Comscore Tracker

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!

Sehat jika dikonsumsi dalam batas wajar kok

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar makanan yang mengandung santan? Santan memang salah satu makanan yang mengandung banyak lemak, namun membuat masakan menjadi gurih dan sedap. Sebut saja rendang, opor, gulai, kari, soto betawi, dan masih banyak lagi masakan yang menggunakan santan, mempunyai rasa yang gak ada duanya.

Nah, selain mengandung lemak, ternyata santan mempunyai kandungan nutrisi lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh lho. Penasaran, yuk simak!

1. Kalori

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!bbcgoodfood.com

Fakta yang pertama, kandungan kalori pada santan cukup tinggi nih. Dalam 100 gram perasan buah kelapa tua yang diparut ini mengandung 230 kalori. Nah, oleh karena itu, cukup sesekali aja ya makan masakan bersantan. 

2. Lemak

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!foodal.com

Santan terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi. Dalam 100 gram santan terdapat 23,84 gram lemak total, dimana 21,14 gram merupakan lemak jenuh, 0,261 gram lemak tak jenuh ganda dan 1,014 gram lemak tak jenuh tunggal. Bukan berarti kamu gak boleh konsumsi santan lho. Lemak memang sangat penting untuk tubuh jadi pakai santan dalam batas wajar aja ya.

Baca Juga: 10 Manfaat Kangkung bagi Kesehatan, Kandungan Gizinya Banyak Banget

3. Protein

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!drkellyann.com

Kandungan protein pada santan kelapa tergolong rendah, yaitu 2,29 gram dalam 100 gram santan. Namun terdapat beberapa asam amino seperti alanin, sistin dan arginin yang sangat penting untuk membentuk sel-sel baru pada tubuh.

4. Karbohidrat

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!paleogrubs.com

Karbohidrat yang terkandung dalam santan sebanyak 5,54 gram dalam 100 gram santan. Yang terdiri dari 2,2 gram serat dan 3,34 gram gula. Nah, gula inilah yang memberikan rasa manis pada santan.

5. Vitamin dan Mineral

5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!omegajuicers.com

Kandungan vitamin dan mineral dalam santan juga beragam lho, diantaranya vitamin C, E, K, B6, potasium, fosfor, zinc, kalsium, selenium dan tembaga.

Nah, bukan berarti gak boleh konsumsi makanan yang mengandung santan ya, konsumsi dalam batas wajar, jadi kamu bisa mendapatkan manfaat dari santan untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kebanyakan Makan Santan? 10 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Segar

Zivanhea Photo Community Writer Zivanhea

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You