengembangkan usaha kamu via online

1. Kenali tantangan yang kamu hadapi sekarang

Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis OnlineIlustrasi online shop (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jonathan mengatakan pelaku UMKM juga perlu mengetahui berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis secara online. Ini penting, agar kamu bisa segera mencari jalan keluarnya dan maju terus mengembangkan usahamu.

Bagi usaha mikro, tantangan yang dihadapi biasanya terkait ketidaksiapan sumber daya manusia (SDM). Misalnya, masih gaptek dalam mengoperasikan teknologi baru. Kamu bisa mengatasinya melalui pelatihan-pelatihan tentang pemanfaatan digital platform untuk berbisnis. 

Kedua, dana belum memadai. Ini juga masih menjadi tantangan dalam mengembangkan bisnis. Penggunaan teknologi sesungguhnya bisa membuat kamu menghemat banyak biaya, misalnya dalam pemasaran. Dengan begitu, dana yang terbatas pun bisa kamu alokasikan untuk pos lain.

Baca Juga: Tips untuk Kamu yang Ingin Berhasil Mencoba Bisnis Rumahan

2. Jangan kalah cepat dalam beradaptasi dan berinovasi

Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis OnlineUMKM di Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
  • Pria yang juga seorang content creator itu mengatakan tantangan selanjutnya adalah banyaknya persaingan di dunia usaha. Untuk itu, para pelaku UMKM dituntut untuk memiliki business mindset dan jiwa kompetitif yang kuat agar tidak kalah cepat dengan pelaku usaha lain.

Salah satu yang musti cepat dilakukan adalah beradaptasi dengan situasi ini dengan mengembangkan inovasi. 

"Daya kreativitas yang terus diasah sangat penting agar dapat beradaptasi dan melakukan berbagai inovasi dalam menghadapi persaingan di bisnis online,” imbuh dia.

3. Harus percaya diri untuk bisa beradaptasi

Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis OnlineDanone-Indonesia bekerja sama dengan Google Indonesia melalui program Women Will memberikan dukungan edukasi literasi digital kepada mitra mikro bisnisnya seperti AQUA Home Service dan Warung Anak Sehat (Dok. Danone Indonesia)

Senada dengannya, Product Marketing Manager Google Indonesia Dora Songco menilai para pelaku UMKM juga perlu melakukan adaptasi dan inovasi dengan cepat. Dengan cara tersebut, para pelaku usaha kecil ini diyakini mampu mengubah bisnisnya dengan baik.

Namun, menurutnya, hal yang bisa menghambat seseorang dalam beradaptasi itu adalah rasa percaya diri. Sebuah riset Google menunjukkan bahwa pelaku usaha terutama perempuan, masih kurang pede menggunakan akun di platform digital untuk berjualan. 

"Percaya diri, mau belajar, dan soal bisa berdaptasi terhadap apa yang ada," kata dia.

Baca Juga: Jadi Mentor bagi Calon Wirausaha Muda, Ini Cerita Duta Petani Asal Malang

4. Ikuti pelatihan

Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis OnlineWebinar Danone x Google bertema “Perempuan Pelaku UMKM: Berkembang dengan Memanfaatkan Teknologi Digital (Dok. Danone Indonesia)

Dora menjelaskan, melalui program Women Will, sebuah inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi perempuan di seluruh dunia, pihaknya ingin menciptakan peluang ekonomi bagi perempuan di seluruh dunia.

"Silakan cek website kami di g.co/growindonesia untuk melihat informasi pelatihan yang kami berikan kepada pelaku UMKM perempuan dimana mereka dapat menjalankan usahanya dari rumah sambil menerapkan ilmu pemasaran secara digital untuk memperluas pasar sehingga dapat mengoptimalkan bisnis mereka," jelas dia

Baca Juga: Ini 4 Tips untuk Tingkatkan Omzet bagi Usaha Kecil di 2021

Topic:

  • Anata Siregar
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya