Comscore Tracker

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!

Rasa dan bentuknya mirip di drama Korea, lho

Saat ini, banyak orang menonton drama Korea karena dinilai memiliki jalan cerita yang menarik. Kalau diperhatikan, ada banyak sekali adegan makan dalam drama Korea. Kuliner khas Negeri Ginseng ini memang sangat menggiurkan.

Nah, salah satu makanan yang sering muncul adalah ramyeon. Kalau kamu pernah menonton drama Korea Reply 1988 dan Hospital Playlist, hidangan yang terbuat dari mi ini selalu ada.

Sebenarnya, cara membuat mi asal Korea Selatan itu bukan hal yang sulit. Kamu bisa menambahkan berbagai komponen lain untuk menambah cita rasanya. Yuk, bikin ramyeon ala Korea dengan resep berikut ini.

1. Bahan-bahan yang harus tersedia  

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!smithsonianapa.org

Bahan-bahan:

  • 200 gram mi ramen,
  • 100 gram daging sapi,
  • 1 butir telur,
  • 400 ml kaldu ayam,
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus,
  • 2 tangkai daun bawang,
  • 1 sdt cabai bubuk,
  • 1 sdm kecap asin,
  • 1 sdt merica bubuk,
  • garam secukupnya, dan
  • minyak goreng secukupnya.

2. Rebus kaldu ayam sampai mendidih  

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!simplyrecipes.com

Sebelum diolah, cuci daging sapi terlebih dahulu dengan air mengalir sampai bersih. Kemudian, tiriskan hingga kering dan letakkan di atas talenan. Iris-iris daging jadi beberapa bagian, cukup tipis-tipis saja.

Setelah itu, tumis cincangan bawang putih dengan sedikit minyak sampai terlihat layu dan beraroma harum. Tuang air kaldu, lalu masak dan aduk hingga tercampur rata.

Baca Juga: Profil Asoka Remadja, Influencer Viral karena Teknik Masak Mi Instan

3. Masukkan mi ramen ke dalam kaldu  

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!devourdinner.com

Apabila kaldu sudah terlihat mendidih, segera masukkan irisan daging sapi. Biarkan daging direbus sampai berubah warna jadi cokelat tua. Kemudian, masukkan mi ramen ke dalam kaldu.

Aduk sesekali mi ramen sampai terurai sempurna. Bumbui ramen dengan kecap manis, cabai bubuk, garam, dan sedikit merica. Aduk kembali mi dan kuahnya sampai seluruh bumbunya tercampur rata.

4. Rebus telur sampai setengah matang, lalu sajikan!  

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!cooking.nytimes.com

Ketika kuah sudah mendidih dan mi ramen hampir matang, masukkan telur ke dalamnya. Biarkan sebentar hingga sedikit memadat, lalu taburi mi ramyeon dengan potongan daun bawang.

Setelah itu, tunggu sampai telurnya setengah matang. Namun, kalau kamu lebih suka yang matang, pastikan dengan cara melihat lapisan putih telurnya. Jika sudah, segera angkat dan sajikan mi ramyeon selagi masih hangat.

5. Tips membuat ramyeon yang sedap  

Resep Mi Ramyeon Korea yang Simpel, Aroma Sedapnya Bikin Lapar!seriouseats.com

Supaya rasa mi ramyeon semakin nikmat dan sedap, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Untuk mendapatkan tekstur kenyal seperti mi ala Korea pada umumnya, gunakan yang plain. Namun, kalau sulit mencarinya, cukup yang berjenis mi ramen saja.
  2. Pastikan waktu merebus mi tidak terlalu lama atau sebaliknya. Sebab, kalau terlalu lembek atau keras, tentu gak akan enak.
  3. Kamu bisa tambahkan jamur shitake dan kimchi supaya rasa mi ramyeon makin enak.

Itu dia resep dan cara membuat mi ramyeon yang sedap seperti yang ada dalam drama Korea. Sekarang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Cocok banget buat teman nugas atau sambil nonton drama Korea nih!

Baca Juga: Cuma dengan Mi Instan, Begini Resep Mudah Membuat Nugget

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya