Comscore Tracker

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahu

Buat masa depan kita

Sebagai anak muda, kamu tentu sudah mulai berpikir untuk berinvestasi. Tapi sebagai pemula, bisa jadi kamu bingung mau investasi apa yang kira-kira cocok dengan tujuan kamu. Apakah itu investasi jangka pendek, jangka panjang, investasi untuk menyiapkan diri di hari tua, dan lain sebagainya. Nah, supaya kamu gak bingung, yuk mengenal lebih jauh lima jenis investasi berikut ini:

1. Investasi saham

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahuxpartan.es

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati, lho. Dengan memiliki saham, kita berarti memiliki sebagian aset suatu perusahaan. Kepemilikan tersebut tentu mampu mendatangkan keuntungan jika kinerjanya bagus. Sebaliknya, risikonya juga bisa mendatangkan kerugian jika kinerja perusahaan sedang buruk. Nah, buat kamu yang ingin memulai investasi saham, kamu harus punya kemampuan untuk menganalisis kira-kira perusahaan mana yang memiliki prospek bagus supaya bisa menguntungkan, sesuai dengan tujuan awal kamu.

2. Reksa dana

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahumurraycoulterandassociates.com

Gampangnya, reksa dana adalah jenis investasi di mana dana kamu merupakan dana gabungan dari investor lain seperti kamu. Berbeda dengan saham di mana kamu mengelola sendiri, reksa dana dikelola oleh manajer investasi.

3. Properti

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahuaptmags.com

Dengan berinvestasi di properti, berarti kamu membeli tanah atau bangunan yang nyata, seperti rumah, ruko, apartemen, atau tanah kosong. Nah, salah satu keutungan dari investasi properti adalah harganya yang cenderung terus naik. Mengingat, kebutuhan manusia akan lahan bertambah, namun lahan kosong semakin berkurang.

Salah satu properti yang kali ini sedang marak dibicarakan adalah Kota Baru Meikarta, sebuah proyek besar yang dibangun Lippo Group senilai Rp278 triliun yang berlokasi di Cikarang. Untuk hunian sendiri, Meikarta membangun apartemen dengan desain yang berbeda, mulai dari tipe Amerika, Eropa, Asia dan Modern.

Untuk tahap pertama, dbangun lahan seluas 500 hektar, Meikarta akan memiliki gedung pencakar langit, mulai dari office tower, apartemen, shopping mall, rumah sakit, sekolah, hingga hotel. Nah, buat kamu yang berencana untuk berinvestasi properti, Meikarta bisa jadi pilihan yang cocok, nih.

4. Valuta asing

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahushareaction.org

Valuta asing atau valas merupakan jenis investasi di mana kamu membeli mata uang asing, dengan harapan suatu saat nilai tukarnya akan naik dan bisa kamu jual. Salah satu keuntungannya, jika suatu saat nilai rupiah sedang turun, nilai tukar mata uang asing yang kamu miliki jadi meningkat sehingga kamu punya pegangan.

5. Obligasi

Buat Anak Muda, Ini 5 Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahuauraalliance.com

Tahukah kamu, di Indonesia obligasi merupakan jenis investasi yang paling terkenal setelah saham. Dengan membeli obligasi, singkatnya kamu meminjamkan uang kepada suatu perusahaan atau pemerintah. Nantinya, instansi tersebut akan mengembalikan uang kamu ditambah bunga. Pembayaran tersebut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam 6 bulan atau satu tahun.

Nah, itu tadi lima jenis investasi yang perlu kamu ketahui. Pastinya, sebelum berinvestasi kamu harus tahu juga tujuan berinvestasi untuk apa. Jadi, mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi gak, nih?

Topic:

Just For You