Comscore Tracker

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!

Oleh-oleh manis dan legit dari Kediri #LokalIDN

Jika berniat berkunjung ke Kediri, tentunya jangan lupa mengunjungi berbagai tempat wisata di Kediri yang menarik, mulai dari wisata alam Gunung Kelud, Air Terjun Dolo, Simpang Lima Gumul, Candi Setono Gedong, dan lain-lain. Banyak tempat wisata di Kediri yang patut untuk dikunjungi.

Selain eksplorasi ke tempat-tempat wisata, kuliner Kediri juga patut untuk dieksplor, lho! Ada banyak makanan khas Kediri yang ngangeni, sebut saja nasi pecel khas Kediri, sambal tumpang, sate bekicot, getuk pisang, tahu takwa, dan kuliner lain yang maknyus semua.

Getuk pisang menjadi salah satu kuliner dan oleh-oleh andalan dari Kediri. Bila biasanya getuk terbuat dari singkong dengan rasa manis, getuk pisang terbuat dari pisang dengan cita rasa manis-asam yang unik.

Nah, ingin tahu serba-serbi dari getuk pisang? Simak artikel berikut, yuk!

1. Penampilan getuk pisang  

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!instagram.com/edy.s.wignyo

Kuliner khas Kediri bernama getuk pisang ini memiliki bentuk seperti lontong versi mini. Biasanya getuk pisang memiliki panjang 15-20 sentimeter dan dibungkus daun pisang.

Getuk pisang sendiri memiliki tekstur kenyal namun padat, tidak terlalu keras, dan tidak lembek. Getuk pisang berwarna cokelat kemerahan hasil dari perebusan pisang. Cita rasa kudapan ini adalah manis asam yang khas.

2. Terbuat dari pisang raja nangka  

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!instagram.com/mrs.renjana

Cita rasa getuk pisang yang manis sedikit asam tidak terlepas dari bahan baku utama dari getuk pisang, yaitu pisang raja nangka. Pisang raja nangka sudah memiliki cita rasa manis asam sehingga ketika diolah menjadi getuk pisang, getuk pisang akan memiliki cita rasa yang khas juga.

Pisang yang dipilih pun tidak sembarang, yaitu pisang yang tidak terlalu matang agar tetap dapat bertekstur padat ketika dikukus.

Baca Juga: Resep Getuk Gulung Coklat, Olahan Singkong Kekinian yang Nikmat

3. Pembuatan getuk pisang  

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!instagram.com/exploremojo

Pembuatan getuk pisang bisa dibilang cukup mudah namun perlu kesabaran. Pertama, dipilih pisang raja nangka yang tidak terlalu matang, kemudian pisang dipotong-potong. Pisang yang sudah dipotong kemudian direbus hingga warna pisang berubah menjadi cokelat keunguan.

Perebusan pisang juga bertujuan untuk menghilangkan rasa sepat dari pisang. Pisang rebus tersebut diberi larutan gula merah dan garam, kemudian campuran tersebut diblender hingga lembut dan tercampur merata.

Langkah selanjutnya adalah mencetak getuk pisang yang setengah jadi tersebut dengan pipa paralon agar lebih padat dan ukurannya sama semua. Setelah dicetak getuk pisang dibungkus daun pisang dan dikukus. Voila, jadilah getuk pisang yang legit dan nikmat!

4. Kandungan gizi getuk pisang 

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!instagram.com/zaamyka

Makan getuk pisang tentunya akan mengenyangkan karena dalam 100 gram getuk pisang terdapat 144 kkal dengan jumlah karbohidrat sebanyak 34,10 gram dan protein sebanyak 1,10 gram. Selain itu getuk pisang juga mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor. Enak dan mengenyangkan, nih!

5. Penyimpanan dan harga getuk pisang 

5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!instagram.com/galerygethukpisangkediri

Getuk pisang ini konon katanya sudah ada sejak zaman kerajaan dengan resep turun temurun. Di Kediri, tak susah mendapatkan getuk pisang, mulai dari pedagang asongan hingga di toko-toko oleh-oleh. Harganya pun terbilang dapat dijangkau mulai dari lima ribu hingga belasan ribu. Ada juga yang ukuran mini dan dibanderol harga delapan ratus rupiah hingga seribu rupiah saja.

Setelah membeli getuk pisang, paling enak kalau langsung dimakan. Tapi jika ingin disimpan, ada baiknya disimpan di kulkas karena dapat bertahan sekitar lima hari, jika hanya disimpan di suhu ruang saja, getuk pisang dapat bertahan hingga dua hari saja.

Nah, itulah lima serba-serbi getuk pisang, oleh-oleh khas kediri yang manis dan menggugah selera. Jika datang ke Kediri, jangan lupa cicipi kudapan lezat satu ini ya!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Pisang Khas Nusantara, Manisnya Menggoyang Lidah!

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya