Comscore Tracker

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresap

Dimakan bareng sambal jadi lebih nikmat!

Burung puyuh jarang dipilih banyak orang sebagai lauk sehingga pamornya masih kalah dengan ayam dan bebek. Padahal burung puyuh juga punya daging yang gurih serta lezat lho!

Jika tidak percaya, kamu bisa membuat burung puyuh goreng ketumbar sesuai resep di bawah ini. Dijamin, sedapnya bumbu yang meresap akan membuat kamu ketagihan. Berani coba? Berikut resep puyuh goreng bawang ketumbar yang bisa kamu coba buat sendiri.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresapilustrasi daging puyuh (instagram.com/azerbaijan_stockers)

Bahan puyuh goreng:

  • 8 ekor burung puyuh
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 cm jahe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk

2. Bersihkan puyuh

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresapilustrasi daging puyuh (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Buang kotoran bagian dalam dan yang menempel di burung puyuh, terutama pada bagian lehernya. Cuci bersih burung puyuh dengan air mengalir jika sudah.

Peras 3 buah jeruk nipis lalu lumurkan ke seluruh daging puyuh. Diamkan selama 15-30 menit supaya bau amisnya sedikit berkurang.

Baca Juga: 8 Cara Budidaya Burung Puyuh bagi Pemula

3. Tumis bumbu halus

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresapilustrasi menumis bumbu (YouTube.com/Gloreni Efendy)

Sambil menunggu burung puyuh, buat dulu bumbu halusnya. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam chopper. Haluskan bumbu-bumbu tersebut.

Panaskan secukupnya minyak goreng. Masukkan bumbu halus bersama serai dan daun salam. Aduk-aduk, lalu tumis sampai aromanya harum.

4. Ungkep dan goreng

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresapilustrasi mengungkep burung puyuh (YouTube.com/Gloreni Efendy)

Masukan puyuh, aduk-aduk lalu tuangkan secukupnya air sampai puyuh terendam. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap. Angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak goreng. Masukan satu per satu burung puyuh yang telah diungkep ke dalamnya. Goreng hingga kecokelatan dan matang.

5. Sajikan puyuh goreng

Resep Burung Puyuh Goreng Bawang Ketumbar, Bumbu Rempahnya Meresappuyuh goreng (instagram.com/chefretro_official)

Pindahkan puyuh goreng bumbu bawang ketumbar ke atas piring saji. Nikmati bersama nasi putih dan sambal supaya lebih sedap!

Bumbu yang meresap ke dalam daging puyuh tentu akan membuat cita rasanya semakin gurih. Apalagi ketika dimakan bareng sambal, pasti lidahmu akan bergoyang!

Resep puyuh goreng bumbu bawang ketumbar tersebut bisa kamu coba buat sendiri di rumah, ya! Asalkan kamu mengikuti langkah-langkah di atas, tak perlu khawatir masakanmu gak enak deh!

Baca Juga: 5 Tips Memasak Burung Dara agar Dagingnya Empuk, Begini Caranya!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya