Comscore Tracker

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!

Dimakan bareng lalapan dan sambal bawang makin klop!

Ayam bakar khas Indonesia memang banyak jenisnya. Salah satunya yang sangat terkenal adalah ayam bakar ala wong solo. Cita rasanya yang manis dan gurih sangat menggoda.

Biasanya, ayam bakar wong solo disajikan dengan sambal bawang dan lalapan sayur. Ditambah dengan nasi hangat bakal lengkap untuk sajian makan siangmu.

Jika kamu punya ayam yang belum dimasak, cobalah untuk membuat menu ini. Bakar pakai teflon juga bisa, kok. Berikut resep ayam bakar wong solo yang bisa kamu coba!

1. Bahan yang harus disiapkan 

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!ilustrasi bahan (unsplash.com/jksloan)

Bahan-bahan:

  • 10 potong ayam bagian dada, paha, dan sayap
  • 400 ml air kelapa
  • 3 sdm gula merah
  • 4 sdm kecap manis
  • 2 sdm air asam jawa
  • 3 sdm minyak tumis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 jempol lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • garam secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 1/2 sdt jintan bubuk

2. Cuci ayam dan haluskan bumbunya 

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!ilustrasi menghaluskan bahan (youtube.com/CR COOK)

Ambil potongan ayam yang sudah disiapkan, cucilah terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Gunakan air mengalir saat mencuci ayam. Kemudian, tiriskan dan sisihkan sebentar.

Setelah itu, siapkan blender, lalu masukkan bawang merah dan putih ke dalamnya. Masukkan jahe dan juga kunyit serta jintan bubuk. Nyalakan blender dan tunggu hingga bumbu halus dan tercampur rata. Jika sudah halus, sisihkan sebentar.

3. Tumis bumbu halus hingga harum 

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!ilustrasi menumis bumbu halus (spiceitupp.com)

Siapkan wajan terlebih dahulu, lalu beri sedikit minyak dan tunggu hingga panas. Masukkan bumbu halus ke dalamnya. Tumis hingga harum bumbu tersebut, lalu masukkan ayam ke dalam tumisan.

Setelah itu, aduk hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Gunakan api sedang agar bumbu halus tidak cepat gosong. Kemudian, biarkan sebentar saja dan siapkan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Madu, Dagingnya Empuk dengan Bumbu Meresap

4. Tuang air kelapa dan bahan lainnya 

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!ilustrasi memasak ayam woku (youtube.com/uli's kitchen)

Masukkan air kelapa ke dalam wajan. Masukkan gula merah, kecap manis, air asam jawa, lalu aduk hingga tercampur rata. Masukkan garam yang sudah disiapkan, aduk sekali lagi. Tambahkan juga daun salam, lengkuas, dan batang serai ke dalam.

Besarkan api kompor, tutup wajan dan masak hingga air kelapa menyusut atau habis. Kamu bisa sesekali mengaduknya. Jika air kelapa sudah berkurang dan ayam matang, segera angkat wajan tersebut.

5. Bakar ayam menggunakan teflon 

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Seenak yang Ada di Restoran!Membakar ayam diatas teflon (instagram.com/lindaqhusnul)

Siapkan panggangan atau jika kamu tidak punya cukup gunakan teflon saja. Letakkan di atas kompor dan olesi margarin. Biarkan hingga panggangan atau teflon panas. Masukkan ayam yang sudah dibumbui ke atasnya satu per satu.

Setelah itu, panggang hingga warnanya berubah kecokelatan dan ayamnya menjadi kering. Kamu juga bisa membuat bumbu oles, sesuaikan selera. Kemudian, angkat dan sajikan bersama sambal bawang dan lalapan timun.

Ayam bakar khas Indonesia memang tiada duanya, apalagi tiap daerah memiliki caranya sendiri untuk memasak ayam bakar, seperti halnya Solo. Tak ada salahnya coba membuatnya di rumah. Rasanya seenak yang dijual di restoran, lho!

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Pedas Kecap, Begini Cara Buatnya yang Lezat 

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya