Comscore Tracker

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listrik

Jangan boros listrik lagi, ya!

Di zaman modern seperti saat ini, kita gak bisa lepas dari kebutuhan akan listrik. Kita butuh listrik untuk menunjang kehidupan sehari-hari, mulai dari menyalakan lampu, mengisi daya berbagai perangkat gadget, menyalakan alat-alat elektronik, dan untuk keperluan lainnya. Sebagai salah satu "barang" yang sangat penting untuk masyarakat luas, kamu harus menghemat penggunaan listrik mengingat sumber daya energi bumi semakin terbatas.

Berikut ini beberapa manfaat kalau kamu hemat listrik!

1. Menghemat pengeluaran

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listrikfreepik.com/pimnana

Dengan hemat listrik, tentunya biaya tagihan listrik bulananmu menjadi lebih ringan. Sebaliknya semakin boros konsumsi listrik, semakin besar tagihan listrik yang harus kamu bayar. Daripada boros listrik, mending uangnya dipakai untuk keperluan lain yang lebih penting, bukan?

2. Menjaga performa barang elektronik

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listrikcontrol4.com

Menghemat listrik juga berarti kamu memelihara barang elektronik supaya gak cepat rusak dan berumur panjang. Misalnya, AC yang menyala terus terusan bisa membuat AC tersebut penuh dengan debu atau kotoran sehingga kinerjanya terganggu.

Contoh lain adalah lampu. Dengan mematikan lampu, maka kamu bisa menghemat umur lampu tersebut. Semakin sering kamu menyalakan lampu, semakin berkurang umur lampu tersebut. Kamu pun jadi harus beli lampu baru dan mengeluarkan biaya lagi.

Baca Juga: 5 Motivasi Agar Kamu Bisa Lebih Hemat, Ingin Hidup Tenang Kan? 

3. Menghindari risiko arus pendek listrik

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listrikblogs.sw.siemens.com

Arus pendek listrik atau korsleting bisa menyebabkan kerusakan berbagai alat elektronik, bahkan kebakaran. Korsleting bisa terjadi saat ada kabel listrik yang rusak. Kamu bisa menghindari terjadinya korsleting dengan mematikan alat-alat elektronik saat sedang gak digunakan.

4. Membantu mengurangi polusi udara

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listriknrdc.org

Pembangkit listrik di Indonesia umumnya masih menggunakan bahan bakar fosil. Hasil pembakarannya menghasilkan polutan udara serta gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Semakin tinggi pemakaian listrik, semakin besar emisi karbon yang dihasilkan.

Dengan menghemat listrik, berarti secara gak langsung kamu sudah berkontribusi menghemat konsumsi bahan bakar fosil serta mengurangi polusi udara dan perubahan iklim.

5. Berkontribusi terhadap penurunan cadangan bahan bakar fosil di alam

Gak Cuma Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Hemat Listrikcpacanada.ca

Pembangkit listrik di Indonesia umumnya masih menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara. Di alam, jenis bahan bakar tersebut gak bisa diperbarui (non-renewable).

Lama kelamaan, bukan gak mungkin cadangan bahan bakar fosil tersebut akan habis. Dengan menghemat konsumsi listrik, maka kamu juga berperan mengurangi habisnya sumber daya bahan bakar fosil.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat hemat listrik yang perlu kamu tahu. Mulai sekarang, apa kamu sudah mantap untuk menerapkan hemat listrik?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik. Di rumah, kamu juga harus mematikan barang elektronik, seperti TV atau komputer setelah selesai digunakan. Setelah itu, pastikan kamu melepas kabel barang elektronik tersebut dari colokan listrik. Meski barang elektronik sedang dalam keadaan mati, kabel yang masih menancap di colokan akan terus menyerap energi.

Selain itu, kamu bisa mematikan lampu ketika siang hari atau ketika tidur. Kalau kamu memakai AC, pastikan ruanganmu tertutup rapat sehingga AC bisa bekerja maksimal dan menghemat daya. Kalau kamu punya kulkas, sebisa mungkin jangan isi sampai penuh karena daya yang diperlukan akan semakin besar. 

Baca Juga: 5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda Motor

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya