6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liye

Karena seperti itulah petarung sejati 

Raib merupakan salah satu dari tiga karakter utama di serial novel dunia paralel karya Tere Liye atau lebih dikenal dengan serial bumi. Seri novel ini bercerita tentang tiga orang remaja yang masih duduk di bangku SMA yang berpetualang bersama menuju dunia paralel. Berkali-kali mereka bertiga berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran. Selain memiliki berbagai macam kekuatan mengagumkan, ketiganya juga memiliki sifat-sifat yang berbeda dari kebanyakan orang.

Dengan remaja sebagai target bacanya, Tere Liye banyak menyisipkan banyak nilai-nilai moral ke dalam seri novel tersebut. Untuk kamu yang suka atau sudah membaca seri novel ini pasti tidak asing lagi dengan sosok Raib Si Putri Bulan. Berikut sikap yang bisa kamu tiru dari karakter tersebut.

1. Jujur 

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexels/Andrea Piacquadio

Terdengar klise tapi sifat yang satu ini adalah sifat yang sangat menonjol dari Raib. Salah satu contohnya adalah dalam mengerjakan tugas sekolah yang meskipun kadang tidak dia mengerti namun tetap mengerjakan semampunya. Di novel pertama (Bumi) digambarkan bagaimana Raib tetap mengerjakan PR matematikanya walau terkadang masih kesulitan hingga hanya mendapatkan nilai 3 atau 4 saja. Jujurlah melakukan sesuatu, sekecil apa pun itu.

2. Berani mengambil risiko

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexel/Gustavo Fring

Dalam hidup ada kalanya kita takut melakukan sesuatu atau mamulai hal baru. Namun kita tidak akan pernah sampai ke tujuan jika terus menuruti ketakutakan itu. Raib dan kawan-kawannya tidak akan bisa menjelajahi dunia paralel tanpa berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman.

3. Menghornati orang yang lebih tua

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexel/Gustavo Fring

Bahkan kepada musuh sekalipun. Pada novel keempat (Bintang), ketika Ali beranekdot tentang musuh mereka, Raib dan Seli tetap menganggap hal tersebut tidak sopan. Menghormati orang yang lebih tua telah diajarkan sejak kita masih kecil tapi sekarang ini bisa dikatakan mulai menghilang karena banyaknya pengaruh baik dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 9 Editan Pesohor Dunia Kagumi Novel Tere Liye, Ada Putin hingga Trump!

4. Bertanggung jawab dengan keputusannya

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexel/mentatdgt

Berpetualangan ke dunia paralel bukanlah hal yang mudah. Terkadang dalam perjalanan, Raib dan teman-temannya dihadapkan dengan berbagai masalah yang mengharuskan mereka memilih salah satu dari berbagai pilihan. Tidak jarang pula mereka sampai bertengkar karena hal tersebut. Di dunia nyata juga seperti itu. Kita sering kali dihadapkan dengan berbagai pilihan yang rumit. Namun memilih kemungkinan yang terbaik dan siap menerima risikonya adalah salah satu cara Raib dalam menyelesaikan setiap yang mereka jumpai.

5. Pantang menyerah

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexel/Andrea Piacquadio

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, akan selalu ada banyak penghambat atau masalah yang akan kita temui dalam mengejar tujuan. Sekali membuat keputusan atau rencana, Raib tidak pernah berpikir sedikit pun untuk berputar arah meski kadang merasa jenuh atau sampai stres. Sikap ini juga harus dibarengi dengan optimisme yang kuat agar tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah yang begitu berat.

6. Setia kawan

6 Sikap yang Patut Kamu Tiru dari Tokoh Raib di Serial Bumi Tere Liyepexel/Helena Lopes

Kalau yang satu ini bukan hanya Raib, tetapi kedua sahabat dekatnya Seli dan Ali juga memiliki sikap ini. Dengan kesetiakawanan, mereka bertiga terus bisa melengkapi satu sama lain hingga menjadi salah satu petualang dunia paralel yang terkuat. Ingat peribahasa yang mengatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”? seperti inilah konsep dari persahabatan mereka bertiga

Sebenarnya masih banyak sikap yang bisa kamu teladani dari ketiga karakter utama novel serial dunia paralel dari Tere LIye. Beberapa di atas adalah karakter khas dari tokoh Raib. Untuk kamu yang sudah membaca semua bukunya, sikap-sikap tersebut seharusnya bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu.

Baca Juga: 7 Serial Novel 'Bumi' Karya Tere Liye yang Harus Kamu Baca

Nur Riona Photo Writer Nur Riona

A girl who loves words, music, and cat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya