Comscore Tracker

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia 

Tampilannya saja sudah bikin candu 

Nasi merupakan makanan yang menjadi favorit oleh penduduk Asia. Mulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga Asia Timur. Dengan kata lain, ternyata nasi memang tak hanya lazim di Indonesia.

Di negara tetangga, tepatnya Malaysia, hidangan nasi pun menjadi santapan umum. Nasi tersebut terdiri dari aneka kreasi olahan. Salah satu yang unik adalah nasi kerabu. Di bawah ini adalah ulasannya, yuk langsung disimak!

1. Nasi kerabu memiliki keterkaitan dengan kuliner Thailand bernama khao yam

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia nasi kerabu (instagram.com/nrsulastri)

Usut punya usut, nasi kerabu dijumpai di Thailand selatan dan di Semenanjung Malaysia. Di Thailand, nasi kerabu umum ditemui di wilayah Pattani dan Yala. Sedangkan di Malaysia, nasi yang satu ini paling lazim ditemukan di wilayah Trengganu dan Kelantan.

Pasalnya, daerah-daerah tersebut memang saling berbatasan wilayah. Itulah mengapa kuliner lokalnya saling dipengaruhi satu sama lain. Kalau di Thailand, nasi kerabu dikenal dengan sebutan khao yam.

2. Nasi kerabu sangat unik dengan nasi berwarna biru yang berasal dari kembang telang

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia nasi kerabu (instagram.com/hidden.gems.my)

Secara etimologi, nasi kerabu bermakna rice salad alias salad nasi. Nasi kerabu memiliki tampilan yang sangat khas. Hal ini berasal dari warna nasinya yakni biru cerah yang berasal dari kelopak kembang (bunga) telang yang digunakan sebagai pewarna alaminya.

Tumbuhan ini merupakan tanaman merambat yang umum ditanam di kebun ataupun tumbuh liar. Warnanya memang biru. Tak hanya itu, nasi kerabu juga mempunyai variasi warna lain seperti kuning yang berasal dari kunyit.

Baca Juga: Resep Nasi Kerabu Khas Malaysia yang Gurihnya Nampol di Lidah 

3. Nasi kerabu menggunakan beragam dedaunan dan juga penambahan protein hewani 

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia nasi kerabu (instagram.com/sonianll)

Sekilas mirip seperti nasi ulam, kerabu juga terdiri dari campuran aneka rempah dan dedaunan. Pada nasi kerabu, ragam daunnya seperti daun kaduk, daun kesum, daun kunyit, daun pegagan, daun kencur, bahkan bunga kecombrang.

Selain bahan nabati, bahan-bahan hewani pun turut melengkapi. Paduan bahan-bahan tersebut tentunya memberikan aroma dan cita rasa yang sangat khas. Ada rasa gurih, manis, hingga pedas. 

4. Nasi kerabu terdiri dari ragam bahan yang membuat cita rasa akhirnya menjadi sangat kaya 

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia nasi kerabu (instagram.com/atogamingcafe)

Saat disajikan, kerabu terdiri dari nasi biru, dedaunan, dan protein hewani, seperti gulai ayam, ayam goreng, ayam percik, ikan goreng, telur rebus, hingga cumi-cumi. Tak hanya itu, kerupuk dan serundeng kelapa juga turut dihidangkan.

Paduan cita rasanya tentulah sangat kaya. Sebagai cocolannya, ada saus yang diolah dari ikan bilis (dikenal dengan sebutan budu) alias fermented anchovy sauce atau yang lebih dikenal dengan sebutan budu sos bilis di Malaysia. 

5. Nasi kerabu termasuk kategori main course sehingga pas untuk menu yang mengenyangkan 

5 Keunikan Nasi Kerabu, Sajian Nasi Biru dari Semenanjung Malaysia nasi kerabu (instagram.com/nanyangmalayacafe)

Berdasarkan bahannya saja sudah dapat ditaksir bahwa hidangan ini termasuk dalam kategori main course atau menu utama. Oleh karena itu, nasi kerabu cocok dinikmati sebagai makanan berat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Porsi nasi kerabu juga terbilang besar. Selain mengenyangkan, nilai gizinya pun tak perlu lagi diragukan. Nasi kerabu juga tak kalah populer dibandingkan nasi lemak. Masing-masingnya mengusung keunikan tersendiri.

Wah, tampilannya saja sudah sangat menggiurkan, ya? Paduan bahannya pun sangat menarik. Jangan lupa cicipi nasi kerabu saat berkunjung ke Malaysia, ya.

Baca Juga: 7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya