Comscore Tracker

Ada Lebih dari 200 Lowongan Kerja di BFN 2021, Yuk Daftar!

BFN 2021 berlangsung 11 November-12 Desember 2021

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Pandu Sjahrir mengungkapkan bakal ada lebih dari 200 lowongan kerja dalam pagelaran Bulan Fintech Nasional (BFN) 2021 yang digelar pada 11 November hingga 12 Desember mendatang.

"Bulan Fintech Nasional juga menghadirkan Virtual Job Fair. Terdapat 209 lowongan pekerjaan dari 46 perusahaan bagi mereka yang tertarik berkarir di industri keuangan digital di Indonesia," kata Pandu dalam media briefing secara virtual, Senin (8/11/2021).

Adapun, posisi yang dibuka pada lowongan kerja selama BFN 2021 di antaranya dalam bisnis digital, pemasaran digital, dan analisis data.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Keuangan Digital Masyarakat, AFTECH Gelar BFN 2021

1. BFN digelar untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital

Ada Lebih dari 200 Lowongan Kerja di BFN 2021, Yuk Daftar!Ilustrasi Fintech (IDN Times/Arief Rahmat)

Gelaran BFN 2021 bakal dilaksanakan AFTECH berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).

BFN sendiri merupakan rangkaian acara yang menjadi wadah bagi pemerintah atau regulator, startup fintech, dan stakeholder lainnya di ekosistem keuangan digital Indonesia, termasuk platform e-commerce untuk melakukan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui adopsi fintech.

mengatakan kegiatan BFN dilaksanakan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat mengingat keberadaan fintech di Indonesia sudah semakin meluas.

"Penyelenggaraan BFN jadi upaya industri, regulator, dan stakeholder meningkatkan edukasi dan literasi keuangan digital," ujar Pandu.

Baca Juga: Terbaru, Ini Daftar 104 Fintech yang Berizin OJK 

2. Beragam kegiatan dalam BFN

Ada Lebih dari 200 Lowongan Kerja di BFN 2021, Yuk Daftar!Ilustrasi Fintech (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFTECH, Budi Gandasoebrata memaparkan beragam kegiatan di dalam BFN nanti.

"Kami adakan webinar dan expert panel yang mencakup inovasi keuangan dan sistem pembayaran, pemulihan ekonomi nasional, bansos, dan sistem pembayaran. Jadi, memang dapat kami sampaikan ini bukan program biasa, ini wujud kerja kolaborasi industri dengan pemerintah dan regulator," kata dia.

Selain itu, tanggal 11 November juga akan ditetapkan sebagai Hari Fintech Nasional atau berbarengan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

3. AFTECH resmikan peluncuran situs cekfintech.id

Ada Lebih dari 200 Lowongan Kerja di BFN 2021, Yuk Daftar!Ilustrasi Fintech (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam pembukaan BFN 2021 pada 11 November nanti AFTECH juga turut meresmikan peluncuran situs www.cekfintech.id dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan regulator.

Pandu mengatakan, peluncuran situs tersebut agar semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui layanan fintech yang memiliki izin resmi dari OJK.

"Situs www.cekfintech.id merupakan wujud nyata dari komitmen industri fintech terhadap pemberantasan pinjol illegalyang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui legal atau tidaknya suatu aplikasi pinjol, menampilkan daftar penyelenggara fintech dengan status tercatat/terdaftar/berizin dari BI/OJK/Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beserta sosial media resmi mereka, serta untuk melakukan pengecekan apakah nomor rekening yang digunakan oleh pinjol terlibat dalam tindak kejahatan," tutur Pandu.

Baca Juga: Pemerintah Godok UU Fintech, Bakal Atur Sanksi untuk Pinjol Ilegal

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya