Comscore Tracker

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Melulu

Langsung coba hari ini, yuk!

Ayam goreng ibarat menu wajib yang hampir selalu ada di mana-mana. Selain di warung atau restoran, ibumu di rumah mungkin juga sering banget masak ayam goreng. Hmmm memang enak sih, tapi kalau keseringan apa gak bosan?

Nah artikel ini bakal membahas tentang resep-resep olahan ayam selain digoreng. Biar gak bosan dan makin semangat makan, yuk simak 5 resep olahan ayam kekinian berikut ini. Langsung bisa kamu eksekusi di rumah nih, guys!

1. Cocok jadi teman nasi putih hangat, resep bistik ayam emang menggoda

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Meluluyoutube.com/rendyseptian

Menu bistik ayam memang banyak dijajakan di restoran atau warteg. Tapi nggak melulu harus jajan kok, kamu bisa bikin sendiri di rumah. Berikut resepnya:

Bahan:

  • 2 potong ayam fillet
  • 10 buah bawang merah
  • 2 buah wortel, potong persegi panjang
  • 2 buah tomat
  • 2 buah kentang, potong – potong lalu goreng
  • 2 butir cengkeh
  • 2 cm kayu manis
  • 2 cm jahe
  • 2 sdm kecap manis
  • ½ sdm garam
  • 2 sdt pala bubuk
  • ½ sdt lada bubuk
  • ½ sdt gula pasir
  • 500 ml air

Cara memasak:

  1. Bersihkan ayam fillet kemudian potong tipis memanjang.
  2. Masukkan kecap manis, garam, lada bubuk, pala dan air dalam wadah.
  3. Campurkan daging yang sudah dipotong tipis ke dalam wadah, rendam selama 20 menit di lemari es.
  4. Tumis bawang merah, jahe, dan cengkeh hingga harum.
  5. Masukkan daging ayam yang sudah direndam, wortel, tomat dan kentang yang sudah dipotong. Aduk hingga berubah warna.
  6. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk perlahan. Kemudian masak hingga matang dan meresap.
  7. Setelah matang, matikan api kemudian taburi dengan taburan bawang goreng dan seledri. Sajikan selagi hangat.

2. Pengen coba resep yang gak biasa, masak burger ayam aja

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Melulucookouvagia.com

Burger merupakan salah satu makanan yang berasal dari luar Indonesia, mengombinasikan berbagai bahan, seperti roti, daun selada, tomat, dan pastinya daging. Nah kalau kamu punya daging ayam di rumah, bisa juga nih dibikin homemade burger!

Bahan:

  • 100 g tepung panir (jika ingin dagingnya digoreng dan berlapis tepung panir)
  • 500 g daging ayam giling
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang (cincang halus)
  • 2 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 sdt lada bubuk
  • ½ sdt kaldu sapi bubuk
  • 1 butir telur (dikocok)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Margarin (untuk menggoreng daging dan menumis bumbu secukupnya)
  • 2/3 roti tawar
  • 15 cc susu cair

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Angkat. Penumisan bumbu ini bertujuan agar bumbu pada saat diaduk dengan daging dapat lebih merasuk ke dalam daging.
  2. Rendam roti tawar dengan susu cair kocokan telur ayam hingga roti lunak. Kemudian, ketika roti sudah menjadi seperti adonan yang lembut, masukan daging sapi cincang dan tumisan bawang bombay dan bawang putih tadi , lalu aduk rata.
  3. Tambahkan kaldu sapi bubuk, lada bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Siapkan plastik, letakkan 2 sdm adonan daging ke atas plastik, lalu bentuk bulat dan pipihkan hingga kira-kira tingginya ± ½ cm.
  4. Gulingkan daging yang sudah terbentuk tadi ke atas tepung panir jika daging akan digoreng.
  5. Masukkan daging yang telah dipiphkan tadi kedalam freezer agar sedikit membeku dan mudah digoreng.

3. Eits, bukan ayam goreng biasa. Resep ayam kremes bisa jadi alternatif favorit keluarga

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Melulubisnisfirzi.com

Daging ayam memang menjadi primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia sebagai lauk saat makan. Berbagai olahan dari ayam pun makin banyak variasinya, mulai dari ayam goreng, bakar, gulai ayam, rica ayam, dan masih banyak lagi.

Olahan masakan dari ayam ini pun dengan mudah kita temui di manapun. Di setiap warung makan hingga restoran pasti menyediakan menu yang berbahan dasar daging ayam. Salah satu masakan dari ayam yang terbilang cukup booming adalah olahan ayam kremes. Bagi kamu yang ingin membuat ayam kremes, tidaklah sulit.

Bahan:

  • 1 ayam kampung berukuran kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 1 ibu jari lengkuas yang juga sudah dimemarkan
  • 1 ½ liter air untuk merebus
  • 2 sdm tepung kanji
  • 2 sdm tepung beras
  • ½ sdt baking powder
  • minyak goreng

Bumbu halus:

  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt merica butir
  • ½ sdt jinten
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • garam secukupnya.

Cara membuat:

  1. Tahapan pertama adalah dengan membelah ayam kemudian dilebarkan dan digoreng utuh. Selanjutnya dengan mencampurkan bahan – bahan yang sudah dihaluskan dengan potongan daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas dan air. Cukup gunakan api sedang untuk memasak ayam hingga matang.
  2. Setelahnya, goreng ayam hingga berwarna kecokelatan dengan takaran minyak yang banyak dan panas.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menyaring air kaldu sisa rebusan ayam tersebut dan panaskan kembali. Lalu larutkan tepung kanji dan tepung beras yang sudah di campur dengan baking powder dengan sedikit air. Larutan tepung kanji dan tepung beras tadi dimasukkan ke dalam kaldu ayam dan aduk hingga mengental. Kemudian kaldu yang sudah dikentalkan tadi digoreng sesendok demi sesendok dalam jumlah minyak yang panas dan banyak.
  4. Langkah terakhir ialah angkat dan tiriskan kaldu tersebut, kemudian taburkan ke atas ayam goreng tadi. Ayam kremes pun sudah siap dihidangkan.

Baca Juga: Resep Ayam Saus Mentega ala Restoran, Cuma 5 Langkah Simpel Doang!

4. Jangan cuma hobi makan di luar, masak ayam teriyaki sendiri juga bisa kok

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Melulubeepdo.com

Nama ayam teriyaki pastinya sudah tidak asing di telinga kamu. Menu masakan asal Jepang ini memang jadi favorit di Indonesia. Kamu juga bisa bikin ayam teriyaki ala-ala dengan resep berikut:

Bahan:

  • 500 g sayap ayam (potong menjadi dua bagian)
  • 1 bungkus tepung ayam
  • 1 buah telur (kocok lepas)
  • 1 bungkus saus instan teriyaki
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 tangkai daun bawang
  • 2 sdt gula pasir
  • 3 sdt biji wijen
  • lada bubuk secukupnya
  • bubuk cabai secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama bersihkan sayap ayam lalu celupkan pada kocokan telur dan diamkan sejenak.
  2. Selanjutnya gulingkan ayam pada tepung ayam yang sudah disiapkan.
  3. Panaskan minyak dan goreng ayam yang sudah dilumuri kocokan telur dan tepung tadi.
  4. Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga layu. Kemudian masukkan sayap goreng.
  5. Tambahkan bumbu-bumbu lainnya lalu beri sedikit air saat sudah menggumpal. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat.

5. Pengen menu yang segar saat musim hujan? Coba resep sop ayam pecok

5 Resep Olahan Ayam Kekinian, Biar Gak Digoreng Melulunotepam.com

Sop ayam pecok pada dasarnya memiliki kemiripan dengan jenis sop-sop lainnya. Hanya saja dari tampilan dan bumbu yang digunakan agak sedikit berbeda. Apa bedanya? Yuk simak resepnya!

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 2 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 ruas jahe
  • 1/2 batang wortel
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm merica bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 cm kulit kayu manis
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • seledri dan bawang goreng untuk taburan
  • air secukupnya
  • gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama - tama rebus daging ayam sampai empuk. Kemudian tiriskan dan sisihkan ayamnya. Untuk resep sop ayam pecok, gunakan juga tulang-tulang ayamnya.
  2. Selanjutnya, tumis bawang putih dalam panci sampai layu dan harum. Tambahkan lada, daun salam, jahe, daun jeruk dan serai.
  3. Kemudian masukkan air dan wortel lalu masak hingga mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan ayam dan kayu manis ke dalam air yang telah mendidih tadi.
  5. Terakhir masukkan gula, kaldu bubuk, garam, kemudian masak hingga semua bumbu meresap.

Nah gimana? Resep-resep olahan ayam di atas memang menggugah selera 'kan? Yuk ah langsung siapkan bahan-bahannya dan mulailah petualangan memasakmu!

Baca Juga: Bikin Nagih, Ini 5 Resep Ayam Khas Korea yang Menggoyang Lidah

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya