Comscore Tracker

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahan

Cobain sama-sama, yuk

Kalau kamu ingin membuat es krim, tapi males ribet tapi kalau mau beli sedang gak punya uang, mango sorbet jawabannya. Kamu bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan bahan utama buah mangga saja, lho.

Sorbet adalah salah satu jenis atau varian es krim yang proses pembuatannya tidak menggunakan krim atau produk olahan susu lainnya. Jadi benar-benar asli dari buah, deh.

Makin penasaran, kan? Gak usah lama-lama lagi, yuk coba membuat mango sorbet. Catat bahan dan cara membuatnya, ya.

1. Bahan yang kamu perlukan

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahanminimalistbaker.com

Bahan-bahan:

  • 2 buah mangga yang sudah matang
  • 100 gram madu
  • 1 sendok makan perasan jeruk lemon
  • 100 ml air

2. Kupas dan potong mangga terlebih dahulu

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahanpexels.com/Ravi Kant

Langkah pertama untuk membuat mango sorbet adalah dengan cara mengupas serta memotong mangga terlebih dahulu. Sebetulnya gak ada aturan untuk memotong mangga menjadi berbentuk dadu. Hanya saja supaya lebih mudah saat diblender nanti alangkah lebih baiknya untuk memotong mangga berbentuk dadu.

Agar berbentuk simetris kamu bisa memotong mangga dengan cara memotong bagian samping mangga lalu dikerat dengan bentuk kotak-kotak. Angkat bagian kulit buah bagian bawahnya hingga posisi mangga menjadi seakan akan mencuat keluar.

Barulah sisir dengan pisau hingga semua bagian terpotong dengan rapi. Cara ini opsional namun, bisa kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaanmu. Lakukan hingga semua mangga habis.

3. Masukkan mangga ke dalam freezer

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahanleftyspoon.com

Mangga yang sudah kamu potong tadi jangan lupa untuk diletakkan di dalam freezer. Jika menginginkan tekstur yang keras layaknya es krim kamu bisa membekukannya selama semalaman.

Namun, kalau kamu gak sabar waktu sekitar empat jam sudah cukup, kok. Ini dapat membuat tekstur mangga mengeras karena nanti hasil akhir dari mangga juga akan dibekukan lagi.

Simpan mangga dalam wadah yang bersih, ya. Bila gak punya wadah tertutup bisa kamu akali dengan menutupnya menggunakan plastic wrap.

Baca Juga: Resep Sorbet Lemon Segar, Bisa Jadi Ide Jualan yang Tak Biasa

4. Campur semua bahan ke dalam blender

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahanprimalkitchen.com

Setelah mangga keluar dari freezer segera masukkan ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan air, madu, dan perasan lemon. Penggunaan air dalam jumlah sedikit berfungsi untuk memperlancar mangga saat proses penghalusan mangga.

Sedangkan, penggunaan madu sebagai pengganti gula. Bila kamu gak punya madu, boleh menggantinya dengan gula. Blender hingga semua tercampur rata dan mendapat tekstur yang kental.

5. Pindahkan ke dalam wadah lalu bekukan

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahansaltandbaker.com

Setelah dihaluskan dan mendapat tekstur yang benar-benar kental maka, segeralah pindahkan mango sorbet ke dalam wadah. Kamu bisa membekukannya paling sebentar selama lima jam.

Namun, kalau kamu menginginkan hasil yang keras layaknya es krim, bisa banget kamu bekukan selama semalaman. Semua kembali lagi ke preferensi kamu, ya.

6. Mango sorbet siap disajikan

Resep Mango Sorbet, Es Krim Buah Segar cuma Butuh 4 Bahantelegraph.co.uk

Agar makin mirip es krim kamu bisa mengambil mango sorbet dengan menggunakan scoop es krim. Lalu susun di atas mangkok kecil atau gelas saji dan hias sesuai kehendak kamu.

Bisa kamu beri hiasan daun mint atau potongan mangga. Hal ini semata hanya untuk kepentingan estetika, gak berpengaruh pada rasa sama sekali. Mango sorbet siap dinikmati.

Nah, itulah tadi resep mango sorbet, es krim buah yang cuma butuh empat bahan. Memang, proses untuk bisa dinikmati memakan waktu cukup lama. Namun, kesabaran kamu pasti akan sebanding dengan hasilnya. Jadi bagaimana, nih apa kamu tertarik untuk mencoba resep yang satu ini?

Baca Juga: 5 Beda Sorbet dan Sherbet, Frozen Dessert yang Namanya Mirip Banget

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya