Comscore Tracker

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? 

Bikin makan nambah terus

Pecak merupakan salah satu hidangan lezat khas Betawi yang menyajikan ikan goreng dengan siraman racikan sambal yang encer. Ada dua jenis bumbu sambal yang biasa digunakan. Yang pertama menggunakan kacang tanah sehingga kuahnya terlihat keruh. Sedangkan yang kedua terlihat lebih bening tanpa kacang tanah.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui ikan apa saja yang cocok diolah menjadi pecak, berikut lima daftarnya.

1. Ikan gurami 

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? Instagram.com/ferlinda24

Ikan gurami adalah sejenis ikan air tawar yang populer sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, gurami juga sering dipelihara dalam akuarium. Ikan gurami mempunyai cita rasa yang enak, dan sangat cocok diolah menjadi pecak.

2. Ikan lele 

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? Instagram.com/manoracookies

Ikan lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki kumis panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan lele mempunyai cita rasa yang enak, dan juga cocok diolah menjadi pecak.

Baca Juga: Resep Bikin Pecak Gurami Khas Betawi yang Lezat, Begini Cara Masaknya

3. Ikan gabus 

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? Instagram.com/fienne_adhee

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Ikan ini juga cocok diolah menjadi pecak, lho.

4. Ikan nila 

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? Instagram.com/eryparamita

Ikan nila menjadi salah satu sumber protein yang banyak digemari masyarakat karena harganya yang murah dan rasanya yang nikmat. Ikan ini mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Ikan nila juga termasuk ikan yang cocok diolah menjadi pecak.

5. Ikan mas 

5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? Instagram.com/idasyahranie

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Tiongkok, Eropa, Taiwan dan Jepang. Mempunyai cita rasa yang enak, ikan ini juga cocok diolah menjadi pecak.

Nah, aneka ikan di atas merupakan deretan yang paling cocok dan umum diolah menjadi pecak. Mana favoritmu?

Baca Juga: Resep Sup Ikan Gurami dan Tofu, Gurih dan Lembutnya Mantap Banget!

Atika Sari Photo Verified Writer Atika Sari

خير الناس أنفعهم للناس

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya