Comscore Tracker

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetes

Karena yang enak di mulut belum tentu baik di tubuh

Sekarang ini kita harus lebih pandai memilih makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kalau tidak, bukannya sehat, kita justru akan menimbun penyakit. 

Banyak hal yang akan menghantuimu, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menurut The American Heart Association, asupan gula yang dianjurkan bagi perempuan hanya enam sendok teh per hari. Sedangkan, untuk pria, hanya sembilan sendok teh per hari.

Daripada semakin bermasalah, sebaiknya kurangi sepuluh makanan dengan kadar gula paling tinggi di bawah ini.

1. Soft drink

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesnewsweek.com

Soft drink atau minuman berkarbonasi ini memang sangat menyegarkan. Namun, berdasarkan penelitianThe Nurses’ Health Study, seorang yang mengonsumsi minuman bersoda satu atau lebih dalam sehari, berisiko dua kali terkena diabetes tipe 2.

Kandungan gula dalam soft drink diperkirakan sekitar 39 gram hingga 99 gram.

2. Granola

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesdelish.com

Kamu harus memerhatikan kandungan gizi di dalam granola yang kamu konsumsi. Umumnya, makanan ini cukup menyehatkan. Apalagi, kamu bisa cepat kenyang tanpa harus makan banyak.

Namun, jangan terlalu berlebihan, karena granola diikat dengan pemanis. Gula tambahannya bisa berupa  anhydrous dextrose, corn syrup solids, dekstrosa, fruktosa, high-fructose corn syrup (HFCS), madu, laktosa, dan sebagainya.

Setiap 100 gram granola biasanya mengandung 400 kalori dan lebih dari enam sendok teh gula.

3. Yoghurt rasa buah

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesmedicalnewstoday.com

Yoghurt memang terbukti menyehatkan, terutama dalam menjaga kesehatan tulang dan kelancaran sistem pencernaan. Sayangnya, kalau kamu pilih yoghurt rasa-rasa, kandungan gula tambahannya bisa mengganggu kestabilan gula darah. Setiap satu porsinya mengandung 26 gram gula.

Kalau tetap pengin ada rasa, pilih yoghurt tawar atau greek yogurt. Kemudian, tambahkan potongan buah favoritmu. Cara ini terbukti lebih sehat, kamu bisa dapat banyak serat dan sumber gula alami.

4. Es krim

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesinstagram.com/glutenfreechristie

Sulit rasanya menolak kehadiran es krim, terutama saat cuaca sedang panas. Sebaiknya, jangan terlalu berlebihan, karena kandungan gulanya cukup banyak.

Rata-rata dalam secangkir es krim mengandung 28 gram gula pasir atau tujuh sendok teh. Bisa dihitung sendiri, kan kalau setiap hari makan es krim, berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuhmu?

5. Permen

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetescandyclub.com

Permen memang jadi favorit banyak orang. Apalagi efek sampingnya bisa menyegarkan mulut, mengurangi stres, membantu berhenti merokok, menambah konsentrasi, dan sebagainya. Sayangnya, 60-90 persen kandungan permen adalah gula.

6. Sereal

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesitv.com

Sereal menjadi menu sarapan sehat yang cepat dan praktis. Dipadukan dengan susu membuatnya mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayangnya, lagi-lagi kamu harus memerhatikan komposisi sereal yang kamu konsumsi.

Sebaiknya pilih sereal yang kandungan gulanya tidak lebih dari lima gram. Selain itu, perhatikan petunjuk makannya. Usahakan makan sesuai porsi yang dianjurkan, jangan berlebihan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kudus yang Paling Terkenal, Kamu Sudah Coba?

7. Smoothies

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesbeldenstratford.com

Menu sehat selanjutnya adalah smoothies. Tak ada yang salah dengan menu ini, kecuali kamu mengonsumsi dalam batas wajar dan tidak terlalu menambahkan banyak gula lainnya. 

Gula pada smoothies lebih cepat diserap tubuh, sehingga menyebabkan hiperglikemia.  Kamu akan merasa cepat haus atau lapar, dibandingkan makan buah dan sayuran secara langsung.

8. Salad dressing

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesgreat-eastern-sun.com

Salad menjadi alternatif menu makanan bagi yang pengin menjaga berat badan. Sayangnya, pengaruh dressing yang kamu pilih bisa menyebabkan menu ini tidak 100 persen menyehatkan. 

Dressing paling sehat adalah minyak zaitun. Kamu bisa menambahkan 130 gram kalori dan 12 gram lemak. Spesialnya lagi, terdapat lemak tak jenuh yang baik untuk pencernaan.

Kalau kamu memilih mayones, parutan keju, thousand island, miso island, dan sebagainya, kamu akan mendapatkan asupan gula tambahan serta lemak yang melimpah.

9. Selai

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabeteskeshowazo.org

Selai sangat sempurna dipadukan dengan roti tawar. Namun, tahukah kamu, kalau di dalam roti tawar saja sudah mengandung gula sekitar 2 gram.

Kalau kamu tambahkan selai, asupan gulamu tentu akan semakin bertambah. Misalnya, dalam stoples selai kacang cokelat, mengandung 57 persen gula di dalamnya.

10. Saus tomat

10 Makanan yang Mengandung Gula Paling Tinggi, Rawan Terkena Diabetesmrfood.com

Siapa nih yang gak bisa makan tanpa kehadiran saus tomat? Rasa makanan memang lebih lezat, tapi kamu akan semakin berisiko terkena gula darah tinggi. Sebab, dalam sesendok makan saus tomat mengandung sekitar empat gram gula.

Bahkan, beberapa saus tomat juga mengandung high fructose corn syrup (HFCS). Kandungan ini dinilai lebih berbahaya, karena bisa memberikan seseorang kecanduan rasa manis.

Itulah 10 makanan yang sebaiknya kamu hindari atau dikurangi, supaya terhindar dari diabetes atau penyakit berbahaya lainnya. Yuk, mulai perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita!

Baca Juga: 15 Makanan Indonesia yang Paling Gak Bisa Kita Tinggalkan, Juara!

yummy-banner

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You