Comscore Tracker

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikan

Sumber kehidupan yang menyimpan kebaikan

Air merupakan salah satu unsur terbanyak di dalam tubuh manusia. Pada orang dewasa, sekitar 60% tubuh terdiri atas air. Hal tersebut menjadi bukti kalau air sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, normalnya kita akan mengonsumsi air mineral yang mudah dijumpai, seperti dalam kemasan atau galon.

Air mineral yang kita konsumsi setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa pada tubuh. Air mineral memiliki banyak kandungan mineral dan zat alami. Hal tersebut memberikan manfaat bagi tubuh kita kalau rutin meminum air putih.

Perlu kamu ketahui, air mineral berbeda dengan air putih biasa. Air mineral memiliki sumber nutrisi lebih baik daripada air putih biasa. Air mineral juga diperoleh dari tempat yang kaya akan mineral seperti pegunungan. Apa saja manfaat air mineral, yuk simak artikel ini!

1. Dapat menurunkan tekanan darah 

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikanilustrasi mengukur tekanan darah (unsplash.com/Mockup Graphics)

Dilansir Healthline, air mineral dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Sebab, air mineral dapat memenuhi kalsium dan magnesium menurut penelitian yang dirujuk dari situs tersebut.

Studi dari BMC Public Health tahun 2004 menjelaskan, 70 orang dewasa yang meminum air mineral satu liter per hari selama empat minggu, secara signifikan dapat menurunkan level tekanan darah mereka. Bagi kamu yang mengalamai tekanan darah yang tinggi, kamu bisa rutin mengonsumsi air mineral yang cukup untuk menurunkan tekanan darah.

2. Baik untuk sistem pencernaan 

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikanilustrasi pria buncit (unsplash.com/Sean S)

Meminum air mineral diketahui dapat menyehatkan sistem pencernaan. Dilansir Medical News Today, memenuhi kebutuhan magnesium yang cukup dapat mencegah sembelit dan meningkatkan sistem pencernaan. Untuk memunuhi kebutuhan magnesium harian, kamu bisa mendapatkannya dengan meminum air mineral.

Studi dari European Journal of Nutrition tahun 2015 juga menjelaskan, meminum air mineral yang mengandung magnesium sulfate dan natrium sulfate membuat lebih sering buang air besar yang bagus bagi penderita sembelit.

Baca Juga: 5 Manfaat Mineral Zink dan Sumber Makanannya 

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikanilustrasi kalistenik di kolam berenang (unsplash.com/Pedro Araújo)

Air mineral memang memiliki kandung mineral yang baik bagi kesehatan tubuh sekaligus tulang. Kandungan kalsium yang terdapat pada air mineral dapat menguatkan dan menjaga kesehatan tulang. Hal ini membuat air mineral baik dikonsumsi bagi orang yang kekurangan kalsium atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Studi tahun 2017 dari National Library of Medicine membandingkan ketika tubuh menyerap kalsium dari suplemen kalsium, susu, dan air mineral. Studi tersebut menyimpulkan kalau air mineral yang mengandung banyak kalsium dapat meningkatkan suplai kalsium dalam tubuh.

4. Sumber magnesium

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikanilustrasi wanita minum air putih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir Medical News Today, air mineral dan air putih biasa sama-sama menjadi sumber magnesium. Magnesium berperan dalam mengatur tekanan darah, level glukosa darah, dan fungsi saraf.

Setiap air memiliki kandungan magnesium yang berbeda-beda. Data dari National Institute of Health, kandungan magnesium pada air mineral sekitar 1mg per liter (mg/l) sampai lebih dari 120 mg/l. Kandungan magnesium tersebut juga ditentukan dari sumber airnya.

Berdasarkan rekomendasi kebutuhan magnesium dari National Institute of Health, kebutuhan magnesium harian sekitar 310–320 mg untuk wanita dewasa dan 400–420 mg untuk pria dewasa.

5. Bagus untuk kecantikan kulit dan wajah

Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui Orang, Baik untuk Kecantikanilustrasi wajah wanita cantik (unsplash,com/x ))

Selain bagi tubuh, air mineral bermanfaat bagi kecantikan kulit dan wajah, lho. Hal ini karena air mineral mengadung sumber partikel silika segar. Kandungan silika yang baik bagi kulit menjadi pemicun untuk memproduksi kolagen pada kulit. 

Jurnal dari Nutrition & Metabolism tahun 2013, menjelaskan kalau peningkatan kolagen pada kulit dapat bintik hitam, kulit kusam, dan kerutan. Di samping  itu, kekurangan silika juga dapat membuat penuaan kulit. Bagi kamu yang ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, kamu harus rutin meminum air mineral.

Air memang menjadi minum pokok sehari-hari. Di samping menjadi kebutuhan, air mineral ternyata menyimpan manfaat yang baik bagi tubuh. Mengetahui hal ini, alangkah baiknya kalau kamu rutin meminum air mineral dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. 

Baca Juga: Perbedaan Air Mineral dan Demineral,  dari Penggunaan dan Manfaatnya

Athallah Hanan Adhasubhi Photo Verified Writer Athallah Hanan Adhasubhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya