Comscore Tracker

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunai

Tenang, kamu gak akan kalap belanja kok!

Di era digital sekarang ini, semakin banyak teknologi yang bermunculan di dalam segala aspek. Salah satunya adalah transaksi tanpa menggunakan uang tunai, atau yang biasa kita sebut e-payment.

Ternyata transaksi ini mempermudah cara pembayaran di zaman sekarang ini. Tidak hanya cepat dan praktis saja, banyak keuntungan lain dari menggunakan transaksi non-tunai. Yuk, simak di sini.

1. Lebih efisien

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunaiYoutube.com/Telkomsel

Pembayaran dengan sistem non-tunai mempermudah cara pembayaran karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, pembayaran non-tunai juga sangat cepat dilakukan karena bisa menggunakan kartu debet/kredit atau bisa menggunakan tap-payment

Pembayaran menggunakan kartu debet/kredit pasti sudah biasa digunakan oleh masyarakat sekarang untuk transaksi offline maupun online. Untuk pembayaran menggunakan tap-payment di Indonesia juga sudah dapat digunakan, salah satunya menggunakan uang digital dari Telkomsel yang bernama TCASH. Pastinya kalian sudah pernah mendengarnya kan?

Dengan menggunakan uang digital seperti TCASH ini tentunya akan lebih mudah dan praktis sehingga akan membuat waktu kita lebih efisien. Selain itu banyak diskon dan promo yang ditawarkan oleh TCASH sendiri. Bagi kamu yang belum punya mungkin bisa mencobanya.

2. Keamanan terjamin

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunaiPixabay/JETSHOOT

Dengan transaksi non-tunai ini pastinya semua terjamin keamanannya karena terjamin dengan sistemn password atau nomor pin yang dapat kita atur sendiri. Sehingga hanya kita pemilik aslinya saja yang dapat menggunakannya. Tentu saja jangan memberikan password atau nomor pin kamu ke orang lain, ya kalau tidak ada alasan khusus.

3. Pengeluaranmu bisa dibatasi

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunaitender-retail.acceo.com

Pernah kan kamu sewaktu liburan atau keluar bareng teman-temanmu, pengeluaranmu jadi membengkak dan kamu lupa untuk apa saja? 

Nah dengan transaksi non-tunai, kamu bisa melihat transaksimu yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa membatasi pengeluaranmu juga dengan cara mengisi uang digitalmu sesuai budget yang sudah kamu tentukan. Kalaupun kamu menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa memberikan limit maksimal untuk pengeluaran kartu kreditmu dalam sebulan.

4. Mencegah korupsi

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunaiburst.shopify.com

Penggunaan transaksi non-tunai juga dapat mencegah korupsi lho! Jika kamu menggunakan uang tunai, bisa saja uang yang kamu bayarkan itu masuk ke kantong dari oknum pegawai yang tidak bertanggung jawab.

Dengan transaksi non-tunai, uang yang kamu bayarkan akan langsung masuk ke rekening perusahaan atau pemilik usaha langsung. Jadi secara tidak langsung kamu mendukung pemerintah untuk mengurangi korupsi di negara kita lho!

5. Sudah banyak merchant yang menerima pembayaran non-tunai

Jangan Ragu, Ini Lho 5 Keuntungan Transaksi Non-tunaimoneycrashers.com

Sekarang ini sudah banyak merchant yang menerima pembayaran non-tunai. Dengan begitu, transaksimu akan lebih mudah dan cepat tanpa harus mengantri panjang. 

Selain itu biasanya merchant-merchant yang menerima transaksi non-tunai tersebut juga mengadakan promo ataupun diskon bagi konsumennya. Contohnya, jika kamu membeli makanan atau minuman di McDonald's dan melakukan pembayaran menggunakan uang digital TCASH kamu bisa mendapatkan diskon 20% dari total pembayaranmu.

Bagaimana, kamu tertarik menggunakan uang non-tunai?

Deddy Tantoroputro Photo Writer Deddy Tantoroputro

Nulis yuk!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya