Comscore Tracker

Rencana Bank Mandiri untuk Segmen Fintech di 2019

Gebrakan seperti apa yang akan dilakukan Bank Mandiri?

Jakarta, IDN Times – Bank Mandiri memaparkan rencana mereka terkait financial technology (fintech). Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Bank Mandiri bersama BUMN lainnya akan menerapkan sistem pembayaran QR dari segi payment bersama Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Mandiri, BRI, dan BNI.

“Bersama beberapa BUMN seperti Telkom, Pertamina dan satu fintech baru yg nanti akan fokus pada sistem pembayaran berbasis QR,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Plaza Mandiri Jakarta, Senin (7/1).

“Itu sudah sepakati dan rencananya akan matangkan di Q1 2019 kita akan launching,” imbuhnya.

Baca Juga: OJK Meminta LBH Jakarta untuk Membagi Data Korban Fintech Nakal

1. Mengembangkan Mandiri Capital Indonesia

Rencana Bank Mandiri untuk Segmen Fintech di 2019IDN Times/Helmi Shemi

Bank Mandiri juga akan terus mengembangkan Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang sudah dibentuk dalam 3 tahun terakhir dengan nilai investasi mencapai Rp800 miliar.

Salah satu yang akan dilakukan adalah menambah modal pada MCI. “Jadi cukup banyak dan beragam fintech yang kita kembangkan. 2019 ini tentu kita ingin tambahkan modal di MCI,” ujarnya.

2. Tujuan menambah modal MCI

Rencana Bank Mandiri untuk Segmen Fintech di 2019Rupiah di Bank Indonesia (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Tujuan menambah modal pada MCI adalah karena Bank Mandiri ingin lebih banyak integrasi kolaborasi antara bisnis perbankan dengan bisnis fintech.

”Kita coba untuk penetrasi segmen-segmen yang belum kita sentuh di fintech ini,” ujar pria yang akrab disapa Tiko ini.

3. Channeling ke PT Amartha

Rencana Bank Mandiri untuk Segmen Fintech di 2019IDN Times/Helmi Shemi

Salah satu contohnya penambahan modal yang dilakukan Bank Mandiri adalah dengan channeling ke PT Amartha.

“Di Mandiri kan gak masuk karena size-nya sejuta, dua juta. Kita sekarang mulai lakukan channeling ke Amartha sehingga kita masuk ke ultra mikro ,tapi tidak menggunakan vehicle Mandiri. Jadi, Amartha sebagai vehicle untuk lakukan chanelling loan di mikro,” paparnya.

4. Penunjukkan direktur baru

Rencana Bank Mandiri untuk Segmen Fintech di 2019IDN Times/Helmi Shemi

Bank Mandiri resmi menunjuk Riduan Ahmad sebagai Direktur Commercial Banking. Penunjukkan Riduan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Riduan ditunjuk mengembangkan segmen komersial Bank Mandiri yang punya potensi besar.

“20 persen dari total kredit Bank Mandiri memang ada di segmen ini. Diharapkan dengan penunjukkan direktur yang menangani khusus komersial banking ini bisnis komersial banking ke depan bisa tumbuh lebih sehat lagi,” kata Tiko.

Baca Juga: OJK Terbitkan Aturan untuk Payungi Industri Fintech

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You