Comscore Tracker

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunya

#RamadanDiRumah Terutama ketika godaannya begitu berat

Di tengah pandemi virus corona ini, umat muslim tetap diharuskan berpuasa di bulan Ramadan selama 30 hari penuh. Pasalnya, puasa menjadi salah satu kewajiban dengan segudang manfaat yang harus dijalankan. Salah satu manfaatnya adalah puasa terbukti baik untuk kesehatan orang-orang yang menjalankannya.

Selama puasa, kamu diharuskan untuk menahan hawa nafsu, rasa lapar, dan haus. Adapun kamu akan menahan semua itu sejak waktu subuh hingga waktu berbuka puasa ketika matahari sudah terbenam. Namun, kamu tidak akan melaluinya dengan mudah. Khususnya rasa lapar, kamu akan berusaha menahan perutmu yang sudah keroncongan itu sampai magrib tiba.

Bagi kebanyakan orang, menahan lapar merupakan hal yang sulit dilakukan. Bagaimana tidak, biasanya kamu makan 3 kali sehari atau lebih, tiba-tiba jadi hanya boleh makan saat sahur, magrib, dan malam hari. Belum lagi jumlah camilan kamu sehari-hari. Perubahan ini lah yang menjadi salah satu faktor kenapa kamu susah menahan lapar saat puasa.

Untungnya, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan itu karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan lapar selama puasa. Berikut beberapa cara menghilangkan lapar saat puasa, dijamin kuat hingga buka puasa!

1. Minum banyak air saat sahur, tapi batasi jangan sampai tubuhmu merasa tidak enak

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyaunsplash.com/Damirspanic

Minum banyak air menjadi metode paling sederhana, mudah, dan paling sehat untuk mencegah rasa lapar saat berpuasa. Bukan tanpa sebab, ketika kamu merasa lapar, sering kali itu adalah rasa haus alih-alih lapar. Maka dari itu kamu harus menyiapkan diri dengan minum sebanyak-banyaknya saat sahur.

Selain itu, melansir Productivemuslim, air bisa menghidrasi tubuh dan menyegarkan pikiran. Ini merupakan fakta yang tak bisa ditolak di mana meminum air bersih menjadi senjata paling ampuh untuk memerangi kelaparan, jauh lebih baik daripada minuman seperti kopi atau minuman soda.

2. Olahraga

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan TentunyaPexels/Gustavo Fring

"Loh kan olahraga bikin capek!"

Baik sedang berpuasa atau tidak, melakukan olahraga secara teratur itu penting karena menjadi salah satu cara tercepat di mana tubuh kita diminta untuk bernapas lebih dalam. Jika olahraga dilakukan dengan benar meskipun 'cuma' jogging, itu bisa memberi kamu dorongan energi.

Apalagi ketika lapar kamu pasti kekurangan energi, kan? Itulah pentingnya tetap berolahraga selama puasa.

3. Menyibukkan diri

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyapexels.com/Joao Jesus

Ketika kamu merasa lapar, jangan fokus pada pikiran bahwa kamu sedang lapar. Kamu harus segera mengalihkan perasaan lapar tersebut dengan menyibukkan diri. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengaburkan fokus dari lapar, seperti berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga beres-beres kamar.

Selama melakukan kegiatan tersebut, kamu pasti akan lupa bahwa kamu sedang lapar. Apalagi menyibukkan diri juga bisa membuat kamu lupa waktu sehingga tiba-tiba sudah azan magrib yang artinya kamu bisa kembali makan.

Baca Juga: 8 Saran WHO soal Ramadan di Tengah COVID-19, Bolehkah Pasien Puasa?

4. Menjalankan hobi

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyapexels.com

Hobi tiap orang pasti beragam. Ada yang senang membaca buku, mendengarkan musik, hingga melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepak bola, basket, ataupun tenis. Untuk menghilangkan lapar selama puasa, alangkah baiknya kamu melupakan perasaan lapar tersebut dengan menjalani hobi yang kamu sukai. 

Khususnya ketika melakukan hobi yang berkaitan dengan aktivitas fisik, rasa lapar pasti hilang meskipun kamu sedang puasa. Ini bisa terjadi karena kamu akan fokus pada kegiatan kamu, bukan pada perut yang keroncongan minta makan.

5. Melakukan meditasi

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyapixabay.com/leninscape

Meditasi memang tidak mudah untuk dilakukan, namun cara ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa lapar. Ketika melakukan meditasi, pikiran kamu akan menjadi jernih dan tenang. Kamu jadi bisa mengontrol emosi dan perasaan lapar kamu supaya segalanya tetap lancar hingga waktu buka puasa.

6. Percaya bahwa puasa itu menguatkan

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyapixabay.com

Mengutip Times of India, puasa memiliki efek kuat terhadap orang-orang yang menjalaninya. Kamu jadi bisa lebih mudah dalam mengontrol sesuatu, termasuk otak, suasana hati, dan lapar. Ketika kamu merasa lapar, yakinkanlah dirimu untuk tetap kuat bahwa ada sesuatu yang jauh lebih baik sedang menunggu.

7. Tidur cukup

7 Cara Menghilangkan Lapar saat Puasa, Bukan dengan Makan Tentunyanypost.com

Tidur harus dilakukan dalam takaran yang cukup, tidak boleh terlalu lama ataupun sebentar. Ketika kamu tidak tidur cukup, kamu pasti akan merasa kelelahan. Oleh karena itu, usahakan selama bulan Ramadan ini kamu tidur lebih cepat supaya bisa bangun dalam keadaan segar di saat sahur.

Tidak hanya itu, tidur juga bisa menjadi opsi ketika kamu merasa lapar. Contohnya pasca salat zuhur, kamu bisa mengambil waktu untuk tidur siang agar melupakan lapar sejenak.

Itulah beberapa cara menghilangkan lapar saat puasa yang harus kamu ketahui. Kalau sudah merasa lapar, langsung praktikkan cara-cara di atas saja!

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa, Tak Perlu Minum Air!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya