Comscore Tracker

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!

Bitcoin bisa dipakai buat apa saja sih?

Jakarta, IDN Times – Semakin banyak orang Indonesia yang melakukan investasi di cryptocurrency seperti Bitcoin. Hal ini dipengaruhi sejumlah faktor, yang salah satunya adalah potensi untung besar dari berinvestasi di crypto terpopuler ini.

Namun demikian, ternyata Bitcoin bukan hanya dapat dibeli dan disimpan untuk investasi. Seperti artinya, yakni mata uang digital, ternyata Bitcoin juga bisa digunakan untuk bertransaksi layaknya uang yang kita gunakan sehari-hari. Meski begitu, transaksi menggunakan Bitcoin masih terbatas dalam sejumlah hal.

Selain dapat digunakan sebagai alat transaksi, berikut adalah kegunaan lainnya dari Bitcoin yang perlu diketahui, khususnya bagi kita yang masih pemula agar bisa dengan bijak menggunakan Bitcoin yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Negara yang Melegalkan Penggunaan Bitcoin

1. Transaksi jual-beli Bitcoin

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!Ilustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Cara menggunakan Bitcoin yang pertama adalah dengan melakukan transaksi jual-beli Bitcoin. Namun, untuk dapat melakukan ini, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke exchange atau bursa cryptocurrency.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan transaksi jual-beli Bitcoin, perlu untuk cermat dan teliti memperhatikan harga Bitcoin yang sangat fluktuatif. Baiknya, beli Bitcoin ketika nilainya sedang turun dan jual ketika harganya sedang naik dan tinggi.

2. Investasi jangka panjang

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!Pexels/Moose Photos

Bitcoin juga bisa untuk investasi jangka panjang. Belakangan ini telah banyak investor yang mengalihkan dananya ke Bitcoin karena potensi keuntungan yang sangat tinggi yang bisa diperoleh dari kepemilikan Bitcoin. Di sisi lain, proses transaksi juga pergerakan harga Bitcoin biasanya transparan.

Selama masa pandemik COVID-19 di tahun 2020, tercatat harga Bitcoin semakin meningkat, dan hal tersebut terus berlangsung hingga saat ini. Maka dari itu, Bitcoin sangat potensial dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

3. Gunakan untuk beramal

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!Ilustrasi Bitcoin (ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier)

Selain sebagai investasi, Bitcoin juga dapat digunakan untuk beramal. Saat ini, sudah tersedia beberapa organisasi yang menerima Bitcoin untuk aksi kemanusiaan, misalnya Save the Children, The Water Project, Red Cross, Unicef dan masih banyak organisasi kemanusiaan lainnya.

Dengan semakin banyaknya organisasi kemanusiaan yang menerima Bitcoin untuk beramal, hal ini semakin menarik minat banyak orang untuk memainkan Bitcoin itu sendiri.

4. Membeli barang secara online

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!ilustrasi bitcoin (unsplash.com/Thought Catalog)

Cara menggunakan Bitcoin selanjutnya yakni bisa dipakai untuk membeli barang secara online.

Meskipun di Indonesia penggunaan Bitcoin untuk membeli barang masih ilegal, namun ada beberapa hal yang bisa dibeli secara online menggunakan Bitcoin. Itu termasuk game, film dan aplikasi. Selain itu, Bitcoin juga bisa dipakai untuk berbelanja di marketplace internasional seperti Amazon.

5. Pembayaran subscription

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!Ilustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Toru Hanai)

Subscription atau langganan merupakan cara pembayaran online yang digunakan untuk berbagai layanan, seperti film, musik dan tayangan lainnya. Saat ini, pembayaran beberapa subscription telah dapat dilakukan dengan Bitcoin.

Layanan online seperti jaringan VPN, registrasi nama domain dan penyedia layanan internet juga telah bersedia menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Hal ini semakin memperluas kegunaan Bitcoin itu sendiri.

6. Membeli gift card

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!Bitcoin (Pixabay/tom bark)

Sudah sejak lama, tradisi memberikan gift card atau kartu hadiah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini juga kita bisa membeli kartu hadiah dan diberikan kepada kerabat atau sejawat dengan menggunakan Bitcoin.

Ada banyak situs yang telah bersedia menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, seperti Egifter dan Gyft.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Mata Uang Kripto, Bitcoin dan Blockchain

7. Membeli produk ritel

7 Cara Menggunakan Bitcoin, Wajib Tahu sebelum Beli!pixabay/MichaelWuensch

Jika beberapa cara menggunakan Bitcoin di atas terasa sangat asing dan tidak begitu dekat dengan kebutuhan sehari-hari, maka penggunaan Bitcoin satu ini akan membuat kita semakin yakin untuk memainkan Bitcoin.

Bitcoin telah dapat digunakan untuk membeli beberapa produk ritel. Bitcoin bisa digunakan membeli produk ritel di toko online seperti Amazon, Starbucks dan Target untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya