Comscore Tracker

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!

Makanan Gorontalo semuanya enak lho #LokalIDN

Gorontalo sering dikunjungi karena wisata baharinya yang begitu indah dan kulinernya yang menggugah. Bukan saja makanan berat, tentu pengunjung akan tertarik untuk menikmati camilan dan kue-kue khas daerah. 

Camilan dan kue bisa kamu nikmati saat sedang dalam perjalanan selama berkeliling kota lho. Nah, berikut kue dan camilan khas Gorontalo yang bisa menemani waktu senggangmu dalam perjalanan. Simak yuk! 

1. Tili Aya

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/estrirsari

Kue satu ini akan dengan mudah kamu temukan di tiap sudut kota Gorontalo yaitu tili aya. Berbahan dasar gula merah, kue ini punya resep yang sangat sederhana lho. 

Gula merah cukup dikukus dalam wadah dan campurkan santan ke dalamnya, tunggu beberapa saat dan siap untuk disantap. Rasa manis gula merah bercampur gurihnya santan bikin gak bisa berhenti makan deh! 

2. Kue Tobu'u

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/indahk1983

Kue satu ini punya bahan yang cukup banyak dan cara membuat yang cukup lama. Bahan utamanya adalah tepung beras, beras pulo, santan, susu cair, dan buah nangka yang telah diiris. 

Wadahnya menggunakan daun pkamun yang telah dibentuk. Mengukus adonan kue ini dilakukan berlapis-lapis untuk hasil yang sempurna. Rasa yang dihasilkan begitu legit dan manis lho! 

3. Kue Cara Isi

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/foodhunter.plw

Kue favorit warga Gorontalo yang sering disajikan saat sore adalah kue cara isi. Adonannya hanya perlu menggunakan tepung terigu, telur, gula, dan santan yang dicampurkan. 

Dan untuk isiannya menggunakan ikan tongkol yang dikukus lalu disuwir, cabe merah dan daun sup sebagai pelengkapnya. Cita rasa lezat ikan tongkol dan adonan manis bikin pengin nambah terus lho. 

Baca Juga: 7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-mu

4. Duduli

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/putri71_gallery

Kalau di Garut ada dodol, di Gorontalo juga punya duduli lho. Hampir sama dengan dodol, duduli terbuat dari gula merah yang dicampur dengan ketan dan santan. 

Teksturnya yang lengket sehingga menggunakan daun woka sebagai pembungkus dan juga untuk menambah cita rasanya. Duduli selain dinikmati di Gorontalo juga sering dijadikan buah tangan lho. 

5. Kue Popolulu

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/tienolii.29

Kue berbentuk bola-bola ini selain punya rasa manis yang legit dan gurih juga punya nama yang unik yaitu popolulu. Kue ini terbuat dari ubi merah yang dicampur dengan gula merah dan dibentuk bola-bola kecil. 

Setelah itu, dibalur dengan tepung lalu digoreng sampai matang. Popolulu bisa jadi teman kamu bersantai bersama dengan segelas teh atau kopi di sore hari. 

6. Keripik Kasubi Pahangga

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!ceroboh. com

Kali ini ada camilan renyah bagi kamu penggemar keripik. Keripik kasubi pahangga ini terbuat dari singkong lho. Campuran gula merah yang meleleh menjadi topping dari keripik satu ini. 

Gurihnya singkong dan manisnya gula merah akan menyatu dan langsung lumer di mulut kamu. Keripik satu ini juga sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Gorontalo. 

7. Kue Sabongi

7 Kue dan Camilan Nikmat Khas Gorontalo, Wajib Coba Saat Berkunjung!instagram/dapoer_sriwidi

Meskipun sering disamakan dengan kue combro, kue sabongi khas Gorontalo memiliki isian yang berbeda lho. Bahannya terbuat dari ketela yang diparut dan diisi dengan pisang raja yang telah dipotong-potong kecil. 

Meskipun kue ini sangat sederhana tapi rasanya begitu gurih dan bertekstur renyah. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan kue ini di pinggir jalan kota Gorontalo. 

Nah, itulah beragam kue dan camilan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Gorontalo. Mana nih yang bikin penasaran? 

Baca Juga: 5 Kue Tradisional Khas Kota 'Angin Mamiri' Makassar, Tertarik Mencoba?

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya