Comscore Tracker

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengah

Bisa buat diet juga nih

Lebaran adalah puncak perayaan umat islam setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Pada perayaan ini, orang-orang akan memasak masakan favorit mereka yang kebanyakan terbuat dari daging. Lalu bagaimana dengan vegeterian? Tenang, ini adalah beberapa masakan timur tengah yang bisa dijadikan alternatif pengganti menu lebaran dan tentunya rasanya tidak kalah dengan masakan lebaran yang lain.

1. Morrocan Vegetable Tagine

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahvegetariantimes.com

Morrocan Vegetable Tagine adalah semur yang Maroko yang penuh dengan sayuran sehingga cocok untuk vegetarian. Morrocan Vegetable Tagine berisi sayuran seperti terong, buncis, wortel, tomat dan kurma. Sayuran tersebut dicampur dengan rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, jahe. Rasanya sedikit manis berbeda dengan semur pada umumnya yang berasa asin.

2. Quinoa Pomegranate Salad With Orange Tahini Dressing

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahbonappetit.com

Quinoa Pomegranate Salad With Orange Tahini Dressing adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin diet ataupun vegetarian karena kandungan salad ini 100% sayur dan buah. Sebagai informasi quinoa adalah sejenis tanaman yang bijinya bisa dimakan. Membuat salad ini cukup mudah, campur quinoa yang telah dimasak, dengan timun, apel, buah delima dan almond lalu tambahkan dressing orange tahini. Untuk penyajian lebih nikmat bisa dimasukkan kulkas terlebih dahulu.

3. Oven-Baked Vegetable Samosas

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahconnoisseurusveg.com

Oven-Baked Vegetable Samosas adalah samosa yang berisi berbagai sayuran dan tidak digoreng. Isi dari samosa ini adalah kentang, kacang polong dan kacang tanah yang ditumbuk kasar lalu ditambah rempah-rempah. Isian tersebut dimasukkan ke adonan seperti pastel lalu dipanggang.

Baca Juga: 7 Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi, Lancar Sampai Rumah!

4. Vegan Naan

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahyumsome.com

Naan artinya adalah roti. Naan terbuat dari campuran air, tepung, gula, dan susu tapi untuk vegan naan diganti dengan yogurt.

5. Falafel Bites

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahskipthesalt.com

Falafel Bites adalah makanan yang terbuat dari buncis dan rempah-rempah. Membuatnya sangat mudah hanya memasukkan semua bahan dalam blender lalu buat bulat-bulat dan panggang. Bahan yang digunakan meliputi buncis, peterseli, jintan, ketumbar, lada dan bawang putih. Bersahabat banget untuk vegetarian.

6. Wicked Baba Ganoush Na’anwich

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahonegreenplanet.org

Wicked Baba Ganoush Na’anwich adalah perpaduan vegan naan dengan berbagai sayuran dan dressing yang lezat. Cukup sediakan vegan naan lalu atasnya tambahkan terong bakar yang telah diberi rempah-rempah, paprika, ketumbar, daun mint, bawang putih potong dadu dan tambahkan garam, merica. Untuk langkah terakhir dressing dengan tahini, lemon, sambal dan minyak wijen. Wicked Baba Ganoush Na’anwich siap disajikan.

7. Tabouli (Tabbouleh)

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahtaste.com.au

Tabouli atau tabbouleh adalah salah satu jenis salad yang terkenal di Timur Tengah. Tabouli  merupakan campuran dari gandum bulgur, tomat, timun, parsley, daun mint, bawang putih dan diberi perasa garam, air lemon dan minyak zaitun. Selain jadi makanan utama bagi vegetarian, tabouli bisa disajikan sebagai hidangan pembuka pada saat lebaran.

8. Mujadarra

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahonegreenplanet.org

Mujadarra adalah makanan utama saat ada perayaan di negara Mediterania dan merupakan hidangan klasik di Timur Tengah.  Mujadarra terbuat dari letil dan beras merah dengan siraman bawang bombay dengan bumbu rempah yang sudah terkaramelisasi. Selain Vegetarian, non-vegetarianpun juga suka dengan makanan khas Timur Tengah ini.

9. Gyro salad with chickpeas and tzatziki dressing

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahforkinthekitchen.com

Gyro salad with chickpeas and tzatziki dressing merupakan salad yang terinspirasi dari gyro salad yang terkenal di Yunani. Seperti salad yang lain, cara membuatnya selalu mudah. Cukup mencampur buncis yang sudah ditumis dengan bumbu rempah tambahkan tomat, dan bawang merah lalu siram saus tzatziki. Saus tzatziki terbuat dari labne atau keju yogurt, mentimun, bawang putih, minyak zaitun, garam, lemon, dill atau adas sowa, mint, dan parsley. Sebagai pelengkap tambahkan roti pipih panjang saat menyajikannya.

10. Shawarma with tzatziki and seitan

10 Makanan Lebaran Vegetarian Khas Timur Tengahhappycow.net

Shawarma with tzatziki and seitan tidak terlalu beda dengan shawarma pada umumnya. Shawarma with tzatziki and seitan menggunakan kulit roti yang gluten-free dan untuk dagingnya diganti dengan seitan. Seitan adalah pengganti daging bagi vegetarian yang memiliki tekstur sama seperti daging namun terbuat dari gandum. Langkah terakhir siram dengan saus tzatziki.

10 makanan Timur Tengah itu sangat bisa diandalkan saat lebaran tiba. Selain enak juga menyehatkan. Menjadi vegetarian bukan berarti tidak bisa makan saat lebaran. 

Baca Juga: Kamu Vegetarian? Ini 5 Pola Makan Terbaiknya Agar Hidup Tetap Sehat

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya