Comscore Tracker

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuh

Kuah merah khas Korea selalu menggugah selera, ya!

Tofu adalah bahan baku sejenis tahu yang memiliki tekstur lebih lembut dan mudah hancur, makanan ini biasanya sering diolah menjadi sajian khas Asia, terutama masakan China dan sekitarnya.

Tofu menjadi langganan untuk diolah dengan cara dimasak bersama kuah, hal ini selain dapat membuat masakan menjadi lebih nikmat dan tofu menjadi lebih kaya rasa, pun bisa membuat sajian jadi lebih variatif.

Korea Selatan misalnya, Negeri Ginseng tersebut banyak menggunakan tofu untuk olahan mereka yang bernama jjigae, yakni sejenis sup yang mempunyai kuah lebih sedikit dan rasa yang cukup tajam.

Berikut ini merupakan lima sajian tofu berkuah asal Korea Selatan yang dapat menjadi inspirasi sajian di tengah musim hujan untuk mengahangatkan badan, apa saja?

1. Budae jjigae

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuhwomensweekly.com.sg

Budae jjigae atau disebut sebagai army stew adalah hidangan sup asal Korea yang dulunya adalah makanan bagi para pasukan militer negeri KDrama tersebut, dalam olahan ini banyak sekali bahan baku yang dimuat dengan kuah merah yang menggugah selera.

Kuah budae jjigae tidak jauh-jauh diolah menggunakan bahan baku khas Korea Selatan, yakni gochujang, yaitu pasta cabai, dan gochugaru atau bubuk cabai, lengkap dengan kecap, bawang putih, serta mirin.

Sementara isian dari budae jjigae identik dengan pemakaian daging kaleng atau sosis, mie instan, lembaran keju, dan salah satu bahan baku yang tidak boleh terlewatkan adalah irisan tofu.

2. Doenjang jjigae

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuhasianinspirations.com.au

Doenjang jjigae merupakan salah satu olahan berkuah otentik dari Korea Selatan yang berbahan dasar doenjang atau disebut pula sebagai pasta kedelai. Doenjang sendiri adalah bumbu yang kerapkali digunakan dalam proses masak-memasak makanan Korea.

Khusus untuk doenjang jjigae, kuah yang dihasilkan biasanya tidak memiliki warna merah sepekat makanan sejenis, sebab penggunaan bahan baku terpaku pada gochugaru serta doenjang saja, selain itu hidangan ini didominasi olah isian yang berasal dari sayur-mayur.

Beberapa isian yang populer diolah untuk menjadi doenjang jjigae ialah potongan zukini, lobak, dan potongan tofu. Namun dalam beberapa hidangan, adapula yang menambahkan daging-dagingan ke dalamnya.

Baca Juga: 8 Aneka Olahan Mi Khas Korea, Wajib Coba Saat Berkunjung!

3. Deulkkae sundubu jjigae

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuhkoreanbapsang.com

Deulkkae sundubu jjigae merupakan varian dari tofu stew yang dikombinasikan bersama minyak dari biji perilla, yaitu merupakan tanaman herbal Asia bercita rasa sedikit mint dengan aroma yang cukup kuat.

Berbeda dari kebanyakan olahan berkuah khas Korea, untuk deulkkae sundubu jjigae ini, warna kuah cenderung putih karena tidak menggunakan gochujang atau gochugaru sebagai bahan baku utamanya.

Dalam sebuah sajian deulkkae sundubu jjigae, selain penggunaan perilla seed oil dan potongan tofu, terdapat pula tambahan seperti jamur dan potongan daun bawang yang semakin memperkaya aroma.

4. Kimchi jjigae

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuhbonappetit.com/Alex Lau

Kimchi tidak harus selalu disajikan begitu saja sebagai makanan pendamping untuk beragam olahan makanan khas Korea, sebab di negara asalnya kimchi senantiasa dapat diolah menjadi jjigae yang cocok untuk dinikmati dalam berbagai suasana, terutama musim dingin.

Olahan kimchi jjigae ini mempunyai rasa yang nikmat terutama bagi kamu pencinta pedas, sebab dalam masakan tersebut, kehadiran bumbu-bumbu khas seperti gochujang dan gochugaru begitu kentara.

Di dalam sebuah sajian kimchi stew atau kimchi jjigae, terdapat ekstra isian yang terdiri dari daging-dagingan, dan tambahan tofu yang membuat rasa kimchi jjigae menjadi lebih nikmat dan menggugah selera.

5. Haemul sundubu jjigae

5 Ide Sajian Tofu Berkuah ala Masakan Korea untuk Menghangatkan Tubuhkoreaherald.com

Haemul sundubu jjigae adalah varian dari tofu stew selanjutnya yang menggabungkan makanan lembut ini dengan aneka pilihan seafood yang nikmat, tentunya dalam sebuah hidangan haemul sundubu jjigae terdapat komposisi gochujang dan gochugaru yang membuat warnanya lebih mentereng.

Olahan ini bisa disisipi oleh apa saja, tergantung ketersediaan seafood yang ada di rumah, namun komponen yang paling sering digunakan dalam olahan haemul sundubu jjigae adalah udang, kerang dan anchovies kering.

Itu dia kelima olahan berkuah dari tofu asal Korea Selatan yang bisa menjadi inspirasi hidangan untuk menghangatkan badan, kalau kamu sendiri suka dengan olahan nomor berapa dari lima sajian tersebut?

Baca Juga: Resep Patbingsoo Segar Khas Korea, Cocok untuk Cuaca Terik!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya